Sistem Kerja Komputer

Semua Ada BeHangat, Sistem Kerja Komputer - Sistem Kerja Komputer Komputer yang merupakan mesin penghitung sekarang ini mesin tersebut banyak dipakai untuk pemroses data. Fungsinya sangat sederhana yaitu digunakan untuk memproses data, kemudian hasil prosesnya diselesaikan secara elektronis didalam Central Processing Unit (CPU) dan komponen lainnya yang menyusun sebuah komputer personal.

Suatu sinyal yang dikirimkan dari suatu pemancar (transmitter) ke penerima (receiver) untuk berkomunikasi adalah berupa data.

Baca Juga : Mengenal Perangkat Keras Yang Ada di Komputer

Data-data yang biasa dijumpai sehari-hari memiliki banyak bentuk, antara lain: suara, huruf, angka, dan karakter lain (tulisan tangan atau dicetak), foto, gambar, film dan lain sebagainya. Suatu sistem yang dapat memproses nilai yang kontinyu berbanding terhadap waktu dinamakan sistem analog. Pada sistem analog, nilainya biasa diwakili oleh tegangan, arus dan kecepatan. Berikut ini adalah gambar grafik nilai tegangan analog terhadap waktu.
Grafik Nilai Tegangan Analog Terhadap Waktu
Grafik Nilai Tegangan Analog Terhadap Waktu
Sistem yang memproses nilai diskrit (langkah demi langkah) dinamakan digital. Pada sistem digital untuk menunjukan suatu nilai digunakan simbul yang dinamakan digit. Sinyal pada di atas dapat didigitalkan dengan menggunakan Analog to Digital Converter (ADC). ADC menggunakan sinyal kontinyu menjadi sinyal diskrit dengan menyamplingnya tiap detik atau tiap satuan waktu. Perhatikan gambar di wabah ini :
Sinyal Diskrit Dengan Menyamlingan Tiap Detik
Sinyal Diskrit Dengan Menyamlingan Tiap Detik
Komputer adalah sebuah perangkat elektronik. Data yang dapat diolah adalah data yang direpresentasikan oleh sinyal listrik. Sinyal yang digunakan biasa dianalogikan dengan saklar listrik, yang tombol OFF atau mati dan ON atau Hidup/Nyala. Jika saklar dalam kondisi OFF, maka komputer membaca sebagai data 0, dan jika saklar dalam kondisi ON, maka komputer membaca dalam angka 1. Perhatikan gambar di bawah ini =
Saklar Dalam Kondisi ON dan OFF
Saklar Dalam Kondisi ON dan OFF
Sebuah komputer terdiri dari saklar-saklar yang banyak jumlahnya saklar-saklar ini menggunakan komponen elektronik berupa transistor. Jumlah transistor yang digunakan bisa sampai tujuan, sehingga dapat memproses data dari jutaan angka 0 dan 1.

Setiap angka 0 dan 1 bisa disebut BIT. BIT adalah singkatan dari Binary Digit. Kata Binary diambil dari nama Sistem Bilangan Biner (Binary Number Sistem). Tabel dibawah ini menunjukan tentang bit:
Bilangan Biner dengan Besar BIT Data
01 bit
11 bit
01104 bit
100111018 bit
Sistem bilangan biner disusun dari angka-angka, Sama seperti sistem bilangan Desimal (Sistem bilangan 10) yang sering digunakan saat ini. Tapi untuk desimal menggunakan angka 0 sampai 9, sistem bilangan binar hanya menggunakan 0 dan 1.

Penggolahan data yang sering digunakan saat ini adalah pengolahan kata (word processing) ketika melakukan suatu pengelolahan kata, komputer bekerja dengan keyboard. Ada 101 tombol yang mewakili karakter alphabet A,B,C dan seterusnya. Selain itu juga akan ditemui karakter angka 0 sampai dengan 9, dan karakter-karakter lain yang diperlukan, antara lain: , . - ; ( ) : _ ? ! " # * % & .

Baca Juga 



Seluruh karakter yang ada pada keyboard harus didigitalkan. Karakter-karakter tersebut diwakili oleh angka-angka 0 dan 1. Bit yang digunakan adalah 8 bit biner. 8 bit biner dinamakan Byte.

Pada sistem bilangan biner, banyaknya kombinasi dihitung dengan 2n ≤ m, dimana n adalah jumlah bit, m adalah kombinasi yang dapat diwakili, sehingga pada 8 bit biner, dapat mewakili 28 =256 kombinasi maksimal.

Ketika mengetik kata digital simbol yang digunakan adalah 6 huruf, saat komputer mengolahnya, 6 huruf tersebut didigitalkan menjadi 6 bytes, yang kemudian disimpan pada RAM komputer saat mengetik, dan kemudian disimpan pada harddisk, jika disimpan. Tabel seperti dibawah menunjukkan perbandingan ukuran unit data.

Perbandingan Ukuran Unit Data
UNIT DEFINISI BYTE BIT CONTOH APLIKASI
Bit (b) Binary Digit, 0 dan 1 1 1 ON/OFF
Byte (B) 8 bit 1 8 Kode ASCII
Kilobyte (KB) 1.024 byte 1000 8000 Ukuran email bisa 2 KB
10 halaman dokumen = 10 KB
Megabyte (MB) 1.024 kilobyte
1.048.576 byte
1 Juta 8 Juta Floopy disks =1,44 MB
CDROM = 650 MB
Gigabyte (GB) 1.024 megabyte
1.073.741.824 byte
1 milyar 8 milyar Hard Drive = 40 GB
Terrabyte (TB) 1.024 gigabyte 1 trilyun 8 trilyun Data yang didapat dikirim pada fiber optik selama 1 detik

Demikianlah informasi yang dapat BeHangat sampaikan untuk Sistem Kerja Komputer, Semoga berguna dan apakah menurut anda artikel ini bermanfaat ?? Silahkan Share Menggunakan Akun Sosial Media Kesayangan Anda Terimakasih.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser