Cara Instalasi Microsoft Hyper-V Di Windows 10 Yang Benar

BeHangat.Net ~ Cara Instalasi Microsoft Hyper-V Di Windows 10 Yang Benar – Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net pada kali ini admin akan menjelaskan tentang Tutorial Install Microsoft Hyper-V. Sebelum kalian bahas cara install ms Hyper-V maka tidak ada salahnya kalian mengenal tentang Hyper-V.

Apa Itu Hyper-V?

Hyper-V, dengan nama kode Viridian dan sebelumnya dikenal sebagai Windows Server Virtualization, adalah penduduk asli hypervisor yang memungkinkan platform virtualisasi pada x86-64 sistem.

Sebuah versi beta dari Hyper-V dikirim dengan tertentu x86-64 edisi Windows Server 2008, dan versi final (otomatis diperbarui melalui Windows Update) dirilis pada tanggal 26 Juni 2008. Hyper-V sejak dirilis dalam versi berdiri sendiri gratis, dan telah ditingkatkan untuk Release 2 (R2 ) status. Hal ini diperbarui dalam Windows Server 2012. Sebuah server host dengan kemampuan Hyper-V dapat diakses dari jarak jauh oleh beberapa komputer tamu. Setiap komputer tamu bisa tampil seolah-olah mereka menggunakan server host secara langsung. Pengguna pada komputer tamu bisa menjalankan aplikasi di server host jarak jauh, meskipun aplikasi yang tidak tersedia pada komputer tamu.

Hyper-V ada dalam dua varian:

  1. Hyper-V Server 2008 R2 yang berjalan langsung diatas perangkat keras (standalone). Pada model ini hypervisor langsung berinteraksi dengan perangkat keras. Sistem operasi yang berperan sebagai guest berjalan diatas hypervisor.
  2. Hyper-V yang merupakan role atau bagian dari Microsoft Windows Server 2008 R2 (as a role). Pada model ini hypervisor menjadi bagian dari sistem operasi host. Sehingga sistem operasi host berfungsi sebagai perantara antara hypervisor dan perangkat keras.

Hyper-V merupakan perangkat lunak virtualisasi dari perusahaan raksasa Microsoft. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk membuat mesin virtual untuk dijalankan secara mandiri. Microsoft Hyper V masuk dalam kategori Bare Metal Virtualization yang berarti mesin virtual berjalan langsung di atas hardware dan bukan di atas sistem operasi komputer.

Hyper-V bisa menjadi solusi jika kalian ingin menggunakan sistem operasi lain untuk sementara seperti pengujian aplikasi atau untuk latihan. Ini disebabkan dukungannya terhadap banyak sistem operasi termasuk Linux, FreeBSD, dan Microsoft Windows sendiri.

Kebutuhan untuk memasang Hyper-V

Sebelum memasang sebuah perangkat lunak kalian harus mengetahui apakah perangkat lunak tersebut dapat digunakan atau tidak pada komputer kalian. Untuk menjalankan Hyper-V pastikan komputer kalian memiliki CPU yang sudah mendukung Virtualisasi dan dalam mode enabled. Untuk kebutuhan RAM setidaknya kalian memasang 4GB RAM dan tentu lebih besar sangat direkomendasikan.

Secara perangkat lunak komputer yang kalian pakai harus dijalankan menggunakan sistem operasi Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows Server 2012, Windows Server 2016, dan Windows Server 2019. Sedikit catatan bahwa versi Home bisa di-upgrade ke Enterprise, Education, atau Pro terlebih dahulu karena versi Home tidak mendukung virtualisasi.

Instalasi Hyper-V

Terdapat 3 cara untuk instalasi (enable) Hyper-V pada perangkat kalian yaitu menggunakan powershell, DISM, dan GUI. Pada tutorial kali ini admin behangat.net menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi.

  • Cara 1: Instalasi menggunakan Powershell

    Buka konsol Powershell sebagai Administrator dan ketikkan perintah di bawah ini

    Di atas adalah contoh bahwa telah berhasil yaitu parameter Online: True, setelah dipasang maka kalian harus melakukan reboot pada komputer.

  • Cara 2: Instalasi menggunakan DISM

    DISM merupakan singkatan dari Deployment Image Servicing and Management dimana ini adalah solusi dari Microsoft untuk melakukan instalasi fitur-fiturnya secara mudah. Untuk menggunakannya silahkan membuka Powershell sebagai Administrator lalu ketikkan perintah di bawah ini:

  • Cara 3: Instalasi menggunakan GUI

    Cara instalasi ke-3 yaitu menggunakan GUI (Graphical User Interface) adalah melalui cara klak klik. Caranya adalah buka Turn Windows Features on or off yang bisa diakses di Control Panel > Programs > Programs and Features. Admin sendiri lebih suka cari langsung di fitur pencarian Windows 10 dengan kata kunci Turn Windows Features.

Perlu diperhatikan dalam segala cara kalian diharuskan melakukan reboot sebelum bisa digunakan untuk membuat mesin virtual.

Mungkin itu saja yang bisa admin behangat jelaskan tentang Cara Instalasi Microsoft Hyper-V Di Windows 10 Yang Benar. Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Nilai Kualitas Konten

Recommended For You

Avatar

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =