Bahaya, 13 Juta Data Pemilik Akun Bukalapak Dijual Di Dark Web

Kabar.Behangat.Net (Kabar Berita Hangat) ~ Bahaya, 13 Juta Data Pemilik Akun Bukalapak Dijual Di Dark Web – Kabar Berita Hangat kali ini muncul dari salah satu Unicorn terbesar di indonesia yaitu Bukalapak.com Siapa sih orang melenial saat ini yang tidak tahu Bukalapak. Mendengar namanya saja pasti sudah pada tahu kalau Bukalapak salah satu situs E-commerce terbersar di indonesia. Kali ini Bukalapak mendapatkan masalah yang sangat bahaya dimana seorang peretas yang bernama Gnosticplayers mengatakan dia telah sukses untuk meretas database milik para pengguna dari Bukalapak. Bukan hanya sekedar dibobol namun dia(Gnosticplayers) juga mengatakan bahwa telah menjualnya kepada salah satu situs marketplace yang ada di Dark Web.

Sebenarnya bukan hanya data Bukalapak saja yang dijual namun masih ada beberapa data para pengguna situs lain yang juga mengalami hal serupa, dilansir dari ZDNet dan The Hacker News masih ada situs lain seperti dari Game Salad, Estante Virtual, Coubic, Life Bear, Youthmanual.com.

Untuk harga sendiri Gnosticplayers peretas mematok harga 1,2431 Bitcoin atau setara dengan 4.940 dolar AS, dan untuk data dari Bukalapak sendiri dijual dengan harga 0,34 Bitcoin atau sekitar 1.343 dolar AS. data yang diretas meliputi:

  1. username
  2. nama
  3. email
  4. password hash (SHA512+salt)
  5. riwayat pembelanjaan
  6. IP adress dan sebagainya.
Sumber : ZDNet

Untuk data dari Bukalapak sendiri adalah hasil peretasan mereka pada 2017 silam namun selain dari Bukalapak semuanya masih dalam kasus baru. Menurut Bukalapak dalam siaran persnya mereka mengatakan Memang ada upaya peretasan terhadap Bukalapak

Namun menurut klaim dari Bukalapak sendiri tidak ada informasi yang penting yang menyangkut data para pengguna seperti username, password, email dan informasi pribadi yang bisa mereka ambil.

Peretas mengatakan bahwa dia memasang data untuk dijual terutama karena perusahaan-perusahaan ini gagal melindungi kata sandi dengan algoritma enkripsi yang kuat seperti bcrypt. Sebagian besar kata sandi hash yang disiapkan oleh hacker untuk dijual hari ini dapat dicrack dengan berbagai tingkat kesulitan tetapi bisa di-crack.

Kejadian ini tentunya menjadi sebuah shock terapi untuk para perusahan terutama para perusahaan besar sekelas Bukalapak dimana mereka gagal melindungi data para penggunanya dari serangan para peretas, secara tidak langsung ini menimbulkan kekhawatiran dikalangan masyarakat dan terutama para pengguna dimana data mereka disebarluaskan tanpa seizin mereka dan di ekspoiltasi yang ditakutkan untuk kepentingan negatif. Semoga kedepannya kejadian ini tidak akan terulang lagi dan menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Kami sudah mencoba menghubungi pihak Bukalapak melalui Twitter untuk meminta respond mengenai berita ini, namun masih belum ada balasan. Kami akan segera memberikan update apabila sudah ada konfirmasi dari Bukalapak.

Mungkin itu saja yang bisa admin kabarkan kepada kalian tentang Bahaya, 13 Juta Data Pemilik Akun Bukalapak Dijual Di Dark Web. jangan lupa untuk share berita dan artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata Kabar.BaHangat.Net minta maaf, dan semoga berita dan artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di Kabar.BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Recommended For You

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 6 =