Tips BeHangat.Net Untuk Mengatasi Rasa Malas Belajar

Tips BeHangat.Net Untuk mengatasi Rasa Malas Belajar

BeHangat.NetTips BeHangat.Net Untuk Mengatasi Rasa Malas Belajar ~ jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net pada kali ini admin akan memberikan tips untuk kalian yang malas untuk belajar. Belajar merupakan hal yang wajib bagi orang-orang dan belajar tidak harus dari bangku sekolah ataupun kuliah saja kita bisa belajar di manapun dan kapanpun, namun sering kali kita terhalang rasa malas. Peran orang tua dalam memberikan semanggat kepada anaknya atau memberikan dorongan untuk belajar merupakan salah satu langkah yang baik. Banyak alasan yang diberikan oleh anak-anak usia sekolah ketika orang tua meminta mereka untuk belajar. Masalah malas belajar ini bukanlah hal yang baru dan bahkan tergolong wajar dikalangan pelajar.

Baca Juga : Tips Belajar Menjelang Ujian Nasional (UNBK)

Hal-hal malas belajar di akibatkan kurangnya moivasi dan minat belajar membuat mereka merasa malas. Tidak hanya itu, pelajaran yang dianggap membosankan atau tidak menarik pun menjadi salah satu penyebab datangnya rasa malas. Tak hanya merugikan diri sendiri, rasa malas ini juga berdampak negative kepada orang lain. Dijauhi teman akan menjadi salah satu akibat dari rasa malas belajar. Sehingga, dibutuhkan motivasi untuk mengurangi rasa malas belajar agar bisa menumbuhkan semangat belajar. Berikut tips agar rasa malas belajar itu bisa berkurang.

Cara Mengatasi Malas Belajar

Tips BeHangat.Net Untuk mengatasi Rasa Malas Belajar

Metode Belajar yang asik

Sesuatu yang kita lakukan terus menerus, sama dan tampa perubahan membuat kita merasa bosan begitu juga dengan belajar, jika kita belajar menggunakan metode belajar yang sama setiap harinya pasti memberikan rasa bosan. Hal ini juga yang kemudian memicu rasa malas. Untuk mengatasinya, mengubah cara belajar atau menambah metode belajar yang lebih menarik bisa menjadi alternative. Mengubah suasana tempat belajar juga dapa menjadi salah sau solusi. Tempat belajar yang nyaman merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kembali semangat belajar yang hilang.

Menggunakan Kemajuan Zaman

Seiring perkembangan zaman maka berpengaruh juga dengan cara belajar yang sebelumnya kita belajar hanya dari buku saja maka saat ini kita bisa belajar menggunakan banyak metode salah satunya dari ebook dan internet. Sebenarnya terdapat banyak cara untuk meningkatkan semangat belajar.

Baca Juga : Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan

Tiap individu memiliki cara belajar masing-masing. Ada yang lebih suka mendengar, melihat, ataupun mencatat. Semuanya memiliki cara yang unik dan berbeda-beda. Ada yang belajar sambil mendengarkan musik, belajar dengan banyak menuliskan catatan kecil, dan masih banyak lagi. Memberikan hiburan saat belajar juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar. Memberikan film motivasi ataupun film sejenisnya akan membantu meningkatkan semangat dan mengurangi rasa malas belajar.

Membuat Target dan Kualitas

Bagi mana rasanya jika kita belajar tapi yang di pelajari hanya itu-itu saja pasti membuat kita merasa sangat bosan dan merasa ilmu-ilmu yang di pelajari sudah cukup dan merasa tidak harus belajar lagi. Menurut admin BeHangat hal tersebut adalah salah besar. Sebaiknya saat kita belajar, maka kita harus membuat target dan mempersiapkan langkah-langkah untuk mencapi target tersebut. Saat kita sudah atau akan selesai mencapai target tersebut langkah selanjutnya harus mempersiapkan target berikutnya yang lebih menantang agar ilmu yang di pelajari semakin bertambah dan ilmu yang sudah di pelajari bisa kita ajarkan ke orang lain, baik langsung ataupun melalui media agar yang selama ini di pelajari bisa beguna dan menjadikan kualitas belajar semakin bagus.

Admin sendiri lebih memilih mengedepankan kualitas belajar di karenakan hal tersebut lebih penting dari pada hanya mengedepankan kuantitas. Lama atau tidaknya seseorang belajar tidak akan berdampak pada seberapa banyak ilmu yang terserap. Jadi, akan lebih baik untuk belajar sedikit-sedikit, tapi dalam jangka waktu yang lama dari pada belajar seharian dalam sehari dan besoknya tidak belajar lagi. Sebaiknya kita harus membiasakan diri untuk rutin belajar dengan waktu yang singkat, hal tersebut akan membantu meringankan beban otak. Hal ini juga akan meningkatkan rasa disiplin di mana sesorang akan lebih mampu menata waktu.

Waku Istirahat

Belajar itu penting namun kita juga harus menyediakan waktu untuk istirahat, seperti halnya dengan mesin jika mesin itu di hidupkan setiap hari tanpa behenti atau istirahat maka hal buruk akan terjadi yaitu rusak, bekitu juga dengan kita. Kita harus pandai-pandai untuk mengatur waktu, kapan kita bermain, belajar, dan istirahat.

Memberikan Hadiah

memberikan bonus, siapasih yang tidak suka jika di beri bonus atau hadiah dari hasil jerih payah yang sudah terjapai. Ketika hasil atau target belajar sudah tercapai maka kita bisa memberikan hadiah yang di suka dan membuat target baru untuk belajar agar memicu semangat belajar. namun kita juga bisa memberikan hukuman atau edukasi ketika target belajar tidak tercapai. Hal di sini yang admin maksut hukuman, bukan berupa hukuman fisik atau hal-hal yang menumbangkan semanggatnya untuk belajar di kemudian hai melainkan memberikan semangat dan melihat di mala letak kesalahan yang mengakibatkan target belajarnya gagal.

Baca Juga : Tips Menjadi Influencer yang Sukses dan Berpenghasilan

Demikianlah artikel tentang Tips BeHangat.Net Untuk Mengatasi Rasa Malas Belajar yang bisa admin berikan ke pada kalian semua. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Recommended For You

Avatar

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + twenty =