Struktur Bahasa C++

Semua Ada (BeHangat), Struktur Bahasa C++ - Pada kesempatan kali ini Behangat akan menjelaskan apa yang behangat tahu saja tentang Struktur Bahasa C++, Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu :
  1. bagian komentar yang ditandai dengan simbol // atau bagian komentar yang ditandai /* dan pasangannya untuk menutup komentar */
  2. bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol #
  3. bagian deklarasi
  4. bagian definisi
Struktur Bahasa C++ - BeHangat
Struktur Bahasa C++

Bagian komputer

Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Dalam bahasa C atau bahasa C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* ... */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar.

Bahasa C++ tidak mengizinkan komentar bersarang (nested comment), namun Borland C++ lebih fleksibel dalam hal ini.
#include <iostream>
int main()
{
    double jam, besar, bayar;                      // tipe data double    
    cout << "Berapa Jam Kamu bekerja? "; // tampilkan kata tersebut
    cin >> jam;                                        // masukan jam  
    cout << "Berapa besar gaji tiap jamnya? "; // tampilkan kata tersebut
    cin >> besar;                                    // masukan besar gaji tiap jam   
    bayar  = jam * besar;                            // kalikan jam dengan gaji tiap jam
    cout << "Kamu mendapatkan Gaji (Rp)" << bayar << endl; // jumlah gaji total
    return 0;
}
Pada Borland C++ dapat menggunakan komentar bersarang asalkan opsi cek Nested comments pada menu Options/Compiler/Source dipilih.

Bagian Pengarah Kompiler

Supaya lebih jelas mengenai bahasa C++ perhatikan program dibawah ini:
# include <iostream.h>
void main ( )
{
    char pesan [ ] = "Belajar Bahasa Pemrograman C++ Bersama BeHangat.Net" ;
    cout << pesan ;
    return 0 ;
}
Merupakan statement preprosesor, disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. iostream.h merupakan file program yang mengandung deklarasi kelas kelas yang diperlukan oleh objek cout. File file dengan ekstensi .h yang berisi deklarasi fungsi-fungsi standar C ini, disebut secara umum sebagai file header. Beberapa pengarah compiler antara lain:
  • # define
  • # include
  • # if
  • # else
  • # elif
  • # endif
  • # ifdef
  • # ifndef

Baca Juga
  1. Greeting Form RESERVER : How I Crack Your Code With .NET by Satria Ady Pradana
  2. Cara Membuat Image SlidesHow Dengan Jquery,CSS Yang Keren Dan Mudah
  3. Bahasa Pemrograman Di Tahun 2018 Yang Wajib Di Pelajari

  1. Pengarah kompiler # define

    Untuk mendefinisikan suatu pengenal / konstanta yang nantinya akan digantikan oleh praprosesor saat program dikompilasi. Perhatikan contoh Program dibawah ini:
    # define SIZE 30
    int array [SIZE] ;
    for (register int i = 0 ; i < SIZE ; i++)
    {
        cout << array [ i ] ;
    }
  2. Pengarah Kompiler # Include

    Berfungsi membaca file program tertentu dan mengikutsertakan file tersebut dalam proses kompilasi. Nama file yang dimaksud harus diapit symbol ' < ' dan ' > ' atau tanda kutip dua ( "" ... "").
  3. Pengarah Kompiler # If, # Else, # Elif, # Endif

    Digunakan untuk memilih bagian program yang akan dikompilasi. Kompilasi cari ini disebut kompilasi bersyarat dan program yang baik biasanya memanfaatkan teknik ini.
  4. Pengarah Kompiler # Ifdef, # Ifndef

    Digunakan juga dalam kompilasi bersyarat. # Ifdef dapat dibaca: 'jika didefinisikan’ dan # ifndef dapat dibaca: 'jika tidak didefinisikan’. Pengarah compiler ini sering digunakan untuk menandai bahwa suatu file sudah diikutsertakan dalam kompilasi.

Deklarasi Dan Definisi

Semua program C pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Selain pemanggilan fungsi, program C mengandung komponen lain yang disebut statement.

Baca Juga 

Statement C ada dua, yaitu : statement yang tidak dapat dieksekusi / non executable ( bila dikompilasi tidak menghasilkan kode objek dan biasanya digunakan untuk mengatur alur program), dan statement yang dapat dieksekusi / executable (bila dikompilasi akan menghasilkan kode objek).

Setiap pemanggilan fungsi maupun statement executable dalam C harus diakhiri dengan tanda titik koma (;). Perhatikan Contoh program C++:

#include <conio.h>
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
    char pesan [ ] = "Belajar Bahasa Pemrograman C++ Bersama BeHangat.Net" ;
    cout << pesan;
    getch();
    return 0 ;
}
Keluaran programnya adalah:
Belajar Bahasa Pemrograman C++ Bersama BeHangat.Net


Dalam contoh program C++ diatas, return merupakan contoh statement executable yang menginstruksikan agar suatu fungsi mengembalikan nilai balik tertentu.

Contoh statement non executable adalah: If, else, dan while. Main () merupakan contoh fungsi, sedangkan pesan adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan.

Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsi perlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan. Deklarasi fungsi sering disebut pula prototype fungsi

Demikian artikel ini tentang Struktur Bahasa C++ yang dapat Behangat berikan. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang - orang yang mengetahuinya dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata BeHangat.Net minta maaf. dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih Sudah mambaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser