Bekerja Dengan Helper di CodeIgniter


Semua Ada (BeHangat) - PHP merupakan bahasa pemrograman yang mendukung dua metodologi pemrograman, yaitu pemrograman prosedural dan pemrograman berorientasi objek. Bagi para programmer yang berangkat dari C maupun pascal, mereka masih bisa menerapkan metode/teknik pemrograman prosedural yang bisa mereka lakukan di dalam C maupun pascal kedalam PHP. Demikian juga bagi mereka yang terbiasa berfikir objek, seperti pengguna C++ ataupun JAVA merekapun masih dapat leluasa menerapkan metode/teknik pemrograman berbasis objek di dalam PHP. Oleh karena itu, PHP menyediakan pustaka yang ditulis dalam dua (2) bentuk, yaitu
  1. dalam bentuk fungsi (untuk pemrograman prosedural)
  2. dalam bentuk kelas (untuk pemrograman berorientasi objek)
Dalam CodeIgniter, pustaga hanya ditulis dalam bentuk kelas. CodeIgniter menyebutnya sebagai library. Disisi lain, CodeIgnetir juga menyediakan kumpulan fungsi (non-kelas). CodeIgnetir menyebut kumpulan fungsi tersebut sebagai helper. Library akan di bahas secara terpisa pada artikel berikutnya. Dalam artikel kali ini hanya akan membahas tentang Helper.

Baca Juga : Belajar java

Helper (penolong), sesuai dengan namanya, berguna untuk membantu tugas-tugas pemrograman web yang kita hadapi. helper merupakan fungsi yang berisi kumpulan fungsi prosedural, yang dikelompokan berdasarkan kategori tertentu. Maksud fungsi prosedural disini adalah fungsi yang didefinisikan diluar kelas, tidak ditulis dalam format Object-Oriented (OO), Fungsi yang didefinisikan di dalamkelas di sebut metode (method). Jika anda sebeumnya pernah menggunakan bahasa pascal, anda dapat menganalogikan helper di dalam Codeignetir seperti unit di dalam pascal. Dalam pascal unit adalah file berisi kumpulan fungsi dan prosedur. Jika anda pengguna bahasa C, helper di dalam CodeIgnetir setara dengan static library (.lib atau .a) di dalam C. Intinya helper merupakan kumpulan fungsi, bukan view, tapi pada umumnya pemuatan helper dilakukan di bagian konstruktoor di dalam controller.

Baca juga : Belajar HTML

Setiap fungsi Helper digunakan untuk menyelesaikan tugas spesifik atau tidak tergantung dengan fungsi helper lainnya.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser