Variabel dalam Visual Basic

Semua Ada BeHangat, Variabel dalam Visual Basic - Variabel digunakan untuk menyimpan nilai atau data yang dimiliki program aplikasi yang kita buat. Nilai yang ditampung atau disimpan oleh suatu variabel dapat berubah selama program berjalan. Misalnya kita bisa menyimpan nilai ujian mid di variabel A dan nilai ujian akhir di variabel B dan setiap mahasiswa nilainya pasti berbeda

Variabel dalam Visual Basic
Variabel dalam Visual Basic

Deklarasi Variabel

Deklarasi variabel harus diletakkan sebelum baris-baris perintah yang menggunakan variabel tersebut. Ada dua cara dalam pendeklarasian variabel, yaitu Deklarasi Eksplisit dan Deklarasi Implisit.

Baca Juga : Belajar MS Office dari awal sampai mahir

Deklarasi Eksplisit dilakukan dengan cara menuliskan sebuah kata kunci diikuti nama variabel serta tipe datanya. Aturan penulisan deklarasi variabel dengan cara eksplisit sbb :

<katakunci> <namavariabel> As <TipeData>


Kata Kunci Deklarasi variabel Secara Eksplisit
Kata Kunci Penggunaan
Static Berlaku pada level Prosedur
Dim Berlaku pada level Prosedur dan Modul
Private Berlaku pada level Modul atau Form
Public Berlaku pada level modul dan aplikasi
Global Berlaku pada level Modul dan Aplikasi

Contoh deklarasi variabel secara eksplisit adalah :

Dim Nama As String
Private Nilai As Integer
Static Jumlah As Integer
Public Alamat As Variant

Deklarasi Implisit dilakukan tanpa menggunakan kata kunci. Pada deklarasi implisit, sebuah variabel langsung digunakan disertai sebuah karakter khusus yang menandakan tipe data variabel tersebut.

Beberapa karakter untuk deklarasi Variabel Implisit
Tipe Data Karakter
Integer %
Long &
Single !
Double #
Currency @
String $

Contoh deklarasi secara implisit :
Judul$ = Belajar Visual Basic di BeHangat
Harga% = 100000

Baca Juga : Belajar SPSS untuk pemula dan lanjut

Sebaiknya setiap variabel yang digunakan dalam kode program dideklarasikan terlebih dahulu, agar alur jalannya program lebih terkontrol dan mudah dipahami.

Aturan Penamaan Variabel

Visual Basic 6.0 tidak memperhatikan penulisan huruf besar atau kecil. Variabel dengan nama Alamat akan dianggap sama dengan ALAMAT atau aLaMAt.

Beberapa aturan yang digunakan dalam penamaan variabel adalah sbb:
  • Harus unik, tidak boleh ada variabel dengan nama sama pada satu ruang lingkup yang sama.
  • Tidak boleh lebih dari 255 karakter, tetapi hanya 40 karakter pertama yang dianggap sebagai nama variabel. Karakter sisanya diabaikan.
  • Tidak boleh menggunakan spasi, tanda +,-,*,/,<,>,:,=,#,koma dll
  • Harus dimulai dari huruf, bukan angka atau karakter lainnya
  • Tidak boleh menggunakan reserved word milik Visual Basic 6.0
Baca Juga


Ruang Lingkup Variabel

Ada tiga level ruang lingkup variabel, yaitu : level lokal, level form/modul, dan level global.
  • Variabel level lokal adalah variabel yang hanya dikenali dan dapat digunakan dalam prosedur tempat variabel tersebut dideklarasikan. Prosedur di bagian lain tidak dapat mengkses variabel tersebut. Variabel ini dideklarasikan menggunakan perintah Dim, Private, dan Static.
  • Variabel dengan level form/modul dideklarasikan dibagian general declarations dalam jendela kode program form/modul. Nilai variabel ini dapat dikenali dan dipakai pada semua prosedur yang ada dalam form/modul tersebut. Deklarasi variabel ini juga menggunakan pernyataan Dim. Perbedaan dengan variabel lokal adalah tempat dekalrasi variabel tersebut. Contoh deklarasi variabel level form/modul :


  • Variabel level global (aplikasi) dideklarasikan di bagian general declarations dalam jendela kode program form/modul menggunakan pernyataan Public atau Global. Variabel ini dapat dipanggil dan dipakai oleh semua form/modul dalam program aplikasi yang kita buat, dan juga dapat dipanggil dan dipakai oleh seluruh prosedur yang ada dalam form/modul tersebut. Contoh deklarasi variabel level global adalah sbb:

Baca Juga : Cara Mudah Kompres dan Ekstrak File Dari HP Android

Itulah artikel tentang Variabel dalam Visual Basic, jika kalian ada yang kurang di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah ada (dibawah) dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu. Jika ada kesalahan kata BeHangat minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir ke Behangat. sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser