Tips Belajar Menjelang Ujian Nasional (UNBK)

BeHangat.Net ~ Tips Belajar Menjelang Ujian Nasional (UNBK) - Jumpa lag dengan admin BeHangat.Net pada kali ini admin akan memberi seputar Tips dan Trik Menjelang Ujian Nasional (UNBK), Tips ini di tulis oleh Galih Budi Saputro yang di kirim ke admin BeHangat.Net. Menurut admin sendiri isi dari artikel ini sangat bermanfaat sehingga admin terbitkan di WEB BeHangat ini. Silahkan lanjut di baca :

Hallo teman-teman, kali ini penulis ingin menyapa teman-teman semua terkhusus kelas 3 (SMA/SMP) atau kelas 9 dan kelas 12 nih. (Kog Cuma mereka yang disapa sih, gak adil nih).

Tunggu dulu, kenapa penulis kali ini mengkhususkan untuk kelas 12 dan kelas 9? Karena teman-teman inilah yang sebentar lagi akan menghadapi momen yang genting, eh pentig maksudnya, yaitu Ujian Nasional.

Seperti yang diketahui dan dilansir oleh beberapa media, bahwa ujian nasional akan dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April. Selain itu menururt informasi yang disampaikan oleh Kompas(dot)com bahwa Ujian nasional pada tahun 2019 dilaksanakan dalam 2 sistem; Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Baca Juga : Cara Mengakses Situs Yang Diblokir Di Android Dengan Mudah

Mengingat saat ini sudah memasuki bulan Februari, maka persiapan teman-teman semakin sedikit, kurang lebih tinggal 1 bulan lagi. Sedang persiapan yang dibutuhkan dalam menghadapi ujian tentunya tidak sedikit dan sembarangan.

Maka dari itu penulis ingin berbagi tips dan trik bagaimana belajar secara efektif dan efisies dalam menghadapi ujiian nasioanal.

Mengetahui Kemampuan Diri

Tips pertama yang menurut penulis harus dilakukan adalah mengetahui kemampuan diri sendiri.

Kenapa hal ini penting dan menjadi dasar?

Hal tersebut berdasarkan pada pola pembelajaran yang ada di sekolah teman-teman, tentang nilai dasar kelulusan. Maka penting untuk mengetahui kemampuan teman-teman yang bertujuan untuk melakukan pemetaan mata pelajaran mana saja yang sudah cukup untuk dikuasai dan mata pelajaran mana saja yang masih perlu untuk diperdalam lagi.

Jangan sampai teman-teman hanya terjebak pada mata pelajaran yang dikuasai, seperti biasanya kita terlalu terjebak pada mata pelajaran yang sudah terlanjur kita sukai dan terkesan menurut kita mudah serta sehingga pelajaran yang lain terkesan kita lupakan.

Maka dari itu penting untuk memetakan (memilah) mana mata pelajaran yang menurut teman-teman cukup dikuasai dan mana yang belum.

Membuat Skala Prioritas

Tips selanjutnya setelah teman-teman membuat pemetaan diatas adalah membuat skala prioritas. Apa itu skala prioritas?

Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang disusun dari yang terpenting sampai dengan yang bersifat biasa atau dapat ditunda.

Baca Juga : Cara Membuat Meta Description Blog Lebih Seo Friendly Baik dan Benar

Nah sklaa prioritas yang dimkasud adalah melakukan pemilahan mata pelajaran yang sangat dikuasai sampai dengan yang dirasa sangat sulit. Skala prioritas berarti berfokus kepada mata pelajaran yang dirasa paling sulit tersebut diletakkan pada prioritas utama

Berlatih Secara Efisien

Setelah prioritas tersebut tersusun, maka teman-teman selanjutnya harus fokus memahami dan berlatih pada prioritas utama. Dalam berlatih tentunya tidak bisa dilakukan seperti hari-hari biasa.

Maka teman teman perlu berlatih secara efisien. Efisien berarti melakukan sesuatu dengan dengan sumber daya yang ada atau bahan-bahan yang ada secara maksimal. Maka dari itu jika metode belajar atau berlatih seperti hari-hari biasa maka teman-teman memerlukan waktu yang cukup banyak, sedang waktu teman-teman menghadapi ujian terbatas.

Disni hal yang perlu dilakukan adalah langsung berlatih atu mempelajari tepat pada sasaran. Teman-teman tidak perlu lagi membuka modul atau buku teman-teman dari awal halaman lagi, melainkan cukup dengan mengerjakan soal-soal yang berkaitan pada ujian nasional. Seain itu membuat catatan-catatan kecil yang dirasa penting dan membuat jembatan keledai untuk memudahkan mengingat.

Melakukan Uji Coba

Tips keempat yang bisa dilakukan adalah sering melakukan uji coba soal-soal yang berkaitan dengan soal-soal ujian nasional. Fasilitas ini bisa teman-teman dapatkan di toko buku terdekat yang menyediakan buku prediksi soal-soal ujian nasional. Hal ini penting bukan kita berharap ada soal yang sama akan keluar, namun kita berlatih menyelesaikan soal dengan pola yang sama.

Dengan ini teman-teman akan lebih terbiasa dalam menyelesaiakan soal ujian nasioanal. Selanjutna ketika telah mampu mengerjakan soal-soal yang ada dan menilainya maka teman-teman perlu mempercepat durasi dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.

Baca Juga : Cara Uji Kecepatan Internet kalian dengan Fitur Baru dari Google

Melakukan Evaluasi

Hal terakhir adalahmelakukan evaluasi dari metode belajar anda sebelum ujian nasioanal diadakan. Hal ini dilakukan untuk melihat kembali mata pelajaran mana yang sudah cukup untuk dipahami dan mana yang belum.

Dari hal ini teman-teman cukup punya waktu untuk membuka kembali dan memperdalam mata pelajaran yang masih belum dipaham tersebut.

Bersikap Tenang

Hal terakhir diluar hal teknis yang teman-teman perlu lakukan adalah bersikap dengan tenang. Upayakan untuk sudah tidak lagi membuka buku pada H-1 menjelang ujian nasional berlangsung.

Hal ini dilakukan untuk meyakinkan diri teman-teman bahwa kalian telah siap menghadapi ujian nasional. selain itu waktu istirahat sejenak juga bertujuan untuk menyegarkan kembali stamina teman-teman agar saat menghadapi ujian nanti teman-teman tidak sakit.

Percuma kan telah sudah mempersiapkan diri menjelang ujian namun ketika ujian berlangsung teman-teman malah sakit.

Baca Juga : Tips dan Trik Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan

Tapi sebagia catatan, apabila teman-teman cukup khawatir bakalan lupa, cukuplah membuka-buka sejenak untuk mengingat-ingat kembali cara penyelesaian soal-soal yng telah dicoba sebelumnya.

Demikian tips dan trik yang bisa penulis bagikan kepada teman-teman semua, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Semangat mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Teman-teman juga bisa mengembangkan diri dengan strategi lain yang menurut teman-teman lebih nyaman, intinya supaya proses belajar teman-teman efektif dan efisien namun teman menyenangkan.

Itulah artikel tentang Tips Belajar Menjelang Ujian Nasional (UNBK) yang di tulis oleh Galih Budi Saputro, Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser