Pengenalan Pemrograman Java

Pengenalan Pemrograman Java

Berbicara mengenai Java, kita sebenarnya membicarakan tentang dua hal yang saling berkaitan. Yang pertama adalah Java sebagai bahasa pemrograman dan Java sebagai platform pengembangan aplikasi. Di Artikel ini  kita akan belajar mengenai Java sebagai bahasa pemrograman, kita akan belajar bagaimana menulis kode Java dengan benar tanpa ada kesalahan sintaks.

Bahasa pemrograman Java pada awalnya dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995 sebagai bagian dari Sun Microsystem Java Platform. Sintaks Java banyak diturunkan dari C dan C++ tetapi lebih sederhana, ketat dan mempunyai akses ke OS yang lebih terbatas. Hal ini karena Java ditujukan sebagai bahasa pemrograman yang cukup sederhana untuk dipelajari dan mudah dibaca.

Aplikasi Java ditulis sebagai file berekstensi .java yang dicompile menjadi file .class. File .class ini adalah bytecode yang bisa dijalankan di semua Java Virtual Machine, tidak peduli apapun OS-nya ataupun arsitektur processornya. Java adalah bahasa yang ditujukan untuk semua kebutuhan, concurent, berbasis class, object oriented serta didesain agar tidak tergantung terhadap lingkungan dimana aplikasi dijalankan (OS dan processor).

Java ditujukan agar bisa "ditulis sekali, bisa jalan di manapun". Sekarang ini Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi baik aplikasi di embedded system, mobile, desktop hingga web application.

Java mempunyai lima prinsip penting yang dijadikan sebagai tujuannya, kelima prinsip ini adalah :
  1. Java harus "sederhana, object oriented dan mudah dimengerti" 
  2. Java harus "kuat dan aman" 
  3. Java harus "netral terhadap arsitektur system (OS,processor) dan bisa jalan di manapun" 
  4. Java harus bisa dijalankan dengan "kinerja yang tinggi" 
  5. Java harus "interpreted, threaded dan dinamis"
Dengan kelima prinsip di atas, aplikasi java mempunyai popularitas yang sangat tinggi terutama di dunia enterprise application. Dimana semua prinsip di atas sangat cocok untuk jenis aplikasi ini. Industri yang mempunyai budget tinggi untuk IT seperti perbankan dan telekomunikasi menggunakan Java secara ekstensif. Banyak aplikasi dengan skala raksasa dibangun menggunakan platform Java.

Java Platform terdiri dari tiga buah profile : Java ME (Java Micro Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam embedded system seperti Java Card dan Handphone. Java SE (Java Standard Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam PC maupun server sebagai aplikasi standalone maupun aplikasi desktop. Java EE (Java Enterprise Edition) adalah profile java yang ditujukan untuk membuat aplikasi Enterprise seperti Web Application (Servlet) dan Enterprise Java Bean (EJB).

Instalasi platform Java terdiri dari dua paket aplikasi. Paket yang pertama adalah JRE (Java Runtime Environment), paket ini terdiri dari semua aplikasi yang dibutuhkan agar sebuah aplikasi Java bisa berjalan, seperti library dan JVM (Java Virtual Machine). Paket kedua adalah JDK (Java Development Kit), paket ini terdiri dari JRE dan ditambah dengan perkakas untuk membuat aplikasi Java seperti java compiler (javac), java documentation (javadoc) dan java archive (jar).
Baca Juga
Untuk menggunakan Java kita memperluhkan JDK, sehingga diperlukan JDK terinstall terlebih dahulu di system anda sebelum bisa menjalankan contoh-contoh program yang ada di sini. Selama kita membahas Java Fundamental, cukup install JDK saja dan gunakan text editor sederhana seperti notepad, vi, mcedit, textedit, notepad++, maupun emacs. Setelah melewati bab ini, kita akan menggunakan NetBeans untuk membuat aplikasi yang sebenarnya.

Sebelum Belajar Java BeHangat mengasumsikan pembacanya sudah pernah belajar dasar-dasar Algoritma data, iterasi, kondisi, operator dan logika matematika. Dengan asumsi ini, BeHangat  tidak lagi membahas pengertian apa itu variabel atau apa itu tipe data, kita langsung menerangkan bagaimana variabel di Java, bagaimana tipe data di Java dan seterusnya. Kalau anda belum mengerti mengerti mengenai konsep-konsep algoritma pemrograman sebaiknya baca dahulu buku Algoritma pemrograman yang cukup banyak tersedia di toko buku.

Bagian pertama Kita akan membahas bagaimana menyiapkan system anda agar bisa membuat kode sederhana dengan java, mengcompile dan menjalankan kode yang sudah dicompile.

Instalasi JDK

Instalasi JDK diawali dengan mendownload JDK dari website oracle :
http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Setelah proses download selesai, lanjutkan dengan instalasi JDK. Proses instalasi sangat sederhana, klik dua kali file yang sudah didownload dan anda akan diarahkan melalui langkah demi langkah proses instalasi. Setelah selesai, java akan diinstall ke folder instalasi, kalau di windows, instalasi java ada di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_23 dimana 1.6.0_23 adalah versi dari jdk. Pastikan bahwa instalasi sukses dengan menjalankan perintah ini di command prompt :

$ java -version

Langkah berikutnya adalah memastikan perkakas development seperti java compiler (javac) dapat diakses dari command prompt. Caranya adalah dengan memasukkan folder instalasi java ke dalam path. Ikuti langkah berikut ini untuk menambahkan folder instalasi java ke dalam path
  • klik kanan my computer, pilih properties 
  • setelah terbuka jendela properties, pilih tab advance 
  • di dalam path path advance klik tombol system variables 
  • di dalam jendela system variables pilih baris yang terdapat path, klik tombol edit 
  • tambahkan folder C:\Program Files\Java\1.6.0_23\bin diakhir dari pathnya, jangan lupa menambahkan ; sebagai pemisah 
  • test langkah-langkah di atas dengan menjalankan perintah berikut ini dari command prompt :
    $ javac -version
    javac 1.6.0_22
    
Setelah langkah-langkah di atas berhasil dijalankan, kita siap untuk membuat kode pertama menggunakan Java.

Langkah instalasi java untuk Mac dan Linux tidak BeHangat sertakan dalam artikel ini, BeHangat menganggap pengguna Mac dan Linux cukup cerdas untuk melakukanya sendiri #eaaa.

Hello World

Kode HelloWorld selalu menjadi kode pertama yang coba dibuat di berbagai macam bahasa pemrograman. Tradisi menulis kode HelloWorld sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Menulis kode HelloWorld di Java sangat mudah, mari kita coba.

Buat sebuah folder kosong untuk menyimpan file .java yang akan kita buat, misalnya di c:\sample-code atau /home/user/sample-code setelah itu buka text editor dan tulis kode berikut ini :

public class HelloWorld{
 public static void main(String[] args){
 System.out.println("HelloWorld!");
 }
}

Simpan dengan nama HelloWorld.java, ingat nama class harus sama persis dengan nama file, jadi kalau nama class-nya adalah HelloWorld maka nama filenya adalah HelloWorld.java. Setelah disimpan, compile file HelloWorld.java menggunakan javac. Jangan lupa untuk memastikan bahwa sekarang berada di dalam folder yang sama dengan folder yang digunakan untuk menyimpan file HelloWorld.java tersebut.

$ javac HelloWorld.java

Kalau proses kompilasi berjalan dengan baik, maka tidak ada pesan sama sekali dan di folder yang sama akan dibuat file HelloWorld.class, setelah kompilasi selesai sekarang kita jalankan class HelloWorld

$ java HelloWorld
HelloWorld!
$ 

Perhatikan bahwa yang dijalankan dalam kode di atas adalah class HelloWorld bukan file HelloWorld.class.

Sampai di sini kita sudah bisa melakukan kompilasi file .java dengan menggunakan java compiler (javac) dan menjalankan class menggunakan JVM (java). Setelah bisa membuat kode HelloWorld, di artikel berikutnya kita akan memeriksa anatomi class java dan memahami bagian-bagian dari class java.


< Previous
Next >


Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser