Langkah Awal Mengenal Big

0
558

BeHangat.Net ~ Langkah Awal Mengenal Big Data – Jumpa lagi dengan Admin BeHangat.Net pada kesempatan kali ini admin akan mengenalkan kepada kamu tentang Big Data. Untuk artikel ini di tujukan pada kamu yang belum mengetahui tentang Big Data, namun jika kamu sudah mengetahuinya maka kamu bisa langsung next saja ke artikel yang lain tentunya masih di website ini BeHangat.Net

Big Data

Big Data adalah merupakan kumpulan data yang besar, baik data yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Tidak hanya data yang besar menjadi point utama, tetapi apa yang harus di lakukan oleh perusahaan dengan data besar tersebut. Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis. Salah satunya bisnis yang menggunakan technology Big data adalah Google Big Query. Data hasil dari Big Data dapat di analisis untuk wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik.

Sejarah Big Data

Istilah Big Data masih terbilang baru dan sering disebut sebagai tindakan pengumpulan dan penyimpanan informasi yang besar untuk analisis. Fenomena Big Data, dimulai pada tahun 2000-an ketika seorang analis industri Doug Laney menyampaikan konsep Big Data yang terdiri dari tiga bagian penting, yaitu:

Baca Juga : Cara Lengkap Berlangganan Paket Indihome Mudah

  1. Volume
    Organisasi yang mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti infromasi dari transaksi bisnis, media sosial dan informasi dari sensor atau mesinDi zaman dahulu sebelum technology canggih belum ada, sangat susah untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber. Tapi dengan adanya technology baru (seperti Hadoop) bisa di jadikan solusinya.
  2. Kecepatan
    Aliran data harus ditangani dengan secara cepat dan tepat bisa melalui hardware maupun software. Teknologi hardware seperti tag RFID, sensor pintar lainnya juga dibutuhkan untuk menangani data yang real-time.
  3. Variasi
    Data yang dikumpulkan mempunyai format yang berbeda-beda. Mulai dari yang terstruktur, data numerik dalam database tradisional, data dokumen terstruktur teks, email, video, audio, transaksi keuangan dan lain-lain.

Selain tiga bagian penting tersebut, para peneliti Big Data juga menambah bagian yang termasuk penting lainnya seperti variabilitas dan kompleksitas.

Variabilitis

Selain kecepatan pengumpulan data yang meningkat dan variasi data yang semakin beraneka ragam, arus data kadang tidak konsisten dalam periode tertentu.

Salah satu contohnya adalah hal yang sedang tren di media sosial. Periodenya bisa harian, musiman, dipicu peristiwa dadakan dan lain-lain. Beban puncak data dapat menantang untuk analis Big Data, bahkan dengan data yang tidak terstruktur.

Kompleksitas

Untuk Saat ini, data berasal dari berbagai sumber sehingga cukup sulit untuk menghubungkan, mencocokan, membersihkan dan mengubah data di seluruh sistem. Namun, Big Data sangat dibutuhkan untuk memiliki korelasi antar data, hierarki dan beberapa keterkaitan data lainnya atau data yang acak.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Metode Pembelajaran

Data besar melibatkan data yang dihasilkan dari berbagai perangkat dan aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa bidang yang menghasilkan data yang besar, sebagai berikut:

  • Black Box Data – merupakan komponen helicopter, pesawat industry dan jet tempur,dll. Yang menangkap suara awak pesawat, rekaman mikrofon,informasi terkini kinerja pesawat.Data yang dihasilkan dari black box sangat penting. Jika terjadi kecelakan pesawat terbang, untuk mengetahui kenapa pesawat terbang tersebut jatuh / kecelakaan Data dari black box sangat berperan penting.
  • Data Media Sosial – Media social seperti Facebook dan Twitter menyimpan informasi dan pandangan yang di posting oleh jutaan orang seluruh dunia.
  • Data Bursa saham – Data bursa menyimpan informasi tentang keputusan beli dan jual yang dibuat atas saham perusahaan yang berbeda yang dibuat oleh pelanggan.
  • Data Transportasi – Data Transportasi mencakup jarak, model , kapasitas dan ketersediaan kendaraan.
  • Data Mesin Pencari – Mesin pencari mengambil data dari berbagai basis data.

Potensi Big Data

Jumlah data yang telah dibuat dan disimpan pada tingkat global hari ini hampir tak terbayangkan jumlahnya. Data tersebut terus tumbuh tanpa henti. Artinya, Big Data memiliki potensi tinggi untuk mengumpulkan wawasan kunci dari informasi bisnis. Sayangnya sampai saat ini, baru sebagian kecil data yang telah dianalisis. Big Data dalam bisnis menjadi strategi yang baik dalam mengolah informasi mentah menjadi keuntungan yang terus mengalir ke organisasi bisnis setiap hari.

Mengapa Big Data Penting?

Pentingnya Big Data, tidak hanya berputar pada jumlah data yang organisasi miliki, tetapi hal yang penting adalah bagaimana mengolah data internal dan eksternal. Kita dapat mengambil data dari sumber manapun dan menganalisanya untuk menemukan jawaban yang diinginkan dalam bisnis seperti:

  1. Pengurangan biaya,
  2. Pengurangan waktu,
  3. Pengembangan produk baru dan optimalisasi penawaran produk,
  4. Pengambilan keputusan yang cerdas.

Baca Juga : Membuat Akun Gmail dari Smartphone Android

Ketika organisasi mampu menggabungkan jumlah data besar yang dimilikinya dengan analisis bertenaga tinggi, organisasi dapat menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan bisnis seperti:

  • Menentukan akar penyebab kegagalan untuk setiap masalah bisnis.
  • Menghasilkan informasi mengenai titik penting penjualan berdasarkan kebiasaan pelanggan dalam membeli.
  • Menghitung kembali seluruh risiko yang ada dalam waktu yang singkat.
  • Mendeteksi perilaku penipuan yang dapat mempengaruhi organisasi.

Istilah Big Data relatif baru, dan bagian penting konsep Big Data diantaranya adalah Volume, Kecepatan, Varietas, Variabilitas, dan Kompleksitas. Adapun potensi Big Data hari ini benar-benar menggiurkan untuk strategi bisnis kedepannya.

Mungkin sampai disini untuk artikel Langkah Awal Mengenal Big Data Untuk Pemula . Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, Kita diskusikan bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata BeHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terima kasih sudah mampir dan membaca di behanagt.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 − 2 =