Input Output Bahasa Pemrograman C++


BeHangat.Net, Input Output Bahasa Pemrograman C++ - Pada kesempatan ini BeHangat akan sedikit menjelaskan tentang Input dan Output Input : masukan dan Output :Keluaran.

Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.

Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya. Di ANSI C, operasi input dan output dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada di header file stdio.h. contohnya untuk input dan output ke layer monitor digunakan perintah seperti printf, scanf, putch, dan sebagainya. Instruksi input dan output ke file digunakan perintah seperti fread, fwrite, fputc, dan sebagainya.
Artikel Terkait
Bahasa C++ mempunyai teknik input dan output yang baru, yaitu: menggunakan stream. Header file untuk input dan output stream adalah iostream.h dan beberapa file lain, seperti strstrea.h, fstream.h, dan constrea.h.

Stream adalah suatu logika device (peralatan logika) yang menghasilkan dan menerima informasi atau sebagai tempat yang digunakan untuk menampung keluaran dan menampung aliran data. Stream adalah nama umum untuk menampung aliran data (contoh: file, keyboard, mouse), maupun untuk keluaran (contoh: layer, printer). Dalam bahasa C++, input berarti membaca dari stream dan output berarti menulis ke stream.

Bentuk umum operator output adalah sebagai berikut:
cout << ekspresi ;

Bentuk umum operator Input adalah sebagai berikut:
cin >> variable ;

Dalam C++, menggunakan escape sequences untuk merepresentasikan suatu karakter yang tidak terdapat dalam tradisional simbol. Beberapa diantaranya :
\ n : linefeed / baris baru
\ b : back space
\ " : petik ganda


contoh program versi ANSI C :
# include <stdio.h>
void main ( )
{
int x ;
printf ( "Masukkan sebuah bilangan : \n" ) ;
scanf ( " %d ", &x ) ;
printf ( "Bilangan yang dimasukkan adalah %d\n ", x ) ;
}
contoh program versi C++ :
# include <iostream.h> 
void main ( )
{
int x ;
cout << "Masukkan sebuah bilangan : " << endl ;
cin >> x ;
cout << "Bilangan yang dimasukkan adalah " << x << endl ;
}
contoh program input dan output pada C++:
# include <iostream.h>  
void main ( )
{
int a ;
cout << "masukkan suatu bilangan :" ;
cin >> a ;
cout << "nilai tersebut ditambah 1 = ' << a+1 ;
return 0 ;
}
Artikel Terkait
Demikian artikel ini tentang Input Output Bahasa Pemrograman C++ yang dapat Behangat berikan. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling mengerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang - orang yang mengetahuinya dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.
Artikel Terkait
Jika ada kesalahan kata BeHangat.Net minta maaf. dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih Sudah mambaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser