BeHangat.Net ~ Apa Benar, Hijab dan Akhlak Tidak ada Hubungannya dan Dua Hal Yang Berbeda – assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net kali ini admin akan membahas tetang Hijab dan Akhlak. Pasti banyak yang bingung kenapa akhir-akhir ini BeHangat.Net Membahas tentang dunia islam, Ia benar admin BeHangat.Net sedang berusaha belajar Hijrah dan Istiqomah menjadi pribadi yang lebih baik.

Apa kamu tahu Hijab dan Akhlak itu?


Mungkin bagi kamu mengartikan hijab itu pakean muslimah atau jilbab, itupun juga tidak salah. Tapi jika dilihat dari maknanya hijab dan jilbab itu berbeda. Hijab atau Jilbab merupakan salah satu penutup aurat wanita muslimah. Kerap kali permasalahan hijab dikaitkan dengan akhlak seseorang. Hingga hampir mencoreng kesucian hijab itu sendiri. Walau sebenarnya Hijab dan Akhlak merupakan dua hal yang sangat berbeda.

Jika kamu berjilbab dan ada yang mempermasalahkan akhlaqmu, katakan pada mereka bahwa Antara jilbab dan akhlaq adalah 2 hal yang berbeda. Berjilbab adalah murni perintah Allah, wajib untuk wanita muslim yang telah baligh tanpa memandang akhlaqnya baik atau buruk, sedangkan akhlaq adalah budi pekerti yang tergantung pada pribadi masing-masing. Jika seorang wanita berjilbab melakukan dosa atau pelanggaran, itu bukan karna jilbabnya namun karna akhlaqnya.

Yang berjilbab belum tentu berakhlaq mulia, namun yang berakhlaq mulia pasti berjilbab.

Baca Juga : Kabar Baik Untuk Masuk Surga, Dengan Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah dan Niat Untuk Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah

.QS. Al Ahzab (Golongan-Golongan yang bersekutu) – surah 33 ayat 59 [QS. 33:59]

اَیُّہَا النَّبِیُّ قُلۡ لِّاَزۡوَاجِکَ وَ بَنٰتِکَ وَ نِسَآءِ الۡمُؤۡمِنِیۡنَ یُدۡنِیۡنَ عَلَیۡہِنَّ مِنۡ جَلَابِیۡبِہِنَّ ؕ ذٰلِکَ اَدۡنٰۤی اَنۡ یُّعۡرَفۡنَ فَلَا یُؤۡذَیۡنَ ؕ وَ کَانَ اللّٰہُ غَفُوۡرًا رَّحِیۡمًا

Yaa ai-yuhaannabii-yu qul azwaajika wabanaatika wanisaaaa-il mu’miniina yudniina ‘alaihinna min jalaabiibihinna dzalika adna an yu’rafna falaa yu’dzaina wakaanallahu ghafuuran rahiiman.

Artinya : Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

.QS. An Nuur (Cahaya) – surah 24 ayat 31 [QS. 24:31]


وَ قُلۡ لِّلۡمُؤۡمِنٰتِ یَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِہِنَّ وَ یَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَہُنَّ وَ لَا یُبۡدِیۡنَ زِیۡنَتَہُنَّ اِلَّا مَا ظَہَرَ مِنۡہَا وَ لۡیَضۡرِبۡنَ بِخُمُرِہِنَّ عَلٰی جُیُوۡبِہِنَّ ۪ وَ لَا یُبۡدِیۡنَ زِیۡنَتَہُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِہِنَّ اَوۡ اٰبَآئِہِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِہِنَّ اَوۡ اَبۡنَآئِہِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِہِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِہِنَّ اَوۡ بَنِیۡۤ اِخۡوَانِہِنَّ اَوۡ بَنِیۡۤ اَخَوٰتِہِنَّ اَوۡ نِسَآئِہِنَّ اَوۡ مَا مَلَکَتۡ اَیۡمَانُہُنَّ اَوِ التّٰبِعِیۡنَ غَیۡرِ اُولِی الۡاِرۡبَۃِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِیۡنَ لَمۡ یَظۡہَرُوۡا عَلٰی عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ ۪ وَ لَا یَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِہِنَّ لِیُعۡلَمَ مَا یُخۡفِیۡنَ مِنۡ زِیۡنَتِہِنَّ ؕ وَ تُوۡبُوۡۤا اِلَی اللّٰہِ جَمِیۡعًا اَیُّہَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّکُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Waqul lilmu’minaati yaghdhudhna min abshaarihinna wayahfazhna furuujahunna walaa yubdiina ziinatahunna ilaa maa zhahara minhaa walyadhribna bikhumurihinna ‘ala juyuubihinna walaa yubdiina ziinatahunna ilaa libu’uulatihinna au aabaa-ihinna au aabaa-i bu’uulatihinna au abnaa-ihinna au abnaa-i bu’uulatihinna au ikhwaanihinna au banii ikhwaanihinna au banii akhawaatihinna au nisaa-ihinna au maa malakat aimaanuhunna awittaabi’iina ghairi uulii-irbati minarrijaali awith-thiflil-ladziina lam yazhharuu ‘ala ‘auraatinnisaa-i walaa yadhribna biarjulihinna liyu’lama maa yukhfiina min ziinatihinna watuubuu ilallahi jamii’an ai-yuhaal mu’minuuna la’allakum tuflihuun(a);

Artinya : Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat.


Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan.

Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

Buat Apa Berhijab Kalau Kelakuan Buruk

Perempuan yang baik adalah yang bagus agamanya, yang dimaksud agamanya adalah agama dalam hati bukan dalam penampilan. Banyak yang bertanya Lebih bagus perempuan tidak berhijab tapi baik kelakuannya atau perempuan berhijab tapi kelakuannya buruk?Jika suruh jawab maka Yang lebih bagus adalah perempuan yang berhijab dan beragama sekaligus. Karena realitas memperlihatkan kepada kita bahwa perempuan berhijab lebih banyak yang beragama ketimbang perempuan yang tidak memakai hijab.

hijab adalah setengah petunjuk kalau wanita yang memakai hijab tersebut adalah wanita beragama, setengahnya lagi adalah hati atau perilaku kesehariannya.

Bila perilaku keseharian seorang wanita muslimah sudah bagus namun belum berhijab, segera lengkapi dengan hijab, agar terlengkapi dan menjadi sempurna. Begitu pula jika seorang wanita muslimah sudah berhijab, namun akhlaq atau perilaku kesehariannya masih tidak baik, segera lengkapi dengan akhlaq yang baik, agar terlengkapi dan menjadi sempurna.

Jadi, jangan ada lagi orang yang berkata Buat apa berhijab kalau kelakuan masih buruk, lebih baik tidak berhijab. Tapi jika ada yang berkata seperti itu, maka kamu jangan melepas hijabmu karena malu. Solusi yang bijak adalah, biarkan hijabmu itu tetap melekat bersamanya sembari berusaha untuk terus mengadakan perbaikan akhlaq atau perilaku yang lebih baik.

Hijab adalah identitas seorang muslimah (wanita beragama Islam). Hijab lah yang memberi isyarat kepada lelaki-lelaki muslim bahkan semua lelaki, bahwa yang mengenakan hijab adalah wanita terhormat, sehingga sangat tidak pantas direndahkan dalam pandangan mereka, kata-kata mereka, maupun perbuatan mereka.

QS. Al-Ahzaab: 59


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Yā ayyuhan-nabiyyu qul liazwājika wa banātika wa nisāil-muminīna yudnīna 'alaihinna min jalābībihinn, żālika adnā ay yu'rafna fa lā yużaīn, wa kānallāhu gafụrar raḥīmā

Artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Pakailah jilbabmu seraya tidak sekedar berniat untuk melakukan suatu hal yang wajib dari perintah Allah. Jangan kamu memakai jilbab hanya untuk fashion belaka, atau memakai jilbab untuk menutupi kejelekan sifatmu. Ikhlaslah memakai jilbab untuk kebaikan dirimu, dan jadikan Hijab sebagai kebutuhan mu, niscaya kelak kamu akan merasakan manfaat jilbabmu dan berubahlah akhlakmu.

Demikianlah artikel tentang Apa Benar, Hijab dan Akhlak Tidak ada Hubungannya dan Dua Hal Yang Berbeda yang bisa admin berikan ke pada kalian semua. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − thirteen =