Cara Install Sublime Text 3 dan Cara Penggunaannya

BeHangat.Net, Cara Install Sublime Text 3 dan Cara Penggunaannya - Sublime Text adalah text editor dengan tampilan yang nyaman dan dilengkapi berbagai PLUGIN untuk mempercepat proses coding.

Tujuannya menggunakan sublime text adalah agar semua mahir dalam menggunakan sublime text, agar nantinya lebih cepat lagi untuk ngodingnya.

Langkah yang pertama yang akan di lakukan sebelum menggunakan sublime text tentu saja harus mendownload terlebih dahulu sublime text nya.

Yang pertama harus mengunjungi dulu website resmi dari sublime text nya, yaitu www.sublimetext.com berikut adalah tampilan home pagenya


Lalu masuk kedalam halaman  dan download. Tinggal mendownload sublime text tersebut dengan menyesuaikan pada sistem operasi yang di pakai saat ini.
Lalu kalian tinggal klik saja, kemudian setelah kalian selesai mendownload kalian tinggal menginstal nya pada sistem operasi kalian masing-masing.

Cara penginstalann nya cukup mudah, kalian tinggal next dan next saja lalu sublime text sudah siap digunakan. Sublime text yang harus kalian download adalah sublime text versi 3. Kenapa saya menyarankan versi 3 ? karna versi 3 ini dibuat menggunakan phyton 3 sedangkan untuk sublime text versi 2 dibuat masih menggunakan phyton versi 2. Dalam segi tampilan baik versi 2 maupun versi 3 sama saja.

Cara Install Sublime Text 3

Jika sudah download sublime text 3 langkah selanjutnya adalah
=> Klik 2 kali yang sudah di download tadi lalu klik next


=> Klik Nex


=> Klik Next


=> Klik Install


di Sublime juga ada plugin Karna pada setiap code editor yang bagus itu mempunyai plugin. Ada beberapa plugin yang bagus yang sering digunakan, dan itu hanya jalan di sublime text versi 3 saja. jadi di sublime text 2 itu ga otomastis jalan, harus ada konfigurasi yang harus dilakukan dan kadang-kadang tidak mudah.

Baca Juga :


Sebetulnya software sublime text 3 ini adalah software berbayar, kalo kita lihat pada menu buy dihalaman sublime text tersebut, harganya adalah $70 (Tujuh Puluh Dollar). Walaupun kita dapat menggunakannya dengan bebas.

Perbedaannya yang free dan premium Sublime Text 3 yaitu 

  • hanya nanti pada aplikasi sublime text itu ada tulisan UNREGISTRED saja. lalu nanti dalam bebrapa kali save akan muncul notifikasi untukmembeli software ini. 
Tapi lepas dari dua hal itu fungsinya sama mau yang free atau yang premium kalian bisa sama-sama pake. Jadi kalau misalkan masih belajar membuat aplikasi, membuat web kita pake versi yang gratisnya saja, tapi nanti suatu saat kalian sudah sering banget pake software ini apalagi kalian sudah menghasikan uang dari sublime text 3 ini, ga ada salahnya jika kalian membeli lisensi nya untuk berkontribusi kepada developer dari sublime text ini.

Sekarang kita akan coba membuka software sublime text yang telah di download dan instal sebelumnya, kira – kira seperti inilah penampakan dari sublime text versi 3 ini





Inilah sublime text yang akan kita gunakan pada materi kali ini. Kala kalian lihat ini sederhana aja sama seperti notepad terdapat area kerjanya disana untuk menuliskan. Di atasnya ada menu bar lalu disebelah kanan terdapat kotak yang kecil, itu disebutnya minimap, ini akan sangat membantu ketika nanti source code kalian sudah sangat panjang sekali.

Sekarang kita coba ketikan source code lalu kita bikin code html sederhana saja. masih ingat untuk menulis sebuah file html kita awali dengan dan di akhiri dengan <HTML> dan di akhiri dengan </HTML> kalau di ketik manual, lalu didalam nya ada <HEAD> dan di tutup dengan </HEAD> semuanya serba manual di  tulis. Nah kenapa pake code editor, kenapa kita pake sublime ? supaya lebih mudah pengerjaanya. Sekarang kita lihat bagaimana sublime text membuat hal ini menjadi lebih mudah,

Jadi hal yang pertama yang harus di biasakan lakukan dalam membuat file baru, ketika kanvas nya kosong atau area kerjanya kosong, kita save dulu file nya, Masuk ke menu file -> save -> atau dengan menekan CTRL + S pada keyboard, lalu kalian save terlebh dahulu filenya dan jangan lupa kasih extensi file nya, misalnya html, php, css, atau javascript/js.

Itulah Cara Install Sublime Text 3 dan Cara Penggunaannya,Semoga berguna dan bermanfaat ?? Silahkan Share Menggunakan Akun Sosial Media Kesayangan Anda Terimakasih.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser