2 Cara Mudah Membuka File Tif Dengan Mudah

BeHangat.Net 2 Cara Mudah Membuka File Tif Dengan Mudah - Selamat Pagi menjelang Sinag, jumpa lagi dengan admin, admin akan sedikit cerita beberapa hari lalu admin sempat kesuliatn untuk membuaka file ekstensi tif lalu admin tanya kesana kesini dan akhirnya menemuk cara untuk membukanya. Sebab kejadian itu admin akan membuat artikel tentang Cara Mudah Membuka File Ekstensi Tif agar jika kalain kesuliatan bisa membaca artikel ini dan memcobanya.

TIFF (Temporary Instruction File Format) merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang.
Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi. Ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar.

Format ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format berkas TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic). Selain itu, format ini mudah digunakan untuk transfer antar program. Hampir semua program yang mampu membaca format berkas bitmap juga mampu membaca format berkas TIFF. ~ Menurut wikipedia

Biasanya file yang berjenis gambar atau foto memiliki ekstensi jpg, jpeg, bmp atau png. File ektensi tersebut banyak kita temui dan bahkan sering dipergunakan.

Berdasarkan jenis ekstensi file tersebut pada umumnya mereka menggunakan file dengan jenis jpg untuk gambar. Saat ini sudah jarang yang menggunakan file dengan ekstensi bmp. Karena jenis file ini memiliki kapasitas yang cukup besar dibandingkan dengan ukuran file jpg, jpeg ataupun png.

Baca Juga

Jika dibandingkan antara file jpg dan png maka keduanya memiliki perbedaan ukuran. Contohnya kita memiliki file dari hasil scan atau mspaint, kemudian kita simpan kedalam dua jenis file tersebut, maka ukuran file yang terbesar adalah png. Namun jika kita lakukan compress keduanya maka hasil yanh lebih optimal / lebih kecil adalah png tanpa mengurangi resolusi file png tersebut. Sedangkan jika file jpg di compress maka resolusi gambar akan menjadi tidak optimal. Gambaran diatas adalah sebagai pertimbangan saat kalian akan mengirimkan file melalui media elektronik berbentuk email.

Lalu bagaimana jika kalian akan mengirimkan sebuah berkas yang berbentuk teks melalui email, dimana dalam isi berkas tersebut tidak diharuskan untuk terkirim dengan hasil yang sama seperti aslinya. Contohnya hanya sekedar memberikan informasi dari berkas tersebut, maka pada umumnya mereka akan menscan dengan ekstensi tif. Hal ini dilakukan karena file tif tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil. Disamping itu file dengan ekstensi tif ini dapat berisi beberapa gambar dalam satu file, layaknya file pdf.

Namun kekurangan file tif ini tidak dapat dibuka isinya oleh program default windows. Karena saat dibuka, gambar yang ditampilkan adalah gambar pada halaman pertama saja. Dan jika kita membuka dengan microsoft picture manager maka hasilnya akan terlihat pada tampilan print preview saja. Oleh karena itu cara dapat melihat isi file tif tanpa harus mencetak file kedalam media hardcopy (kertas), ada dua alternatif melihat isi file tif :
  1. Dengan bantuan program lain yaitu ACDSee. Alternatif ini adalah yang admin BeHangat.Net rekomendasikan karena disamping dapat membantu membuka file tif, juga telah mendukung jenis / type file fambar lainnya termasuk dengan media animasi atau video.
  2. kalian dapat mencetaknya ke dalam file pdf. Cara ini dapat kalian lakukan jika dalam device and printer kalian mendukung pdf.
Namun dikarenakan saat ini ACSDSee telah mempunyai versi 10 keatas, maka akan mememerlukan kapasitas / ruang yang lebih besar. Dan juga versi yang ada saat ini program harua teregistrasi. Oleh karena itu sebagai rekomendasi admin BeHangat.Net kalian dapat menggunakan ACDSee 2009 yang cukup ringan digunakan dan bila kalian dapat menggunakan serial number 79YDVH-334K2-3M9G8Z-JCWD7MF

Itulah artikel tentang Cara Mudah Membuka File Tif Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser