Cara Perbaikan Huruf, Angka ataupun Teks/Kalimat di MS Word

Semua ada BeHangat, Editing/Perbaikan Huruf, Angka ataupun Teks/Kalimat - artikel ini untuk anda yang sedang belajar MS OFFICE lebih tepatnya Microsoft Word, di artikel ini akan membahas tentang:
  1. Memindahkan Huruf, Kata ataupun Teks/Kalimat
  2. Menyisipkan/insert Huruf, Kata ataupun Teks
  3. Menghapus/Delete Kata atau Teks
  4. Memindahkan Kata/Teks (Moving)
  5. Memilih Teks dengan Mouse
  6. Memindahkan Teks dengan Cut dan Paste
  7. Mengcopy Teks dengan Copy dan Paste
  8. Memodifikasi Huruf/Karakter/Font pada Teks/Kalimat
  9. Memodifikasi Ukuran Font

Memindahkan Huruf, Kata ataupun Teks/Kalimat

Bila akan mengganti huruf atau kata, maka letakkan kursor pada hurufatau kata tersebut, lalu perhatikan pada status bar yang terletak paling bawah layar yaitu OVR harus terang atau nyala,dengan cara klik ganda pada OVR tersebut tekan tombol Insert/INS

Setelah itu tindihkan atau timpa huruf atau kata ataupun teks yang dikehendaki untuk diperbaiki atau diubah.

Menyisipkan/insert Huruf, Kata ataupun Teks

Bila akan menyisipkan huruf, kata ataupun teks, perhatikan pada status bar yang terletak pada paling bawah layar yaitu OVR harus mati/off, dengan cara klik ganda pada OVR tersebut atau tekan tombol Insert/INS

Setelah itu ketikan huruf, kata atau teks yang akan dikehendaki

Menghapus/Delete Kata atau Teks

Untuk menghapus satu kata untuk menghapus maka pilihlah kata tersebut dengan mengguakan tombol mouse yaitu klik pada kata tersebutkemudian sorot atau tarik kata tersebut dan tekan tombol space/enter atau Delete (Bila menekan tombol Delete/Del ada respon/muncul pernyataan Delete Black ? No (Yes) maka ketik Y, bila ingin dihapus) atau tanpa respon.

Menghapus satu baris teks, bawa mouse ke sebelah kiri teks (teks yang akan dihapus) lalu klik tombol mouse, kemudian tekan tombol DEL/ Delete dan bila ada respon maka jawab Y atau langsung tanpa ada respon.

Baca Juga : Cara Memindahkan Kursor di MS Word dengan Jitu

Menghapus beberapa baris teks, bawa mouse pada awal teks yang akan dihapus klik lalu sorot sampai baris teks yang dikendaki, kemudian tekan tombol Delet/DEL dan apabila ada respon maka jawab Y atau langsung tanpa ada respon

Memilih Teks dengan Mouse

Memindahkan kata. untuk memindahkan kata yang akan dipilih dengan cara klik kata tersebut, pilih menu edit (Klik menu edit), lalu klik sub menu Cut, kemudian pindahkan kursor/pointer pada tempat yang diinginkan,pilih menu edit lagi kemudian pilih sub menu paste. Atau sorot kata tersebut, arahkan mouse bawah kanan, klik drag/seret ke tempat tujuan.

Baca Juga : Cara Mendapat VPN Gratis dengan Kuota 50GB!

Memindahkan teks, pilih teks yang akan dipindahkan dengan cara klik teks tersebut, pilih menu Edit (klik menu Edit), lalu Klik sub menu Cut, kemudian pindahkan kursor/pointer pada tempat yang diinginkan, pilih menu Edit lagi kemudian pilih sub menu paste. Atau sorot teks tersebut, arahkan mouse bawah kanan, klik drag atau seret.

Memilih Teks dengan Mouse

untuk memilih teks dengan mouse yang perlu diperhatikan diantaranya adalah Sebelum melakukan modifikasi apapun terhadap teks, maka harus memilihnya terlebuh dahulu objek tersebut. Langakah ini akan menginformasikan terhadap Word, Objek mana yang akan diubah atau yang akan dimodifikasikan dan objekmana yang tidak dirubah atau dimodivikasi. Dengan demikian teks yang akan dimodivikasi tersorot atau terblok dan tidak akan keliru dengan teks yang tidak diubah atau dimodifikasi.

Perintah - perintah untuk memilih teks dengan mouse

  1. Memilih sebuah kata, Klik ganda kata tersebut
  2. Memilih satu baris teks, Klik pada ruang kosong disebelah kiri baris tersebut.
  3. Memilih beberapa baris teks, Klik pada ruang kosong disebelah kiri baris tersebut, kemudian bawa ke bawah atau atas sesuai jumplah baris yang dikendaki.
  4. Memilih sebuah kalimat, tekan CTRL dan klik pada kalimat tersebut.
  5. Memilih sebuah paragraf, Klik ganda pada ruang kosongdisebuah kiri paragraf tersebut atau triple-klik pada paragraf yang bersangkutan.
  6. Memilih seluruh dokumen, tripel klik pada ruang kosong di sebelah kiri dokumen tersebut.

Membuat pilihan teks

untuk membuat pilihan teks maka dengan cara klik di luar teks yang dipilih atau klik pada tempat yang kosong.

Menghapus teks dengan mouse

untuk menghapus teks mengunakan mouse maka berikut ini caranya, Pilih Karakter, Kata, Baris, Paragraf atau seluruh teks yang akan dihapus dan tekan tombol DEL atau Delete atau Backspace atauTab atau Spacebar atau Enter.

Memindahkan Teka dengan Cut dan Paste

  1. Pilih objek (teks), yang akan dipilih.
  2. Klik menu Edit, kemudian klik sub menu Cut atau langsung Klik icon Cut.
  3. Klik dimana lokasi teks akan dipilih.
  4. Klik menuEdit, kemudian klik sub menu paste.

Memodifikasi Huruf/karakter/Font pada teks/kalimat

Untuk mengubah setting huruf/font dapat melalui menu formating atau melalui menu Toolbar, perhatikan huruf, kata, kalimat, paragraf ataupun teks perlu disorot/blok, sehingga tida menimbulkan kesalahan mana yang akan diubah.

Adapun langkah -langkahnya untuk mengubah font atau huruf :
  • Pastikan dulu teks yang dimodifikasi barada pada halaman tersebut.
  • Pilih teks yang akan dimodifikasi.
  • Klik menu Format.
  • Kemudian klik sub menuFont maka akan muncul dialog box font.
  • Perhatikan pada dialog box font tersebut.
  • dalam teks/list box font, yaitu akan muncul beberapa pilihan Font, tentukan font yang akan dikendaki, huruf, font style, warna dan effek huruf yang dipilih.
  • Setelah itu klik OK
Dengan cara sepintas yaitu memanfaatkan pada menu Formatting, langsung memilih Font dari list box pada menu Formating toolbar.

Memodifikasi Ukuran font

Cara Perbaikan Huruf, Angka ataupun Teks/Kalimat di MS Word
Memodifikasi ukuran Font
  • Pastikan teks telah berada pada halaman yang akan dimodifikasi.
  • Pilih Teks yang akan dimodifikasi.
  • Kemudian klik menu format, lalu klik menu font maka akan muncul dialog box font.
  • Perhatikan dalam teks atau list box size, disitu akan muncul ukuran - ukuran font lalu tentukan ukuranya.
  • Bla ukuran sudah sesuai dengan keinginan, klik OK
Atau dapat juga langsung memilih ukuran font dari list box font size pada formating toolbar.

Baca Juga : Belajar Database di Microsoft Excel (Subtotals, Filters, Pivot Table)

Demikianlah artikel yang BeHangat berikan pada hari senin ini tentang Cara Perbaikan Huruf, Angka ataupun Teks/Kalimat di MS Word. semoga berguna bagi anda yang sudah membaca. jika ada pertanyaan yang sekiranya belum paham tentang apa yang sudah behangat sampaikan maka silahkan memberikan pertanyaan di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah, Insya'allah akan BeHangat jelaskan sampai kalian pahan. dan silahkan di bagikan jika sekiranya ini memberikan manfaat bagi anda dan bagi kalian semua, di Share Menggunakan Akun Sosial Media Kesayangan Anda Terimakasih.

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser