Solusi Jitu Atasi HP Android Panas

Semua Ada (BeHangat)Solusi Jitu Atasi HP Android Panas - Mungkin ini yang sering dirasakan bagi pengguna smartphone android, smartphone android yang di kunakan bertambah suhunya baik itu saat di gunakan maupun tidak sedang digunakan. Biasanya pada sat kondisi tertentu entah itu sat bermain game, di chars, ataupun saat melakukan telepon dan lain sebagainya.

Tidak sedikit pengguna smartphone android mengeluh soal itu, sebenarnya Ini bukan disebabkan oleh jeleknya kualitas smartphone, namun oleh aktifitas kerja handphone itu sendiri. Bahkan smartphone mahal sekelas samsung galaxy S5 ataupun S6 misalnya, banyak juga pengguna yang mengeluhkan mengalami panas yang berlebih.

Smartphone Cepat Panas ini adalah perilaku normal, dan sesuatu yang terjadi pada hampir setiap ponsel, baik dengan sistem operasi Android, Iphone ataupun Windows. Panas ini berasal dari baterai ponsel, yang biasanya memanas ketika melakukan aktivitas terus menerus pada smartphone yang menyebabkan daya handphone digunakan lebih cepat dari biasanya. Seperti misalnya ketika melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video, dan aktivitas lainnya.

Baca Juga :


Jika ponsel begitu panas dan energi baterai turun secara drastis, itu berarti baterai rusak. Tapi jika tidak, masalahnya  hanyalah telepon yang panas dan tidak nyaman untuk digunakan. Dan jika baterai panas, itu berarti baterai terkuras dengan cepat yang tidak normal dan itu akan berdampak buruk pada baterai.

Sebenarnya berasal dari perangkat manakah panas dari ponsel tersebut?

Perlu diketahui, bahwa sumber panas itu utamanya berasal dari baterai smartphone. Baterai menjadi panas terjadi karena aktifitas ponsel yang terus digunakan. Sebab, dengan pemakaian ponsel seperti itu, membutuhkan daya ponsel yang lebih cepat dan lebih banyak dari biasanya.

Berikut Aktifitas-aktifitas yang memicu terjadinya panas pada smartphone android diantaraya :

  1. panggilan telepon, streaming atau menonton video, 
  2. penggunaan GPS, 
  3. membuka pemutaran musik dibarengi dengan aplikasi lainnya, dan lain sebagainya. 
Jika aktifitas tersebut dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang-ulang dalam durasi yang sebentar, maka panas di smartphone Android pun tidak bisa dihindari.

Selain baterai, penyebab handphone cepat panas juga disebabkan oleh tidak optimalnya kerja perangkat lain. Perangkat tersebut diantaranya RAM, CPU dan perangkat keras lainnya. Namun, hal ini tentu berkaitan erat dengan kualitas handphone itu sendiri. Biasanya smartphone dengan spesifikasi rendah cenderung lebih cepat panas jika sumber panasnya berada pada perangkat keras yang sudah disebutkan tadi.

Solusi Jitu Atasi HP Android Panas

Solusi Jitu Atasi HP Android Panas
Solusi Jitu Atasi HP Android Panas

Hindari menggunakan HP saat sedang diisi/ dicharge

Inilah salah satu yang sering dilakukan para pengguna smartphone android, Sebenarnya saat smartphone  diisi atau dicharge jangan di gunakan baik itu untuk membalas sms, telephon, bermain game ataupun hal -hal yang lain. jika aktifitas ini sering dilakukan, maka  akan merusak batrai handphone android. selain menyebabkan smartphone jadi panas juga bisa menyebabkan batrai melembung bahkan halburuknya bisa meledak.

Ganti Batrai

Sebagai mana yang sudah Behangat jelaskan diatas, jika batrai sudah rusak sebaiknya batrai di ganti yang baru. jika tidak maka smartphone  bisa - bisa batrai bisa turun drastis, mati mendadak, jika itu dibiarkan maka smartphone  bisa ikut rusak lebih parah lagi.

Unistal aplikasi yang tidak perlu

aplikasi yang banyak membuat kinerja smartphone  lebih berat, dan menyebabkan smartphone makin panas, sebaiknya hapus atau matikan apliksi yang tidak perlu, yang tidak begitu penting.

Kadang-kadang, ada aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata berjalan tidak normal dari yang seharusnya. Ini tentu akan menyebabkan kerja baterai yang tidak normal dan akan menyebabkan panas.

Untuk mengatasinya, bisa memantau kerja aplikasi melalui task manager bawaan android ataupun menggunakan aplikasi seperti misalnya Watchdog yang akan membantu sobat melacak gejala ini pada Android. Jadi kalau smartphone cepat panas dan tidak mengetahui penyebabnya, mungkin aplikasi tersebut bisa memberikan petunjuk.

5. Hindari overclock handphone

Overclock adalah suatu cara meningkatkan kinerja handphone lebih cepat dari biasanya atau lebih dari standarnya. Hal ini patut dihindari karena lebih banyak menggerus penggunaan baterai, sehingga panas pun tidak bisa dihindari. Jika kondisi ini terlanjur terjadi pada ponsel, segera lakukan SetCPU untuk menanggulangi hal tersebut jika tiba-tiba nanti smartphone terasa panas.

8. Istirahatkan ponsel

smartphone juga butuh istirahat, jjika tidak istirahat maka akan panas dan jika di biarkan maka smartphone  akan rusak. Ini semacam jalan terakhir namun juga yang termudah dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Uniknya, memang efektif meredam panas. Caranya adalah, matikan ponsel, lepas casing belakang handphone dan juga baterai. Tunggu sampai benar-benar dingin dan barulah dirakit kembali dan menghidupkannya lagi.

Ini cara paling jitu agar lebih cepat dingin yaitu smartphone di masukan kedalam pelastik es dan di masukan  kedalam kulkas tunggu beberapa menit atau jam maka smartphone sudah dingin dan bisa digunakan lagi

Itulah Solusi Jitu Atasi HP Android Panas, Semoga berguna dan apakah menurut anda artikel ini bermanfaat ?? Silahkan Share Menggunakan Akun Sosial Media Kesayangan Anda Terimakasih.

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser