Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan

BeHangat.Net ~ Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan -Jumpa lag dengan admin BeHangat.Net pada kali ini admin akan memberi seputar Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan,Tips ini di tulis oleh Galih Budi Saputro yang di kirim ke admin BeHangat.Net.menurut admin sendiri isi dari artikel ini sangat bermanfaat sehingga admin terbitkan di WEB BeHangat ini. Silahkan lanjut di baca :

Jika di pikir-pikir tidak terasa hari ini kita telah memasuki bulan Februari di tahun 2019 ya. Bagi teman-teman yang kelas 12 (atau kelas 3 SMA) tentu sekarang sedang sibuk banget donk.

Contents
Bulan Februari adalah bulan-bulan yang padat dengan persiapan ujian nasional sih. Mulai dari pemadatan jam les, baik itu les yang diadain oleh sekolah ataupun yang diadain dari lembaga luar sekolah. Selain itu tentunya juga padat dengan try out -uji coba- ujian nasional ya, wah padat banget tuh.

Tapi, sekarang kita nggak lagi bahas tentang ujian nih, satu step setelah ujian. Ada dua pilihan dong setelah ujian, teman-teman mau melamar sang kekasih kerja atau mau lanjut jenjang kuliah.
Kalo menurut penulis sih mending lanjut kuliah dulu deh (untuk alasannya kenapa? nanti dituliskan terpisah ya). Karena banyak manfaat yang bisa diambil selama kuliah.

Maka dari itu penulis kasih tips dan trik bagaimana persiapan dalam menentukan jurusan dan masuk ke perguruan tinggi favorit buat teman-teman yang mau lanjut kuliah.
  1. Mulai menentukan passion
    Passion itu penting dan perlu banget loh. Segala sesuatu yang dijalani atas dasar passion pasti akan sangat menyenangkan. Karena kita merasa nyaman menjalaninya dan sesuai dengan kemampuan dan bakat yang kita miliki. Misal kita tahu bahwa passion kita ada didunia seni misalnya melukis, nah saat kita tahu itu jadi kita bisa langsung menentukan jurusan apa yang akan kita ambil sewaktu akan melanjutkan kuliah nanti, tentunya jurusan psikologi eh Kesenian maksudnya.

    Maka dari itu ketahui passion teman-teman sedari dini mungkin. Tips pertama yang perlu teman-teman persiapkan adalah memahami diri kalian. Buat pertanyaan dasar tentang diri kalian, mulai dari hal-hal yang sering kalian lakukan, hal-hal yang kalian sukai, siapa sosok yang kalian kagumi, dan temukan keunikan dirimu dibanding teman-teman yang lain.

  2. Ketahui jalur masuk perguruan tinggi
    Nah, perlu teman-teman ketahui nih bahwa masuk kuliah itu ada jalurnya masing-masing loh
    • Ada SNMPTN
      Nah SNMPTN adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Biasanya ini adalah jalur undangan prestasi, jadi buat teman-teman yang sedang ujian, persiapkan ujian semaksimal mungkin agar nilai kalian maksimal, lumayan tuh kalo masuk SNMPTM udah gausah ujian masuk lagi, tinggal persiapin aja berkas-berkasnya.

    • Ada SBMPTN
      Kalo SBMPTN adalah Seleksi Bersama masuk perguruan tinggi negeri. Jadi ini adalah ujian bersama yang dilakukan oleh negara, biasanya sih pesertanya yang gak lolos masuk SNMPTN atau yang mau pindah jurusan dari jurusan yang telah di pilih di jalur SNMPTN. Dijalur ini teman-teman akan ada ujian bersama tuh seluruh negeri di lokasi yang sudah ditentukan.

    • Ada Jalur Mandiri
      Jalur mandiri ini adalah jalur yang disiapkan oleh kampus atau beberapa kampus untuk menjaring calon mahasiswa yang belum lolos dari kedua tahap sebelumnya. Jadi langsung tuh masuk ke kampus yang dituju. Teman-teman juga harus update pada kampus tujuan untuk mengetahui jadwal kapan diadakan jalur mandiri ini.

    • Ada jalur khusus
      Kali ini sih jalur spesial, jalur prestasi biasanya. Jadi ada beberapa kampus yang menyediakan beasiswa bagi siswa yang berprestasi tertentu (misal kaya hafal Al Qur’an sekian Juzz). Nah setiap kampus punya kebijakan yang beda ya. Jadi update selalu kampus tujuanmu.

  3. Persiapkan syarat-syarat
    Tips selanjutnya adalah mempersiapkan segala syarat yang dibutuhkan. Syarat terpenting adalah standar nilai. Jadi teman-teman harus mempersiapkannya sedari ujian ini. Selain itu berkas-berkas juga perlu, kalo kalian cukup berprestasi persiapin juga sertifikat hasil mengikuti kompetisi.

  4. Konsultasi dengan orang tua dan orang yang berpengalaman
    Nah ini adalah hal pokok bin wajib sih, ingat ridho Allah adalah ridho orang tua. Jangan dianggap kalo kalian sharing sama orang tua sekedar sharing, disampingnya itu diam-diam orang tua kalian juga mendoakan kesuksesan dan kelancaran usaha kalian.

    Selain itu perbanyak komunikasi dengan orang yang kalian anggap berpengalaman atau memang benar-benar berpengalaman, yang udah kuliah atau pernah kuliah.

  5. Mengikuti forum-forum yang membicarakan tentang dunia perkuliahan.
    Banyak kog yang Adain sharing dunia perkuliahan. Ikut aja, biasanya gak mahal. Kalo di sekolah penulis biasanya ada sih alumni yang udah kuliah terus buat forum sharing tentang dunia perkuliahan. Jangan lupa siapin pertanyaan kalo ada forum kaya gitu

  6. BerDo'a
    Jangan anggap remeh hal satu ini. Terkadang semaksimal kita berusaha kalo gak diiringi sama doa bisa jadi hasilnya zonk atau tidak memuaskan. Namun kalo usaha kita dirasa cukup tapi diiringi dengan dosa yang khusyuk bisa aja jalan teman teman dipermudah.

  7. Konsisten
    Semuanya akan sia-sia kalo kalian cuma ngelakuin sekali dan abis itu menyerah. Tetap konsisten dengan hal-hal diatas. Ingat kesempatan itu gak datang sekali, tapi berkali kali jadi siapin diri kalian kalo ketemu sama kesempatan yang baru.

Itulah artikel tentang Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan yang di tulis oleh Galih Budi Saputro, Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Baja Juga : Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser