Pemrograman yang Dapat Dilakukan Langsung di Ubuntu

BeHangat.Net ~ Pemrograman yang Dapat Dilakukan Langsung di Ubuntu - Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Bahasa Pemrograman yang Dapat Langsung di Gunakan di Ubuntu tanpa kalian harus install apapun.

Eksperimen ini saya lakukan di Ubuntu 16.04 64bit Live CD. kalian harus menyediakan teks editor seperti , , dan untuk menulis kode.

Berikut ini bahasa pemrograman yang dapat dilakukan langsung di Ubuntu adalah sebagai berikut.

Pemrograman Shell

Skrip Shell merupakan sebuah program yang bisa dijalankan di Unix Shell atau Command Line Interpreter (CLI). Shell itu sendiri adalah sebuah antarmuka untuk mengakses kernel dari sebuah sistem operasi.

Contoh program shell:
  #!/bin/sh
echo "Hello World!"

Program ini akan menghasilkan output seperti ini:

Baca Juga : How to Install Dracos with Rsync Method

Pemrograman C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Dennies Ritchie. Bahasa yang umurnya cukup tua ini, masih digunakan sampai saat ini. Bahkan, kernel Linux sendiri ditulis dengan bahasa pemrograman C.

Untuk melakukan pemrograman C di Linux, kita dapat memanfaatkan kompilator gcc (GNU C Compiler) atau (GNU Collection Compiler).

Perintah untuk kompilasi program C:
  gcc kode_program.c -o nama_program 
Perintah untuk menjalankan program:
  ./nama_program 
Contoh kode program:
  #include <stdio.h>


void main(){
printf("Hello World\n");
}
Kompilasi dan Eksekusi:


Pemrograman C++

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C. Bahasa C++ mendukung pemrograman berorientasikan objek (Object Oriented Programming), sedangkan bahasa C tidak.

Itulah perbedaan yang cukup terlihat dari bahasa C dengan C++. Kemudian untuk melakukan pemrograman C++ di Linux, kita dapat menggunakan kompilator g++. Kompilator g++ masih satu paket dengan kompilator gcc.

Perintah kompilasi program C++:
  g++ kode_program.cpp -o nama_program 
Cara eksekusi:
  ./nama_program 
Contoh Program:
  #include <iostream>


using namespace std;

int main(){
cout << "Hello Sahabat BeHangat.Net" << endl;
return 0;
}
Baca Juga : Daftar Distro Turunan Ubuntu

Pemrograman Python

Python merupakan bahasa pemrograman skrip (scripting) yang diciptakan oleh Guido Van Rossum. Python kadang digunakan untuk membangun aplikasi Linux baik berbasis CLI maupun GUI. Ubuntu sendiri sudah membawa Python dalam distribusinya. Jadi, kita tidak perlu menginstal Python untuk melakukan pemrograman Python.

Cara membuka interpreter Python, ketik python di terminal:

Cara mengeksekusi sebuah skrip python:
  python nama_skrip.py 
Contoh program:
  print "Hello World!" 
Hasil eksekusi:

Baca Juga : Tipe Pemrograman

Pemrograman Perl

Bahasa pemrograman Perl dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall pada tahun 1987 sebagai bahasa skrip (scripting) untuk Unix. Tujuannya untuk memudahkan proses dalam pembuatan laporan.

Sampai saat ini Perl sudah banyak mengalami preubahan dan revisi. Ubuntu juga membawa Perl pada distribusinya. Jadi, kita bisa langsung menggunakannya seperti Python.

Cara eksekusi skrip perl:
  perl nama_skrip.pl 
Contoh Program:
  #!/usr/bin/perl


print "Hello World!\n";
Hasil eksekusi:

Baca Juga : Tutorial Install C/C++ Compiler di Linux Ubuntu

Pemrograman Javascript

Javascript merupakan bahasa yang tengah populer pada tahun ini. Sekarang javascript tidak hanya digunakan di browser, javascript juga digunakan di server, mobile, jaringan, dan desktop.

Ubuntu sendiri membawa Mozilla Firefox pada distribusinya, dengan demikian kita bisa melakukan pemrograman Javascript melalui Mozilla Firefox.

Contoh Program:
  <!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Hello World JS</title>
<script type="text/javascript">
console.log("hello world! dari Console");
document.write("Hello World!");
</script>
</head>

<body>
</body>
</html>
Hasil di browser:

Baca Juga : Mengenal Bahasa Visual Basic

Pemrograman AWK

AWK merpuakan bahasa pemrograman yang didesain untuk memproses teks dan biasanya digunakan untuk ekstraksi data dan pembuatan laporan. AWK menjadi fitur stadar sistem operasi Unix-like. Oleh karena itu, Ubuntu juga menyediakan AWK pada distribusinya.

Cara eksekusi program AWK
  awk -f nama_skrip 
Contoh program:
  #!/bin/awk -f


BEGIN {
print "Hello World!"
}
Hasil eksekusi:

Baca Juga
Itulah artikel tentang Pemrograman yang Dapat Dilakukan Langsung di Ubuntu, Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Sumber Referensi Artikel


Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser