CARA MENGEDIT DATA DELETE DAN COPY SPSS

Semua Ada BeHangat, CARA MENGEDIT DATA DELETE DAN COPY SPSS -  Pada Kesempatan kali ini BeHangati akan menjelaskan tentang SPSS lebih tepatnya " Cara Mengedit Data (Delete & Copy)". Bagi pembaca setia BeHangat yang ketinggalan dengan artikel sebelumnya " Cara Memasukkan data Entri " bisa dibaca terlebih dahulu agar tidak bingung saat memulai membaca atau belajar di artikel ini.

Di artikel ini Behangat akan membahas tentang:

  1. Menghapus Data Pada Sel Tertentu.
  2. Menghapus Data variabel.
  3. Menghapus Data Record.
  4. Menggandakan Data.

Untuk mengedit data biasanya dilakukan untuk menghapus (delete), Menggandakan (copy), atau memindahkan (remove) data atau sekelompok data.


Baca Juga :



Menghapus Data Pada Sel Tertentu

Untuk menghapus data pada sel tertentu di spss itu sangat mudah, misalnya ada data yang salah ketik dan ingin dihapus atau ingin diganti dengan data yang benar maka untuk melakukannya sebagai berikut :

Menghapus Data Pada Sel Tertentu

  1. Pilih SEL atau data yang akan di hapus dengan meng-kliknya. misalnya : ingin memilih sekelompok data sekaligus dengan cara mem-blok angka dari 36 sampai dengan 24.
  2. Tekan tombol hapus ( delete ) pada keyboard untuk menghapus data.

Menghapus Data Variabel


Untuk menghapus  data pada variabel di spss maka ikuti langkah berikut ini. Misalnya ada variabel yang salah di ketik dan ingin di hapus atau diganti dengan variabel lainnya.

Menghapus Data Variabel

  1. Pilih variabel yang ingin di hapus contohnya saja "Alamat" dengan cara mengklik
  2. Tekan tombol delete atau hapus untuk menghapus variabel tersebut.

Menghapus Data Record

Jika ingin menghapus data record sebagai contoh ada record yang salah ketik (di klik 2 kali) dan ingin dihapus atau digani dengan variabel lainnya maka lakukan langkah-langkahnya sebagai berikut:

Menghapus Data Record

  1. Pilih Record yang akan di hapus " contoh record 3 yang akan di hapus " dengan cara mengkliknya.
  2. Tekan tombol delete atau hapus untuk menghapus variabel tersebut.

Baca Juga :



Menggandakan Data

Untuk menggandakan data atau mengcopy data pada spss caranya mirip dengan prosedur meng-copy pada umumnya dalam perintah-perintah di komputer.

Untuk menggandakan data maka ikutilah langkah-langkah yang BeHangat berikat berikut ini:

 menggandakan data atau mengcopy data

  1. Dimulai dengan cara memilih data  atau sel yang akan di copy dengan cara meng-kliknya ( Pemilihan dapat dilakukan pada Sekelompok data, variabel, atau record )
  2. Kemudian pilih menu Edit -> Copy ( atau CTRL + C, pada keyboard ).
  3. Kemudian letakkan Kursor pada pada lokasi yang akan dicopykan.
  4. Kemudian pilih menu Edit -> Paste ( atau CTRL + V, Pada keyboard ).


Sebenarnya mudah untuk belajar SPSS jika kita mau berusah. untuk artikel selanjutnya di pembelajaran SPSS dari BeHangat akan membahasa tentang "Cara Menyimpan Data Di SPSS".

Cukup sekian yang BeHangat bagikan untuk kalian tentang "Cara Mengedit data "  Jika masih ada yang kurang di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah ada di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan atau share artikel ini agar semakin berguna dan semakin banyak orang-orang yang mengetahui cara mengedit data di spss dan semakin banyak orang yang membaca, karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan tulisan maka BeHangat minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat dan terimakasih sudah membaca dan sudah mampir ke Behangat. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.


Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser