Element Bahasa Pemrograman

Ketika kita mempelajari suatu bahasa pemrograman, kita akan menjumpai element-element yang pada dasarnya serupa antara satu bahasa dengan bahasa yang lain. Hal itu dikarenakan element-element tersebut merupakan bagian dari tata bahasa pemrograman yang bersangkutan. Berikut adalah element-element pada bahasa pemrograman: Aturan Leksikal, Tipe data, Expression, Statement, serta Function dan Procedure.

Element Bahasa Pemrograman - BeHangat.Net
Element Bahasa Pemrograman


Aturan leksikal yaitu aturan yang digunakan dalam membentuk suatu
deklarasi, definisi, maupun statement hingga menjadi satu program yang utuh. Aturan ini meliputi beberapa element antara lain:
  1. Token
  2. Komentar
  3. Identifier
  4. Keywords (Reserved Words)
  5. Operator
Dibawah ini akan dibahas satu per satu element-element tersebut di
atas.

TOKEN

Token yaitu element terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler. Yang termasuk token antara lain: identifier, keywords(reserved words), operator, dan sebagainya. Token yang satu dengan yang lain dipisahkan dengan satu atau lebih spasi, tab, baris baru, atau komentar.

Komentar

Komentar yaitu teks (kumpulan karakter) yang diabaikan oleh Compiler. Komentar sangat berguna untuk memberi catatan mengenai bagian program tertentu sebagai referensi baik bagi programmer itu sendiri maupun orang lain yang membaca kode program tersebut.

Baca Juga

Pada bahasa Pascal, teks yang berada di antara kurung kurawal pembuka {dan kurung kurawal tutup } akan dianggap sebagai komentar. Selain itu, dapat pula menggunakan tanda (* sebagai pembuka komentar, dan tanda *) sebagai penutup. Perhatikan contoh program dibawah:

begin 
{ Cetak hello World Oleh Saya }
Writeln ('Hello World'); 
end.  


Pada bahasa C, teks yang berada di antara tanda /* dan tanda */ akan dianggap sebagai komentar. Dan untuk teks yang ada setelah tanda // juga akan dianggap komentar satu baris. Berikut adalah contoh penggunaan komentar pada bahasa C:

void main() { 

// Cetak hello World 

// Oleh Saya 

printf("Hello World");
 
}  


Identifier

Identifier merupakan kumpulan karakter yang digunakan sebagai penanda untuk nama variable, nama tipe data, fungsi, prosedur, dan sebagainya. Aturan penulisan identifier pada bahasa Pascal dan bahasa C dapat dikatakan serupa. Yaitu: suatu identifier harus diawali oleh karakter non angka sebagai berikut:

 _a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y 

z A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z  


Selanjutnya boleh menggunakan karakter angka ( 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 ) maupun karakter non angka tersebut di atas, namun tidak boleh menggunakan karakter khusus seperti + - * / ? ! { } [ ] dan sebagainya. Berikut adalah contoh-contoh identifier yang benar maupun salah.


_nama Benar
no_Telpon Benar
bilangan2 Benar
4data Salah, karena diawali oleh karakter angka: 4data
teks? Salah, karena mengandung karakter khusus/special: Teks?


Catatan yang perlu diingat, identifier pada bahasa Pascal bersifat case insensitive (huruf besar dan huruf kecil dianggap sama), sedangkan pada bahasa C, identifier bersifat case sensitive (huruf besar dan huruf kecil dibedakan). Sebagai contoh, identifier No_Telpon dan no_telpon pada bahasa Pascal dianggap sama, sedangkan pada bahasa C, dianggap sebagai dua identifier yang berbeda.


Keywords (Reserved Words)

Keywords atau Reserved words merupakan kata-kata yang telah ada/didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan. Kata-kata tersebut telah memiliki definisi yang sudah tetap dan tidak dapat diubah. Karena telah memiliki definisi tertentu, maka kata-kata ini tidak dapat digunakan sebagai identifier.Pada bahasa Pascal, yang termasuk reserved words antara lain:


and array asm begin case const div
do downto else end file for forward
function goto if in label mod nil
not of or packed procedure program record
repeat set string then to type unit
until uses var while with


Pada bahasa C, yang termasuk reserved words antara lain:


break case char const continue default do
double else enum float for goto if
inline int long return short signed sizeof
static struct switch type def union void
unsigned while

Demikian artikel tentang Element Bahasa Pemrograman yang dapat BeHangat berikan.

Jika anda masih ada yang kurang di mengerti maka silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini, kita diskusikan bareng agar saling mengerti dan memahami dan jangan lupa Share artikel ini agar semakain banyak orang yang tahu dan membacanya karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan Behangat.net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna bermanfaat. terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini di behangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser