BeHangat.Net ~ Konstanta dalam Visual Basic Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net, pada kali ini admin akan menerangkan tentang Pemrograman Visual Basic tentang Konstanta. Konstanta adalah sejenis variabel yang nilainya tetap dan tidak dapat diubah selama program berjalan. Ada jua jenis konstanta yaitu konstanta intrinsik dan konstanta yang dibuat pemrogram.

Konstanta intrinsik adalah konstanta yang sudah tersedia secara otomtais dalam Visual Basic. Contoh konstanta intrinsik adalah vbYes,vbModal, dan lain-lain. Pemrogram juga dapat membuat sebuah konstanta sendiri dengan cara mendeklarasikannya terlebih dahulu.

Baca Juga : Langkah Awal Mengenal Big

Deklarasi Konstanta

Aturan penulisan deklarasi konstanta adalah sebagai berikut:

[<KataKunci> Const <NamaKonstanta> [As <TipeData>] =<nilai>]

Kata Kunci:Pilihan kata kunci yang dapat digunakan pada deklarasi konstanta adalah Private dan Public
Nama Konstanta:Nama konstanta yang dideklarasikan
Tipe Data:Tipe data dari konstanta tersebut

Bagian yang diberi tanda kurung siku [ dan ] pada aturan penulisan di atas berarti boleh dituliskan, dan boleh juga tidak dituliskan.

Contoh Deklarasi konstanta:

Const NamaUsaha = CV. Oryn Cellular
Public Const Jumlah = 500000
Private Const Total = 5
Const Nama As String = Dwi Apri Setyorini

Ruang Lingkup Konstanta

Konsep ruang lingkup konstanta hampir sama dengan konsep ruang lingkup variabel. Yaitu terdiri dari level lokal, level form/modul dan level global. Ketiga level tersebut hanya dibedakan berdasarkan kata kunci yang digunakan atau letak deklarasi konstanta.

Itulah artikel tentang Konstanta dalam Visual Basic, Jika kalian masih ada ynag kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 5 =