Penyebab Error 404 di WordPress dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Error 404 di WordPressdan Cara Memperbaikinya 5/5 (3)

BeHangat.Net ~ Penyebab Error 404 di WordPress dan Cara Memperbaikinya – Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net pada kali ini admin akan membagikan sedikit pengalaman Error 404. Sebelumnya admin sendiri pernah di sibukkan dengan error pada wordpress dengan pesan error 404 yang membuat admin pusing tuju keliling, dan admin baca dari berbagai sumber untuk cara Mengatasi Error 404 di WordPress dan lihat berbagai video di Youtube agar bisa mengatasi error 404. Namun sebelum admin jelaskan lebih lanjut apa kalian tahu WordPress itu apa?

WordPress merupakan CMS yang sangat powerful. Namun, terkadang website WordPress tidak dapat diakses ketika kita melakukan perubahan atau tweak dan salah satu error pada WordPress adalah website wordpress menjadi Error 404 ketika diakses. Pada artikel ini, BeHangat.Net akan membahas tentang error 404 pada wordpress mulai dari penyebab dan cara mengatasi error 404 wordpress.

Penyebab dan Pengertian Error 404 WordPress

Error 404 adalah sebuah respon atau balasan standard dari HTTP dan HTTPS yang muncul ketika pengunjung mengakses sebuah konten atau artikel pada server, namun server tidak menemukan konten atau artikel yang diminta oleh pengunjung tersebut.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Blog Yang Masuk Google Sandbox dengan Mudah

Error 404 wordpress umumnya terjadi karena file .htaccess terhapus atau terjadi kesalahan dalam rewrite di .htaccess tersebut sehingga ketika url diakses akan mengarah ke halaman yang tidak ditemukan atau 404.

Hal yang terpenting ketika kalian mendapatkan error 404 pada website wordpress adalah JANGAN PANIK karena semua konten dan posting pada website aman dan tidak hilang.

Cara Mengatasi Error 404 WordPress

Untuk mengatasi error 404 gampang-gampang susah. Umumnya, kalian masih dapat mengakses admin WordPress ketika error 404 tersebut muncul dan bahkan halaman utama website masih dapat diakses, namun ketika mengakses URL posting akan mendapatkan error 404. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperbaiki konfigurasi permalinks pada wordpressnya.

Untuk itu, silakan login di admin wordpress Anda dan kemudian pilih menu Settings » Permalinks dan kemudian pilih tombol Save Changes dengan tidak melakukan perubahan pada konfigurasi tersebut.

Pada saat kalian Update maka akan secara otomatis mengupdate konfigurasi permalinks dan memperbaiki konfigurasi rewrite yang ada saat ini. Dalam banyak kasus, solusi ini akan mengatasi error 404 wordpress Anda. Namun, jika solusi ini tidak dapat membantu Anda maka mungkin Anda harus mengupdate file .htaccess Anda secara manual.

Baca Juga : 20 Direktori Blog Situs Untuk Kirim Blog Anda – Meningkatkan Traffic Tinggi

Untuk mengubah file .htaccess maka Anda dapat menggunakan file manager (jika menggunakan cPanel) atau FTP. File .htaccess berada di home root directory website wordpress Anda yang lokasinya sama dengan folder wp-content dan wp-includes. Setelah Anda menemukannya, maka rename atau ubahlah file .htaccess tersebut misalnya menjadi htaccess.old dan kemudian buatlah file .htaccess kembali. Pada file .htaccess baru tersebut, isikanlah dengan konten default atau standard .htaccess WordPress berikut (silahkan kalian copy dan simpan di .htaccess):

Jika sudah maka masalah error 404 sudah teratasi. Demikianlah artikel tentang Penyebab Error 404 di WordPress dan Cara Memperbaikinya yang bisa admin berikan ke pada kalian semua. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Baca Juga : Cara Membuat Tombol Download keren dan Responsive

Jika ada kesalahan kata Behangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Nilai Kualitas Konten

Recommended For You

Avatar

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =