Tipe Pemrograman

BeHangat.Net, Tipe Pemrograman - Pada Kesempatan kali ini BeHangat.Net akan memberikan apa yang admin tahu tentang tipe pemrograman. Tipe pemrograman di bagi menjadi Pemrograman Terstruktur, Pemrograman procedural dan terstruktur .
Baca Juga : Compiler dan Interpreter

Pemrograman Terstruktur

Pemrograman terstruktur adalah cara pemrosesan data yang terstuktur. Terstruktur dalam: analisa, cara dan penulisan program. Prinsip pemrograman terstruktur adalah mempunyai ciri sebagai berikut:
  1. Menggunakan rancangan pendekatan dari atas ke bawah (top down design)
  2. Membagi program ke dalam modul-modul logika yang sejenis
  3. Menggunakan sub-program untuk proses-proses sejenis yang sering digunakan
  4. Menggunakan pengkodean terstruktur: IF ........... THEN, DO ........ WHILE dan lain-lainnya
  5. Menghindari penggunaan perintah GO TO bila tidak diperlukan
  6. Gunakan nama-nama bermakna (mnemonic names)
  7. Membuat dokumentasi yang akurat dan berarti.
Dalam perencanaan dan perancangan dari atas ke bawah, kategori dan penyelesaian masalah dimulai dari bagian yang utama kemudian dibagi menjadi bagian yang lebih kecil. Rancangan cara ini memudahkan penulisan, pengujian, koreksi dan dokumentasi program. Tahapan rancangan atas ke bawah dalam pemrograman:
  • Tentukan keluaran (output) yang diminta, masukan (input) yang diperlukan dan proses-proses utama yang diperlukan untuk transformasi data
  • Membagi proses utama ke dalam modul-modul fungsional.
  • Buat algoritma msing-masing modul, dari modul utama ke subsub modul.
Setiap modul dalam proses rancangan atas ke bawah biasanya dibatasi dalam isi maupun batasan-batasan berikut:
  • Setiap modul hanya mempunyai satu masukan dan keluaran
  • Setiap modul hanya mewakili satu fungsi program.
Rancangan (design) terstruktur:
  1. Membagi program menjadi subprogram
  2. Menekankan fungsionalitas
  3. Cocok untuk sistem yang banyak mempunyai fungsi independen. Gaya penulisan program terstruktur: Menggunakan indentasi sehingga jelas struktur dan kontrol program. Memudahkan pembacaan, pemahaman, penelusuran kesalahan dan pembuatan koreksi.
Artikel Sering Dibaca

Pemrograman procedural dan terstruktur

Bahasa pemrograman prosedural adalah bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur. Prosedurprosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan. Prosedur adalah bagian dari program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan parameter tertentu. Bahasa pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur.
Kontrol program terstruktur adalah sebagai berikut:
  • Runtun - urut (sequence)
  • Pilihan (selection)
  • Pengulangan (repetition - loop)
  • Batasan Masalah Merencanakan sistim dan spesifikasi program
    Siapa yang akan menggunakan program dan untuk apa?
    dengan cara:
    1. Menentukan tujuan dan hasil yang akan dicapai
    2. Menentukan hal-hal yang diperlukan oleh sistim
    3. Pengumpulan data
  • Pengembangan Model Pembuatan model dari sistim yang akan kita bangun, model adalah suatu gambaran sederhana dari sistim yang kita buat. Dengan pembuatan model akan terlihat dengan jelas hubungan antara objek-objek dalam sistim yang akan kita bangun. Untuk penyelesaian aritmatik, biasanya model dibuat dalam bentuk rumus matematik. Contoh: untuk membuat program luas_lingkaran kita membuat model matematis c = axb
  • Rancangan algoritma Pembuatan urutan instruksi yang akan ditulis pada program ( dijelaskan lebih lanjut)
  • Pemrograman Implementasi algoritma ke dalam program (algoritma sendiri dalam komputer adalah merupakan program).
  • Uji dan Validasi Pengujian terhadap program : seperti kesalahan penulisan (syntax error) , kesalahan saat eksekusi (runtime error) kesalahan logika program (program berjalan tapi menghasilkan output yang salahfatal error).
Dokumentasi Pembuatan catatan pada program terutama pada modulmodul yang rumit.
Artikel Pilihan
Itulah artikel tentang Tipe Pemrograman, Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser