MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Semua Ada BeHangat, MEMASUKKAN (ENTRY) DATA - Hay para pembaca setia BeHangat, sudah lama BeHangat tidak memberikan materi atau artikel tentang SPSS. Kali ini BeHangat akan melanjutkan dari materi sebelumnya yaitu Jendela SPSS. di artikel kali ini behanat akan menjelaskan dengan gamplang tentang bagaimana cara memasukan data entri:
  1. PEMBERIAN NAMA, TYPE, dan LABEL VARIABEL
  2. PEMBERIAN KODE VALUE LABELS
  3. MEMASUKKAN DATA

Apabila anda belum punya data SPSS (masih mulai dari awal untuk memasukkan data), maka jendela data yang muncul masih kosong. Untuk memulainya, anda dapat membuka jendela Variabel Vew terlebih dahulu dengan cara meng-klik-nya, selanjutnya mulailah membuat variabel yang dibutuhkan dengan cara mengetik nama variabel yang diinginkan.

Baca Juga : Belajar MS Office

Setelah proses pembuatan varaibel selesai, selanjutnya buka jendela Data Vew dan masukkan datanya. Sebagai latihan gunakan contoh data berikut:

MEMASUKKAN (ENTRY) DATA
Contoh


PEMBERIAN NAMA, TYPE, dan LABEL VARIABEL

Untuk dapa memasukkan data di atas kedalam program SPSS, maka terlebih dahulu anda harus membuat mendefinisikan dan membuat VARIABEL atau FIELD pada jendela Data Editor → Variable View.

Bukalah jendela Data Editor, kemudian klik Variabel View, kemudian ketik nama variabel sbb:

variabel NOMOR

Pada kolom Name baris pertama, ketiklah nomor kemudian tekan enter. Biarkan Type-nya Numerik karena pada variabel NOMOR data yang ingin dimasukkan adalah berbentuk angka. Kemudian kolom Label ketik kalimat berikut Jenis Kelamin Responden.

variabel NAMA

Pada kolom Name baris kedua, ketiklah nama kemudian tekan enter. Type-nya ganti dengan String karena pada variabel NAMA data yang ingin dimasukkan adalah berbentuk huruf. Kemudian kolom label ketik kalimat berikut Nama Responden.

Baca Juga :



Cara mengganti type dari Numerik menjadi String adalah dengan mengklik bagian akhir dari Numerik, sehingga muncul menu Variabel Type sebagai berikut:

MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Klik dibagian yang BeHangat beri tanda panah, untuk merubah type variabel, seperti pada gambar di bawah ini
MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Gantilah Numerik dengan mengklik String, kemudian klik OK, maka hasilnya akan keluar seperti gambar di bawah ini:

MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Karena nama responden membutuhkan ruang yang cukup luas, misalnya anda ingin mengetik nama responden sampai 20 karakter, maka silakan ganti With dari 8 menjadi 20, dengan cara klik angka 8 tersebut dan ganti dengan mengetik angka 20.

PEMBERIAN KODE VALUE LABELS

Penting untuk diingat pada data kategorik atau kualitatif (kelamin, pendidikan, pekerjaan, dll) data yang dimasukkan ke komputer (entry) biasanya untuk efisiensi maka data tersebut dirobah kedalam bentuk kode angka (1=laki, 2=Perempuan). Supaya pada saat analysis data tidak terjadi kebingungan, sebaiknya kode tersebut diberi label, dengan langkah sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Hacker Marajai Dunia

variabel KELAMIN

Pada kolom name baris ketiga, ketiklah Kelamin kemudian tekan enter. Type-nya biarkan numerik karena pada variabel KELAMIN data yang ingin dimasukkan adalah berbentuk angka 1 atau 2. Kemudian kolom label ketik Jenis Kelamin Responden.

Untuk membuat value label bahwa kode 1 adalah Laki-laki dan kode 2 adalah Perempuan, maka klik kolom Values dan isi sebagai berikut:
  1. Pada kotak Value isi dengan angka 1
  2. Pada kotak Value Label ketik Laki Laki
  3. Kemudian klik Add. Sehingga muncul 1=Laki-laki pada kotak bawah.
MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Baca Juga : Cepatnya Perkembangan Technology Masa Kini

Ulangi prosedur tersebut untuk kode 2=Perempuan,
  1. Pada kotak Value isi dengan angka 2
  2. Pada kotak Value Label ketik Perempuan
  3. Kemudian klik Add. Sehingga muncul 2=Perempuan pada kotak bawah. Setelah selesai klik OK.
MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Baca Juga : Belajar SEO dari para ahlinya

variabel UMUR

Pada kolom Name baris keempat, ketiklah umur kemudian tekan enter. Type-nya biarkan numerik. Jika angka desimal tidak diperlukan, rubahlah Decimals pada kolom ke tiga, sehingga isinya menjadi angka 0 (nol).

MEMASUKKAN DATA

Bukalah Data View dengan cara mengkliknya, Kemudian ketik data berikut, seperti data contoh latihan entry data:

MEMASUKKAN (ENTRY) DATA

Baca Juga : Belajar Membuat Aplikasi Desktop

Itulah artikel tentang MEMASUKKAN (ENTRY) DATA, jika kalian ada yang kurang di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah ada (dibawah) dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu. Jika ada kesalahan kata BeHangat minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir ke Behangat. sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser