Pemrograman Komputer

BeHangat.Net Pemrograman Komputer - Komputer sebuah mesin yang dirancang untuk mengikuti instruksi. Program komputer merupakan sebuah instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah atau tugas-tugas yang diberikan padanya.

Misalnya jika menggunakan komputer untuk menghitung pembayaran pada seorang pegawai maka langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Menampilkan pesan pada layar "berapa jam kamu bekerja?"
  2. Menunggu pengguna memasukandata jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputerakan memasukan data ke dalam memory.
  3. Menampilkan pesan pada layar "berapa besarnya gaji tiap jamnya?"
  4. Menunggu pengguna memasukan data per jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory
  5. Komputer melakukan perkalian antara jumlah jam dengan gaji perjam
  6. Komputer menampilkan hasil perhitungan gaji pegawai yang harus dibawa pulang.
Sekumpulan instruksi-instruksi tersebut diatas disebut dengan algoritma. Algoritma merupakan kumpulan instruksi yang terdefinisi langkah demi langkah secara baik dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah. Catatan langkah-langkah ini diurutkan secara sekensial.

Artikel Populer

Dalam algoritma langkah pertama harus dilakukan lebih dahulu sebelum langkah kedua dan seterusnya.

Langkah-langkah komputer tidak bisa terbalik. Pada langkah-langkah diatas, komputer diinstruksikan untuk menghitung besarnya gaji pegawai, untuk dapat bekerja maka langkah-langkah tersebut harus dikonversi bahasa yang bisa diproses oleh komputer, karena kenyataannya prosesor hanya dapat memproses instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin.

Prosesor hanya mengetahui penggunaan bilangan sebagai perintah yang harus dilakukan, oleh karena itu algoritma tersebut harus dikodekan menjadi bahasa mesin.

Penulisan bahasa mesin secara langsung akan sangat sulit dan membosankan. Supaya penulisan bahasa pemrograman komputer menjadi lebih mudah maka digunakan bahasa tingkat tinggi yang bahasanya sudah mendekati bahasa manusia.

Dengan bahasa inilah programer dapat menulis instruksiinstruksi yang akan dilakukan oleh komputer.

Pemrograman dengan menggunakan C++ misalnya akan menjadi lebih mudah dan C++ inilah yang akan mengkonversi bahasa program yang ditulis menjadi bahasa mesin.

Dibawah ini merupakan program sederhana yang ditulis dengan bahasa C++.
#include <conio.h>
#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{
double jam,besar,bayar;
cout <<"Berapa jam Kamu Bekerja?";
cin >>jam;
cout << "Berapa besar gaji tiap jamnya? ";
cin >> besar;
bayar = jam * besar;
cout << "Kamu mendapatkan Gaji (Rp)" << bayar << endl;
getch();
return 0;
}

Keluaran kode diatas adalah :

Berapa Jam Kamu bekerja? 10[Enter]
Berapa besar gaji tiap jamnya? 15000[enter]
Kamu mendapatkan Gaji (Rp)150000






Dengan bahasa pemrograan tersebut diatas, maka instruksi komputer dapat dibuat dengan mudah. Seperti program diatas yang digunakan untuk menghitung gaji pegawai, jika diminta memasukan data jumlah jam kerja kemudian di isi 10 dan memasukan gaji tiap jamnya 150000 maka komputer akan menghitung dengan mengalikan data tersebut sehingga data keluaran akan muncul 150000.

Demikianlah artikel tentang Pemrograman Komputer yang dapat BeHangat.Net berikan. Jika kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, kita diskusi bareng agar saling menerti dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser