4 Tips Praktis Cara Menulis Blog Untuk Para Pemula

4 Tips Praktis Menulis Blog Untuk Para Pemula 5/5 (4)

BeHangat.Net4 Tips Praktis Cara Menulis Blog Untuk Para Pemula ~ Blogging memiliki banyak keuntungan, mulai dari sarana personal branding hingga bisa jadi sumber penghasilan dari iklan. Blogging juga dipercaya memiliki korelasi dalam menaikkan trafik ke website Anda. Bahkan menurut salah satu Jasa SEO Jakarta, blogging secara teratur bisa membantu mendongkrak ranking website Anda di Google.

Tapi bagi pemula, salah satu kendala terbesar adalah pencarian topik. Bagi sebagian besar orang, menentukan topik bisa dikatakan susah-susah gampang. Maka dari itu, sebagai pemula, disarankan cari topik yang kira-kira mudah dipahami atau ringan untuk di baca. Hal ini membantu mencegah hilang nya ide-ide di kemudian hari. Misalnya kamu kehabisan ide di kemudian hari, bisa fatal jadinya.

Baca Juga : Cara Memilih Komputer atau Laptop Sesuai Kebutuhan

Bayangkan saja kalau kamu tidak bisa menulis secara konsisten dikarenakan ide dan pembahasannya habis yang berakibat blog sepi dari pengunjung. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi sama kamu, mari kita lihat beberapa tips di bawah ini!

Menulis Menurut Hobi atau Keahlian

4 Tips Praktis Menulis Blog Untuk Para Pemula

Sebagai blogger sah-sah saja jika Anda ingin membuat tulisan apapun dengan berbagai tema, nggak ada yang melarang. Apalagi jika hasil tulisan Anda adalah orisinal dan bukan copy paste.

Baca Juga : Belajar Komputer Terlengkap

Untuk membangun sebuah blog, Anda harus bisa selalu menulis berdasarkan keahlian sendiri atau tema yang setidaknya Anda kuasai dan pahami. Ini bertujuan agar Anda tidak kehilangan ide-ide tulisan di tengah lagi asik blogging. Jangan lupa juga untuk dibarengi dengan membaca referensi terkait dari topik yang Anda kuasai agar tetap up-to-date.

Menentukan Tujuan Blogging

4 Tips Praktis Menulis Blog Untuk Para Pemula

Saat ini sangat mudah bagi siapapun untuk membuat sebuah blog karena banyak penyedia jasa pembuat blog dari yang berbayar hingga gratis. Namun, sebagai blogger pemula, perlu dipikirkan tujuan utama membuat sebuah blog.

Baca Juga : Belajar MS Office Terlengkap

Anda bisa mengawalinya dengan brainstorming dengan tujuan menciptakan blog dari yang sederhana sampai yang kompleks. Misalnya saja, Anda ingin membuat blog karena hanya ingin membagikan pengalaman saat travelling, atau ingin memberikan review mengenai barang yang sering digunakan atau baru saja dibeli.

Tujuan ini akan memberikan Anda arah mengenai konten yang ingin ditulis nantinya. Dengan begini, tidak akan ada lagi kasus di mana Anda kehabisan ide, karena adanya tujuan yang jelas.

Cek Google Trending Topic

4 Tips Praktis Menulis Blog Untuk Para Pemula

Selain dua cara diatas, Anda juga bisa mencari topik yang sedang ramai di cari dan dibicarakan oleh masyarakat dengan menggunakan tools Google Trending Topic. Di sana Anda bisa melihat topik apa saja yang lagi ramai-ramainya dibicarakan belakangan ini. Atau Anda juga bisa mengecek apakah topik yang ingin Anda tulis sedang trending atau tidak.

Baca Juga : Grafik Harga Cryptocurrency Terbaru

Dengan cara ini, selain memperluas tema tulisan yang akan dibuat, Anda juga jadi bisa menyuguhkan apa yang sedang dicari oleh khalayak ramai untuk mereka baca sesuai dengan tren yang sedang berjalan.

Melakukan Riset Mengenai Tema Blog yang Bertraffic Tinggi

4 Tips Praktis Menulis Blog Untuk Para Pemula

Baca Juga : Memperdalam Islam

Sesekali coba lakukan riset mengenai artikel yang memiliki trafik yang tinggi. Contohnya seperti otomotif, bisnis, teknologi, olahraga, wisata dan juga blogging. Jenis topik ini biasanya banyak dicari dan juga dibaca oleh pengunjung. Topik bahasan seperti ini sangat untuk blog yang ingin anda jadikan sebagai Adsense.

Contoh, jika Anda ingin menulis topik seputar gadget dan teknologi, salah satu topik yang banyak dicari adalah bagaimana menghitung kapasitas real powerbank.

Nah, sekarang Anda tahu kan tips apa saja yang bisa diterapkan dalam mencari konten atau tema yang cocok supaya kamu bisa menulis secara konsisten. Untuk seorang blogger menentukan tema adalah hal yang sangat penting agar tidak kehilangan semangat dalam menulis. Maka dari itu, terapkanlah tips jitu ini agar tidak pernah berhenti mengisi blog Anda.

Nilai Kualitas Konten

Recommended For You

BeHangat.Net

About the Author: BeHangat.Net

BeHangat.Net adalah website yang membahas tentang berbagai pelajaran dan berita teknologi yang berguna bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − fourteen =