Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati adalah Keanekaragaman makluh hidup di berbagai kawasan di muka bumi. Keanekaragaman hayati berbentuk karena adanya keseragaman dan keberagaman sifat atau ciri makhluk hidup
Keanekaragaman Hayati

Kladifikasi Keanekaragaman Hayati

A. Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman Gen adalah Variasi susunan gen dalam sutu spesies. Gen adalah Materi genetik di dalam kromosom makhluk hidup yang mengandalkan sifat makhulk hidup tersebut. perbedaan (variasi) gen menyebabkan genotipe (sifat yang tidak tampak dan fenotipe (bentuk dan penampilan) pada setiap makhluk hidup berbeda. Adanya perkawinan dan interaksi gen dengan lingkungan dapat menyebabkan terjadinya variasi gen. Variasi gen pada makhluk hidup dapat diumpamakan seperti susunan huruf-huruf N, A, M, I. Coba kita membuat rangkain darikeempat huruf tersebut !
contohnya :
  • Spesies Kucing (Felix Domestice), terdapat variasi seperti kucing angora yang berbulu panjang, kucing siam dan kucing Balinese yang berbulu pendek.
  • Ayam (Gallus gallus), banyak variasinya seperti bentuk tubuh, ukuran sampai pada warnanya.

B. Keanekaragaman Jenis (Spesies)

Perbedaan-perbedaan pada berbagai spesies makhluk hidup di suatu tempat. disebut sebagai keanekaragaman jenis atau spesies. Keanekaragaman jenis biasanya dijumpai pada suatu tempat tertentu yang dihuni kumpulan makhulk hidup dari berbagai jenis (komunitas). keanekaragaman jenis muncul karena adanya pandangan gen dan lingkungan.
Contoh :
  • Keanekaragaman diantara Kacang-kacangan, kacang hijau (Phaseolus Radiatus), kacang buncis (Phaseolus Vulgarius), kacang tanah (Arachis Hypogaea), kacang panjang (Vigna Urguiculata)
  • Keanekaragaman di antara genus felix : felix tigris (harimau), felix leo (singa), felix onca (jaguar), felix pardus (panter / macan tutul), felix oncolar (puma),felix domestica (kucing)

C. Keanekaragaman Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan antara makhluk hidup (biotik) denganlingkungan (abiotik) dimana terjadi hubungan timbal balik antara keduanya. Keanekaragaman Ekosistemsangat dipengaruhi oleh keanekaragaman jenis, semakin tinggi keanekaragaman jenis pada suatu daerah maka semakin stabil ekosistem daerah tersebut.
Contoh keanekaragaman ekosistem adalah ekosistem hujan tropis, ekosistem gurun, ekosistem pantai, ekosistem padang rumput dll.

Peranan Keanekaragaman Hayati 

  • penghasil sumber daya alam hayati, seperti sumber kayu, sumber obat-obatan dan kosmetik,
  • sumber plasma untfah (sumber gen),
  • sumber perikanan,
  • sarana pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, rekreasi dan wisata,
  • keragaman aspek sosial dan budaya masyarakat

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser