Cara Mudah Cek Mutasi/Transaksi Terakhir Rekening BRI

Cara Mudah Cek Mutasi/Transaksi Terakhir Rekening BRI

BeHangat.Net ~ Cara Mudah Cek Mutasi/Transaksi Terakhir Rekening BRI – Jumpa lagi dengan admin behangat.net, pada kali ini admin akan membagikan tutorial cek mutasi atau transaksi di BRI. Mungkin tidak semua orang tahu bagai mana sih cara cek transaksi yang baru di lakukan di BRI atau cek mutasinya, oleh karena itu di sini admin behangat akan menjawab plus membagikannya agar kalian semua menjadi tahu ternyata untuk mengeceknya itu tidak sesulit yang di pikirkan.

Bank Rakyat Indonesia atau BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI)adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16 Desember 1895. BRI salah satu bank yang banyak digunakan oleh nasabah di seluruh Indonesia. Selain untuk tujuan menabung, fungsi bank sudah bertambah seperti sebagai salah satu metode pembayaran dalam jual beli, penerimaan gaji dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Puisi BAPER Roman Picisan RCTI

Untuk menunjang fungsi tersebut, maka bukan hanya kemudahan dalam negecek saldo terakhir yang diperlukan. Tapi juga keperluan untuk mengecek mutasi/transaksi terakhir rekening BRI untuk memastikan uang yang keluar masuk.

Dengan bertambahya kemajuan teknologi, cara cek mutasi rekening pun semakin bertambah dan lebih mudah. Dari yang mengharuskan nasabah pergi ke bank pada jam kerja sampai cara yang cukup dilakukan dari kamar saja. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengecek mutasi dan transaksi yang terakhir di lakukan. silahkan kalian simak dengan cermat.

cara cek mutasi/transaksi terakhir rekening BRI

Mesin ATM

Yang pertama yaitu Lewat Mesin ATM – Cara cek mutasi BRI lewat ATM hanya bisa dilakukan untuk mengecek 5 transaksi terakhir. Caranya sangat simpel karena nasabah cukup pergi ke ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM, itu saja. Dan untuk lebih rincinya serti ini:

Baca Juga : Cara burning/memasukkan file Iso ke Dvd/Cd Ashampo Terbaru

  1. Masukan Kartu ATM ke Mesin ATM
  2. Pilih Bahasa Inggris atau Indonesia
  3. Pilih Lanjut
  4. Masukan Pin
  5. Pilih Transaksi Lainnya
  6. Pilih Info Rekening
  7. Pilih Mutasi Rekening
  8. Tunggu beberapa saat, struk berisi transaksi terakhir akan keluar. D (Debit) menggambarkan uang masuk dan K(Kredit) menggambarkan uang keluar.

Cetak Buku Tabungan

Cara yang kedua yaitu melalui Cetak Buku Tabungan – Cara paling konvensional untuk mengecek mutasi rekening BRI adalah dengan melakukan cetak buku tabungan. Nasabah harus pergi ke bank BRI pada jam kerja dengan membawa Buku Tabungan, KTP, dan Kartu ATM jika ada. Setelah antri di teller katakan ingin mencetak buku tabungan. Proses akan berlangsung cepat dan semua transasksi yang telah dilakukan akan tertulis di buku tabungan, tidak hanya transaksi terakhir.

Kelebihan Cetak Buku Tabungan ini adalah semua transaksi akan tertulis di buku tabungan. Hanya saja, transaksi yang sudah lebih dari 6 bulan akan diakumulasikan dan tidak tercetak rinciannya.

Baca Juga : Cara Mudah Convert Video Ke Audio di Linux

Kekurangan Cetak Buku Tabungan ini adalah memperluhkan banyak waktu atau cocok untuk orang yang suka sabar di karenakan hanya bisa dilakukan pada jam kerja. Nasabah harus antri dulu di teller. Catatan di buku tabungan hanya ditandai dengan lambang D untuk Debit dan K untuk Kredit tanpa ada rincian lebih lanjut.

SMS Banking

Cara yang ke tiga Melalui SMS Banking – cara ini banyak orang yang suka, dan agar bisa menggunakan layanan SMS Banking BRI, nasabah harus mendaftarkan dulu nomor HP yang akan digunakan dalam layanan ini. Pendaftaran bisa dilakukan di bank BRI atau lewat mesin ATM.
Cara daftar SMS Banking di ATM

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  2. Pilih Bahasa Indonesia
  3. Pilih Lanjutkan
  4. Masukkan PIN
  5. Pilih Transaksi Lainnya
  6. Pilih Registrasi
  7. Pilih SMS Banking
  8. Masukkan 6 digit PIN SMS banking, bukan PIN ATM (Jika berhasil, akan keluar slip yang menyatakan bahwa pendaftaran telah berhasil.)
  9. Pilih Tidak untuk mengambil kartu ATM

Untuk melakukan cek mutasi rekening

  • Ketik Mutasi (spasi) PIN
  • Kirim ke 3300 dari nomor HP yang sudah didaftarkan.
  • Tunggu SMS balasan
  • Dalam menggunakan layanan ini nasabah akan dipotong pulsa. Untuk Telkomsel sebesar 660.

Cara ini atau Penggunaan SMS banking lebih mudah dari pada melalui ATM dan Cekat Buku Tabungan karena tidak perlu pergi ke ATM dan bisa dilakukan dimana saja.

Baca Juga : sejarah dan perkembangan internet dari awal sampai sekarang

Kekurangan SMS Banking yaitu, harus memastikan kartu SIM yang didaftarkan ada pulsanya. Selain itu nasabah harus mengingat kode yang harus ditulis. Untuk keamanan, diharapkan menghapus SMS yang terkirim demi kerahasiaan PIN SMS banking.

Aplikasi Mobile Banking BRI

Cara yang ke empat yaitu melalui Aplikasi Mobile banking – Cara ini sering admin lakukan di karenakan suka aja plus sangat mudah. Sebelum menggunakan layanan ini, nasabah harus mendaftarkan SMS banking BRI kemudian mendowload aplikasi BRI mobile banking di Playstore bagi pengguna android, di App Store bagi pengguna iPhone, BBword bagi pengguna Blackberry, atau Windows Phone.
Cara cek mutasi dari mobile banking BRI

  1. Buka aplikasi mobile banking BRI
  2. Pilih Info
  3. Pilih Info Mutasi
  4. Masukkan PIN
  5. Klik Send

Untuk Hanphone yang menggunakan dua kartu SIM, pastikan nomor yang terdaftar untuk SMS banking diatur sebagai SIM 1 di karenakan kata petugas waktu andmin mendaftarkanya yang bisa terbaca di SIM1 saja. Akan terjadi pemotongan pulsa pada penggunaan layanan ini, sebagaimana pada SMS banking BRI dan Informasi mutasi akan masuk lewat SMS. Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah nasabah tidak perlu menghapalkan format SMS seperti SMS banking.

Baca Juga : Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di laptop atau PC

Internet Banking

Cara yang ke lima yaitu Internet Banking Melalui PC – Agar dapat menggunakan layanan internet banking BRI nasabah harus melakukan pendaftaran di ATM atau bank BRI.
Cara daftar internet banking BRI lewat ATM

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  2. Pilih Bahasa
  3. Pilih Lanjutkan
  4. Masukkan PIN
  5. Pilih Transaksi Lainnya
  6. Pilih Registrasi
  7. Pilih Internet Banking BRI
  8. Masukkan 6 digit password
  9. Masukkan 6 digit password sekali lagi
  10. Jika berhasil struk akan keluar (Di kertas struk akan berisi User Id yang digunakan untuk login ke situs internet banking BRI.)

Cara cek mutasi rekening BRI lewat PC/komputer/laptop

  • Kunjungi situs internet banking BRI
  • Masukkan User Id dan Password
  • Masukkan angka validasi
  • Klik Login
  • Pilih Rekening
  • Pada Informasi dan Mutasi, pilih Mutasi Rekening
  • Di kolom rekening, pilih rekening yang ingin dilihat mutasinya.
  • Pilih periode mutasi yang ingin dilihat.
  • Klik Tampilkan

Cara cek mutasi rekening BRI lewat internet banking di HP smartphone

  1. Buka browser (bisa chrome, safari, firefox atau lainnya)
  2. Kunjungi situs internet banking BRI
  3. Masukkan User Id dan Password
  4. Masukkan angka validasi
  5. Klik Login
  6. Klik menu berupa garis tiga di pojok kiri atas
  7. Pilih Rekening
  8. Pilih Mutasi Rekening
  9. Di kolom rekening, pilih rekening yang ingin dilihat mutasinya.
  10. Pilih periode mutasi yang ingin dilihat.
  11. Klik Tampilkan

Setelah cara tersebut sudah di lakukan maka Rincian mutasi yang diinginkan pun akan ditampilkan. Selain itu juga lebih detail karena disamping debit atau kredit juga ada keterangannya. Mengecek mutasi BRI lewat iternet banking tidak memerlukan pulsa. Cukup ada jaringan internet. Komputer yang digunakan juga bisa apa saja. Hanya saja, jika menggunakan komputer orang lain, ingatlah untuk logout dan menutup browser setelah selesai. Selain itu jangan pernah biarkan browser untuk mengingat password.

Aplikasi Internet Banking BRI Mobile

Untuk Cara yang Terakhir yaitu Aplikasi Internet Banking BRI Mobile – Cara ini juga admin sangat suka dan untuk menggunakan layanan ini harus melakukan registrasi internet banking lewat ATM dan bank BRI dulu seperti disebutkan sebelumnya.

Aplikasi yang digunakan yaitu BRI mobile yang sudah terintegrasi dengan internet banking. Aplikasi yang didownload di playstore tidak bisa bisa langsung terintegrasi. Harus registrasi dulu lewat internet banking di PC atau HP untuk memperoleh link download aplikasi BRI mobile yang teintegrasi. Jika sudah berhasil menginstal aplikasi BRI mobile maka selanjutnya yaitu:

  1. Buka aplikasi BRI mobile
  2. Pilih Internet banking BRI
  3. Masukkan User ID dan Password
  4. Klik Login
  5. Pilih Info Rekening
  6. Pilih Rekening yang ditampilkan

Kelebihan cek mutasi menggunakan aplikasi internet banking BRI mobile adalah sangat simpel dan mudah. Cukup menggunakan koneksi internet dan tidak perlu pulsa.

Kekurangannya adalah, tampilan mutasi tidak detail, seperti rincian jika dibuka lewat internet banking dengan browser.

Baca Juga : Cara Daftar, Pasang Iklan Uc Union Ucweb di blog

Perbedaan cara ini dengan internet banking di HP biasa ada pada aplikasi yang digunakan. Internet banking mobile harus menggunakan smartphone yang sudah terinstal aplikasi BRI mobile. Sedangkan internet banking di HP bisa menggunakan smartphone apa saja dan punya siapa saja, selama terhubung dengan jaringan internet.

Mungkin sampai disini yang bisa admin behangat berikan tentang Cara Mudah Cek Mutasi/Transaksi Terakhir Rekening BRI di lain waktu akan admin lanjutkan. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, Kita diskusikan bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata BeHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terima kasih sudah mampir dan membaca di behanagt.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Recommended For You

Avatar

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =