Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di laptop atau PC

BeHangat.Net - Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di laptop atau PC ~ Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Net pada kali ini admin akan membahas tentang Mencari File duplikat Dengan Cara Cepat tanpa ribet. Pertama admin akan menjelaskan Apasih File duplikat Itu ?.

File duplikat adalah dua buah file atau lebih yang memiliki kesamaan yang berada pada suatu tempat. Contohnya di dalam sebuah harddisk komputer kita memiliki dua buah file lagu yang sama persis dan kita tidak menyadarinya karena kedua file tersebut berada pada folder yang berbeda. Biasanya hal tersebut terjadi karena kita mendownload file yang sama berkali kali dan tidak menyadarinya.

Bagi kalian pengguna komputer yang sering melakukan copy paste ke folder / direktori lain, tanpa disadari akan terdapat dua file diantara folder tersebut. Hal ini terjadi bagi mereka yang melakukan suatu edit file baik dalam bentuk gambar, dokumen atau mereka yang memindahkan data musik ke dalam folder lain dengan tujuan awalnya sebagai membackup data. Dan kondisi ini biasanya mereka tidak menghapus file-file tersebut, dikarenakan kondisi waktu.

Baca Juga

Akhirnya tanpa disadari kapasitas harddiskpun berkurang dengan adanya file-file dengan nama yang sama namun isinya berbeda.Tentu saja hal itu bisa dibilang sangat boros dalam hal penyimpanan data dalam sebuah harddisk komputer. Apa lagi kalau kita memiliki file duplikat yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan, tentu saja akan mengakibatkan ruang penyimpanan atau kapasitas harddisk kita akan semakin sempit.

Disini admin akan menjelaskan bagai mana cara mencari file duplikat itu dengan mudah. Jika kalian sudah mengalami hal ini dan ingin mencari file dengan nama yang sama, sebenarnya kalian dapat memanfaatkan fasilitas seacrh pada windows explorer kalian. Tetapi cara ini hanya dapat dilakukan untuk suatu nama tertentu saja, dan tidak mencari seluruh nama file. Hal ini akan memerlukan waktu yang cukup lama, karena kalian harus memasukan nama file satu persatu kedalam kotak pencarian windows explorer.

Aplikasi Untuk Mencari File duplikat

Fast duplikat File Finder

Program untuk mencari file duplikat dengan cara cepat adalah Fast duplikat File Finder.

Baca Juga : Mengenal Bahasa Visual Basic

Program Fast duplikat File finder menurut admin BeHangat.Net memiliki kelebihan dalam hal :
  1. Memiliki kapasitas yang tidak lebih dari 2 M
  2. kalian dapat mencari file dengan nama yang sama di dalam suatu Drive atau folder.
  3. Secara otomatis program akan memberikan tkalian checklist pada salah satu atau lebih pada nama file yang sama tersebut. Misalkan terdapat tiga nama file yang sama, maka dua file akan di checklist oleh program tersebut secara otomatis. Dari kondisi ini kalian dapat langsung menghapus atau memindahkan file-file tersebut.
  4. Jika file yang kalian cari memiliki jumlah yang banyak misalkan ribuan dan saat melakukan pencarian tersebut tidak mungkin kalian tunggu, maka kalian dapt menggunakan bantuan / fitur setelah melakukan pencarian :
    • Menyimpan project dan shutdown
    • Menyimpan project dan stanby
    • Menyimpan project dan hibernate
    • Menyimpan project dan logoff
  5. Jika ditemukan dua atau lebih nama file yang sama, file-file tersebut akan ditampilkan secara berurutan atau kalian dapat mensortirnya berdasarkan nama file, folder, kapasitas, dan tanggal dari nama-nama file tersebut.
  6. Dapat menyimpan historis pencarian jika suatu saat kalian memerlukannya kembali yang disimpan dengan nama project sesuai yang kalian inginkan.

Ccleaner

Yang kedua Ccleaner. Aplikasi ini bisa menemukan dan menghapus file duplikat secara cepat dan mudah. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai pembersih file sampah saja, ternyata di dalamnya terdapat beberapa fitur canggih dan salah satunya untuk mencari file duplikat di harddisk komputer.

Baca Juga : Compiler dan Interpreter

Cara menggunakan Ccleaner

  1. Kalian Download Aplikasinya terlebih dahulu www.piriform.com/ccleaner/, lalu kalian install
  2. Selanjutnya pilih . Lalu centang pada Drive mana lokasi file duplikat yang ingin kalian cari, apakah di drive C, D, atau keduanya. Berikut akan admin beri contohnya kita akan mencari file duplikat yang ada pada drive D. Setelah itu pilih Search dan silakan ditunggu hingga proses scanning selesai.

  3. Setelah selesai maka akan muncul beberapa file yang sama (jika ada). Lalu yang harus di lalukan adalah mencentang pada salah satu dari file duplikat yang ditemukan. Jangan mencentang semuanya, ini bisa menghapus semua file yang sama di dalam harddis kalian. Pilih file mana saja yang menurut kalian perlu untuk dihapus, setelah itu pilih .

Jadi dengan demikian menurut admin BeHangat.Net program ini sangat membantu dan mempermudah jika kalian adalah seseorang yang sering melakukan backup data.

Itulah artikel tentang Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di laptop atau PC, Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.


Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser