Apa Bisa Di Perbaiki Layar HP Mati, Ngeblank. Bagaimana Caranya?

Apa Bisa Di Perbaiki Layar HP Mati, Ngeblank. Bagaimana Caranya?

BeHangat.Net Apa Bisa Di Perbaiki Layar HP Mati, Ngeblank. Bagaimana Caranya? – Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net kali ini admin akan memberikan informasi mengenai hp yang mati atau rusak. alasan admin membuat arikel ini di karenakan banyak sekali orang yang bertanya-tanya Bagai Mana Cara Memperbaiki HP yang rusak, Bagai manasih memperbaiki LCD yang Mati, Dll. Oleh karena itu di sini admin akan menjelaskan dengan sebatas pengetahuan admin saja.

Memang benar ini bisa menjadi masalah yang sangat serius mengingat layar Screen atau LCD pada ponsel adalah komponen penting. Karena jika layar tidak muncul gambar dan hanya berwarna hitam saja pasti kita kesulitan untuk mengoperasikannya.

Bayangkan saja jika ponsel kalian mengalami masalah seperti layar ngeblank, berwarna hitam, atau layar hp yang loncat-loncat (meng-klik sendiri) pasti membuat kita jengkel dan berniat untuk membeli hp baru atau jika kita tak punya cukup uang bisa dengan melakukan servis hp.

Baca Juga: Cara Membuat CRUD dengan PHP dan MySqli Dengan Mudah

Menurut admin kalian jangan terlalu buru-buru memutuskan tindakan tersebut. Silakan kalian pelajari terlebih dulu ciri-cirinya apa penyebab HP mati? Dan bagaimana cara memperbaiki layar LCD hp ngeblank atau bisa juga dari touchscreennya yang bermasalah. karena LCD dan touchscreen adalah komponen yang berbeda seperti yang akan admin behangat.net jelaskan dibawah ini:

Perbedaan LCD dan Touchscreen

Adapun perbedaan dari LCD danTouchscreen yang banyak orang menganggap itu adalah komponen yang sama, tetapi kenyataannya bukan seperti itu.

LCD (Liquid Crystal Display)

LCD kepanjangan dari Liquid Crystal Display merupakan suatu panel atau alat media tampilan yang menggunakan cristal cair. LCD ini banyak sekali di barang elektronik seperti monitor, televisi LCD, Smartphone dan masih banyak lagi.

Fungsi dari LCD ini adalah untuk menampilkan gambar pada layar sesuai apa yang ada pada program atau perintah dari alat yang memakai LCD tersebut. LCD ini sangat penting perannya dan menjadi komponen utama dalam barang elektronik seperti komputer, televisi panel, dan smartphone.

Touchscreen

Touchscreen atau layar sentuh merupakan sebuah komponen masukan (input) yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar baik itu menggunakan jari atau pena digital. Dengan adanya layar sentuh ini, pengguna bisa dengan mudah meng operasikan layar dengan cara menyentuh dan mengusapnya.

Baca Juga : Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di laptop atau PC

Touchscreen berbentuk lapisan plastik transparan yang dapat membaca setiap sentuhan dari jari ataupun alat bantu (pen digital). Komponen ini banyak digunakan dalam smartphone, tablet dan masih banyak lagi.

Cara kerja Touchscreen yaitu ketika ada sentuhan dari jari maka informasi gerakan tersebut akan dibaca oleh touchsceeen untuk dikirim ke unit untuk diproses kemudian di input menjadi sebuah perintah.

Jenis-Jenis Masalah Pada Layar Smartphone atau HP

Menurut admin sendiri untuk malasah pada layar HP sangat beragam. Ada banyak sekali jenisnya jika dilihat dari segi gejala, penyebab serta dalam cara mengatasinya pun berbeda-beda. Jadi, admin behangat.net akan membagi masalah pada layar menjadi beberapa masalah yang sering terjadi pada smartphone.

Layar hang Blank Hitam

Kerusakan yang pertama, Layar hang atau blank hitam bisa terjadi karena kerusakan LCD sama halnya seperti kerusakan white screen. Tapi ada sedikit perbedaan dalam gejala dan cara mengatasinya. Sesuai sumber yang admin behangat.net temukan di internet, layar yang hang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti penuhnya RAM, Layar LCD yang kotor dan masalah kalibrasi.

Cara Mengatasi Layar Hang Blank Hitam
Disini admin behangat.net akan menuliskan langkah-langkah untuk memandu kalian dalam mengatasi layar Hank Blank Hitam. Ada beberapa cara yang akan admin behangat.net tulis diantaranya:

Baca Juga : Google Memberikan Update Data Algoritma Terbarunya di Tahun 2019

Reboot

Mereboot atau merestart hp adalah cara yang paling dasar atau yang pertama kalian lakukan dan cara yang pertama kali dilakukan dalam mengtasi masalah seperti tidak ada sinyal, atau juga seperti sekarang ini yaitu layar hp yang hang ngeblank. Jadi silakan kalian lakukan cara ini dengan cara reboot ponsel android lalu hidupkan kembali dan lihat hasilnya.

Bersihkan RAM hp

Seperti yang sudah admin behangat.net jelaskan bahwa penyebab layar hp hang atau blank adalah karena penuhnya RAM dalam hp tersebut. Jadi untuk mengatasinya silakan kalian hapus aplikasi latar belakang (selalu berjalan) yang manfaatnya tidak begitu besar, atau gunakan aplikasi yang penting-penting saja, yang sekiranya tidak begitun penting bisa di unistall atau di hapus.

Karena jika ukuran aplikasi jumlahnya melebihi kapasitas RAM, maka dipastikan kinerja Hp pun akan terganggu dan menyebabkan hang hingga layar ngeblank.

White Screen (Layar Putih)

Masalah white Screen atau dalam bahasa indonesia layar putih merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada layar ponsel. Jenis kerusakan satu ini pada umumnya adanya kerusakan pada LCD, dimana LCD merupakan komponen penting dalam menampilkan gambar pada layar.

Baca Juga : Tutorial Install C/C++ Compiler di Linux Ubuntu

Kerusakan masalah White Screen pada hp belum tentu layar tersebut rusak. Apalagi jika gejalanya terjadi tiba-tiba dan bukan karena hp terjatuh. Contohnya ketika kalian baru menginstal aplikasi, instal custom ROM, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan software.

Cara Mengatasi White Screen
Layar white screen bukan berarti komponen atau hardware dari hp tersebut sudah rusak. Bisa dipastikan itu karena efek software yang ada pada ponsel tersebut, tapi lain lagi jika layar putih setelah hp terjatuh. Seperti yang sudah admin behangat.net katakan diatas bahwa penyebabnya bisa jadi akibat instal aplikasi tertentu, instal custom ROM. Jadi cara mengatasinya bisa dengan cara berikut:

Reboot

Reboot atau memulai ulang ponsel kalian, karena bisa jadi layar putih pada ponsel terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstal atau sedang berjalan secara bersamaan sehingga menjadi berat u peforma Hp, dan efek aplikasi yang terpasang di hp tersebut. Ini bertujuan untuk merefresh kinerja ponsel dan mematikan aplikasi berjalan yang menyebabkan layar white screen.

Cabut Terlebih Dahulu Baterai

Jika mereboot hp tidak berpengaruh, cobalah untuk melepaskan dan pasang kembali baterai ponsel tersebut lalu hidupkan kembali untuk melihat hasilnya.

Baca Juga : Cara burning/memasukkan file Iso ke Dvd/Cd Ashampo Terbaru

Flash Menggunakan PC

Jika masalah belum teratasi, cobalah dengan melakukan flash hp menggunakan PC. Ini cara terakhir yang bisa kalian lakukan sebelum mengambil tindakan seperti mengganti LCD hp atau melakukan servis hp.

Tapi jika masalah belum teratasi juga, sudah dipastikan bahwa terdapat kerusakan pada hardware tepatnya pada bagian LCD. Sebaiknya kalian bawa dulu ke orang yang lebih paham dan tanyakan apa masalahnya. Jika memang harus mengganti LCD yang rusak, maka tidak ada cara lain selain mengganti LCD yang rusak tersebut.

Layar hp Loncat Sendiri (mengklik otomatis)

Layar hp loncat loncat sendiri merupakan masalah dimana layar hp selalu bergeser sendiri, mengklik sendiri dan sebagian titik pada layar tidak berfungsi jika disentuh. Ini masalah yang cukup serius karena pasti akan merasa tidak nyaman dalam menggunakannya. Penyebabnya ada pada Touchscreen yang dimana fungsi touchscreen yaitu untuk mengubah sentuhan menjadi perintah yang dikirim ke LCD layar seperti yang sudah admin behangat.net di atas. Jika Touchsreen rusak, maka otomatis kalau disentuh tidak akan berfungsi dengan baik dan proses pengiriman perintah akan terganggu.

Cara Mengatasi Layar Hp Loncat Sendiri
Seperti yang sudah diketahui diatas bahwa penyebab layar loncat-loncat sendiri berada pada touchscreen hp. Jadi untuk mengatasinya bisa dengan mengganti touchcreen dengan yang baru.

Kalibrasi

yang kedua yaitu Kalibrasi. Kalibrasi ini dilakukan untuk layar hp yang macet dan hang, megatur kalibrasi berguna untuk megatur sensitifitas pada layar hp. Memang pada masalah ini layar hp masih bisa digunakan tapi sedikit susah dalam memakainya.

Cara Mengatasi HP yangKalibrasi
Cara mengatasinya bisa dengan cara mengatur kalibrasinya dengan cara pergi ke pengaturan, pilih setting display Calibration. Kemudian silakan cek dengan kode dial #*#2664#*# untuk melihat tinggat sensitifitasnya.

Baca Juga : Tips Cara Aktivasi Windows 10 pro dengan Mudah, Cepat, dan Terlengkap

Jika informasi yang admin berikan sudah kalian lakukan dan masih mengalami kerusakan pada HP kalian maka kemungkinan besar, mungkin penyebabnya bukan seperti yang ada pada artikel ini. Pada dasarnya, banyak sekali penyebab yang menyebabkan layar hp rusak, ngeblank dan error. Jadi mohon maaf jika artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Layar LCD Hp ngeblank tidak bisa mengatasi masalah yang sedang kalian alami maka segera mungkin bawa HP kalian ke tempat servis Hp yang berpengalaman di bidangnya.

Mungkin sampai disini yang bisa admin BeHangat.Net berikan tentang Apa Bisa Di Perbaiki Layar HP Mati, Ngeblank. Bagaimana Caranya? di lain waktu akan admin lanjutkan. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, Kita diskusikan bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata BeHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terima kasih sudah mampir dan membaca di behanagt.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Nilai Kualitas Konten

Recommended For You

Avatar

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =