Cara Jitu Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic di Blog dan Website

Semua Ada (BeHangat), Cara Jitu Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic di Blog dan Website - Salah satu kesuksesan blog adalah jumlah pengunjung/visitors yang banyak setiap hari, setiap bulan,dan juga setiap tahun yang berkunjung ke blognya. Apalagi jika jumplah visitors blog setiap hari mengalami kenaikan secara signifikan. Lebih - lebih jika pengunjung ini datang darilalulintas yang benar, maksutnya lalulintas yang benar itu pengunjung ini datang dan diarahkan langsung oleh mesin pencari seperti google. yahoo, dll.

Alasan utama para blogger mencari penggunjung yang banya itu semata - mata agar blog bisa menghasilkan pundi - pundi uang yang berlimpah akan semakin terbuka lebar. Untuk mendapatkan pengunjung atau visitors yang banyak itu bukan perkara yang mudah penuh perjuangan yang extra juga dari pemilik blog atau situs. Isi blog harus menarik dan selalu uptodate.

Salah satu cara yang banyak dilakukan para blogger adalah melalui optimasi seo baik itu optimasi seo onpage ataupun melalui optimasi seo offpage,dengan seo maka blog akan lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung yang organik, baik dan berkualitas

Cara Jitu Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic di Blog dan Website
Cara Jitu Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic di Blog dan Website
Jika blog yang bersangkutan memiliki pengunjung yang banyak dan didukung oleh konten yang berkualitas, maka hal inipun akan mendongkrat page views (PV) dari blog tersebut. Dengan begitu, untuk dapat menjadikan blog agar mendapatkan penghasilan, sudah sangat terbuka lebar. Namun, untuk mendatangkan pengunjung murni ini tidak semudah yang dibayangkan. Seorang blogger harus berusaha semaksimal mungkin untuk mempromosikan blognya agar dapat dikenali oleh banyak orang dan juga mesin pencarian, seperti Google. Untuk itu, perlu adanya perlakuan memotivasi diri agar hal ini dapat secara kontinuitas dilakukan.

Baca Juga :


Salah satu cara memotivasi diri ialah dengan memonitoring pengunjung atau visitors yang berkunjung ke blog. Disamping itu, memonitoring pengunjung juga bertujuan untuk melihat perkembangan terhadap segala optimasi SEO yang telah kita terapkan di blog, melihat backlink blog, melihat konten mana yang populer di blog, melihat kuantitas keyword yang diarahkan ke blog, dan lain sebagainya.

Pengunjung Blog Page View (PV) Unique Visitor

Sebelum kita melihat jumlah pengunjung atau visitors sebaiknya kita harus tau dulu perbedaan antara visitor, page view dan unique visitor agar tidak keliru untuk di kemudian hari.

Pengunjung Blog Page View (PV) Unique Visitor
Pengunjung Blog Page View (PV) Unique Visitor

Mungkin bagi sebagian orang istilah visitor, Page View, dan Unique Visitor sudah tidak asing lagi didengar, namun masih saja ada yang salah paham dalam membedakan ketiga istilah tersebut untuk itu saya ingin memaparkan sedikit apa yang dimaksud dengan Visitor, Page view dan juga Unique Visitor

Visitor

Visitor adalah seseorang yang mengunjungi situs anda, meskipun dia telah membuka beberapa halaman dalam sekali kunjungan, ia tetap dikatakan 1 visitor. Jadi intinya visitor ini adalah seseorang yang mengakses blog anda. Terkadang sering kita melihat lonjakan PageView yang sangat tinggi di dashboard Blogger, namun sewaktu di cek melalui Google Analytics dan Histats visitor tersebut tidak terhitung. Itu dapat dikatakan sebagai BOT (Robot) yang sedang menjelajahi blog kita. Jenis jenis bot ada banyak seperti google bot yang bertugas untuk menelusuri blog anda agar didata dan di index pada mesin pencari google. Ada juga jenis bot yang memang sangat merugikan, yakni bot auto visitor atau para blogger sering menyebutnya dengan jingling

Page View (PV)

Page view sering juga disebut dengan PV merupakan jumlah halaman dari blog anda yang dibuka, baik oleh visitor human maupun visitor bot. Jika seorang Visitor (human) membuka halaman dari website anda sebanyak 5 kali, maka PageView nya adalah 5. Juga berlaku saat visitor (Human) merefresh (reload) di halaman anda, maka sudah terhitung sebanyak 2 kali tayangan, pertama saat membuka dan kedua saat mereload

Jika anda melihat pada dashboard blogger di tab Statistik, itu hanyalah tampilan Page View (PV) dari blog anda, jika ada blog memiliki statistik banyak, tapi belum tentu memiliki hitungan visitor yang banyak pula

Unique Visitor (UV)

Unique Visitor atau UV adalah Visitor unik dalam sebuah blog, lalu bagaimana cara mengetahui bahwa visitor tersebut unik ? Biasanya unique visitor dihitung dengan menggunakan IP si pengguna, jika IP si pengguna datang beberapa kali dalam sehari, bisa dikatakan si pengguna (visitor) adalah Unique Visitor

Apakah Setiap Visitor termasuk dengan Unique Visitor ?

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa jika visitor ini hanya datang sekali dan tidak kembali lagi, maka dia termasuk visitor saja, sedangkan jika dia kembali atau membuka halaman lain dari blog anda, dia bisa dikatakan Unique Visitor (UV)

Baca Juga : Cara Memasang Iklan Google AdSense (GA) Berada Di Tengah Postingan

Ok. sekarang kalian sudah tau kan apa itu visitor, pv, dan uv. sekarang mari kaita lanjutkan ke pembahasan utama lagi. Sebetulnya untuk khusus pengguna platform blogger sudah disediakan menu tersendiri untuk melihat statistik, baik jumlah pengunjung dan lainnya yang terjadi di blog. Namun, selain itu, kita juga dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga, seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Melihat jumlah pengunjung blog menggunakan Google Analytics

Google Analytics adalah situs resmi milik Google. Dengan Google Analytics anda akan melihat visitor atau pengunjung secara Real-Time. Tidak cukup sampai disitu, anda juga dapat melihat dengan keyword apa saja visitor bisa sampai mengunjungi blog/situs. Jika dibandingkan dengan situs yang sama, maka Google Analitycs inilah yang paling komplit

Agar anda bisa mengetahui jumlah pengunjung atau visitor blog, terlebih dahulu anda harus membuat akun dengan menghubungkan akun Google anda (email gmail) dengan Google Analytics. Masukkan blog anda, setelah itu anda akan diminta untuk memasang script di HTML template (berlakun untuk semua jenis platform), atau memasang kode unik di menu blog anda (khusus untuk platform blogger). Dengan cara, masuk ke blogger > pilih blog > klik Setelan > Lainna > masukkan kode unik tersebut pada kolom Google Analytics > Simpan setelan.

Situs: https://www.google.com/analytics/

Melihat jumlah pengunjung blog menggunakan Histats

Selain Google Analytics, Histats juga disinyalir menjadi tools gratis terbaik untuk melihat statistik blog atau website. Histats juga memberitahukan pengunjung (visitors) dan page views blog secara real time. Untuk kelengkapan fitur keduanya memang tidak jauh berbeda. Hanya tampilannya saja yang mungkin terlihat tidak sama. Keduanya, memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Histats merupakan tools gratus untuk melihat pengunjung, jumlah tayang, dan lainnya cukup lengkap. Untuk dapat menggunakan tools ini terlebih dahulu anda harus membuat akun Histats. Setelah itu, menambahkan blog dan kemudian memasang script widget ke blog.

Baca Juga : Etika Memberikan Komentar di Blog

Untuk pilihan widget ini ada bermacam-macam. Anda cukup memilih salah satu saja (atau yang diperlukan) dari beberapa widget yang ditawarkan. Widget tersebut seperti view counter atau tracking code Histats lainnya. Untuk itu, kunjungi website Histats sekarang juga.

Website: http://histats.com/

Melihat jumlah pengunjung blog menggunakan Statshow

Statshow memang tak selengkap kedua tools yang telah dibahas sebelumnya. Bahkan penyajian informasi statistik blog pun tidak secala langsung. Untuk pengindeksian terkait jumlah pengunjung dan pageviews dari blog tertentu, kemungkinan diupdate setiap 3 bulan sekali.

Namun website ini menjadi salah satu web alternatif untuk melihat jumlah pengunjung atau jumlah page views suatu blog, baik blog anda sendiri atau pun blog orang lain. Selain itu, data lain yang ditampilkan ialah estimasi penghasilan dari iklan yang ditampilkan dari blog yang bersangkutan.

Website:http://www.statshow.com/

Itulah Cara Jitu Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic di Blog dan Website,Semoga berguna dan apakah menurut anda artikel ini bermanfaat ?? Silahkan Share Menggunakan Akun Sosial Media Kesayangan Anda Terimakasih.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser