Cara Memilih Niche Yang Tepat, Blogger atau Wordpress....?

Cara Memilih Niche Yang Tepat, Blogger atau Wordpress....?

Semua Ada (BeHangat)- berbicara mengenai Blog memang tidak akan ada habisnya terlebih lagi jika yang dibahas berkaitan erat dengan yang namanya niche, suatu tema atau konten apa yang sebaiknya kita publikasi sesuai passion maupun hobby kita. Menyinggung soal niche, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola blog, yaitu Platform yang dipakai. Banyak sekali platform yang bisa dipakai untuk memiliki sebuah blog, namun dalam artikel ini saya akan mengulas 2 platform saja yaitu Blogger dan Wordpress.

Dalam penggunaan platform tentu menjadi pilihan yang menentukan mau dibawa kemana blog yang dikelola tersebut, beberapa hal ini mungkin bisa memberikan gambaran kepada kalian untuk menggunakan platform mana yang sekiranya tepat dan sesuai passion yang kamu miliki.

FITUR DAN PENGGUNAAN

WORDPRESS

Berbicara mengenai fitur pastinya Wordpress jauh lebih unggul daripada Blogger. Karena Wordpress memiliki beberapa plugin dan fitur tambahan untuk mempermudah dalam mengelola konten. Wordpress sangat cocok digunakan untuk pembuatan website-website besar. Untuk memiliki platform Wordpress itu kamu bisa memilih yang gratisan maupun yang berbayar. Platform Wordpress juga sangat mudah disetting menjadi blog peringkat 1 dalam penelusuran Google, dengan adanya plugin yang bernama Yoast pada Wordpress bisa menjadikan konten-konten berada di halaman pertama, namun itu juga tergantung dari user yang mengelolanya. Penggunaan Wordpress pun cukup mudah dan terlihat profesional. Interface yang ditampilkan pun cukup mudah untuk dimengerti.

BLOGGER

Meskipun fitur Wordpress lebih unggul daripada Blogger, tak ada salah juga jika kamu memilih platform blogger. Mengenai fitur yang diberikan oleh Blogger memang tidak seperti Wordpress yang menggunakan plugin, namun dalam hal desain dan rancangan template Blogger lah yang lebih unggul, ini juga tergantung dari user yang mengelolanya. Memilih blogger bisa sangat cocok bagi kamu yang masih awam dalam dunia per blog an, selain itu, dengan menggunakan Blogger, kamu tidak perlu ambil pusing memikirkan bahasa pemrograman, server maupun hosting.

KEAMANAN

Dalam hal keamanan, Blogger lebih unggul daripada Wordpress. Ini karena Blogger berada dibawah naungan Google yang sudah terbukti memiliki sistem keamanan yang tinggi, selama anda tidak menyebar luaskan kata sandi ke orang lain. Berbeda dengan Wordpress yang menggunakan cPanel yang kerap kali mengalami gangguan dari serangan hacker, namun kita bisa meminimalisir serangan hacker ini jika mengerti bahasa pemrograman.

SEO

Dalam hal seo, itu sebenarnya kembali kepada siapa yang mengelola. Meskipun di Wordpress memiliki plugin Yoast maupun plugin seo packed yang bisa menampilkan konten berada di halaman pertama pencarian, bukan berarti Blogger akan kalah dalam hal posisi pencarian. Nyatanya banyak juga konten dari Blogger yang berada di halaman penelusuran. Penggunaan kata kunci yang tepat dalam sebuah judul menjadi faktor penting dalam penelusuran. Jadi, mengenai bagus tidaknya dalam hal seo baik Wordpress maupun Blogger, semua sama sama bagusnya namun kembali pada siapa yang mengelola blog tersebut.

BIAYA

Dari segi biaya, Blogger lebih unggul. Karena Blogger juga sudah disediakan hosting gratisan dan subdomain gratis (yaitu blogspot). Sedangkan untuk Wordpress harus sedikit memakan biaya karena harus menyewa hosting, meskipun ada subdomain gratis dari wordpress.com tetap saja kita masih memerlukan sebuah hosting (dengan cara menyewa / membeli hosting).

Kedua platform ini sama-sama memiliki subdomain gratis (blogspot.com / wordpress.com) apabila ingin menjadikan url blog ke Top Level Domain (TLD), maka kita akan dikenai biaya pergantian domain, misal dari namaku.blogspot.com / namaku.wordpress.com menjadi namaku.com, namaku.net, namaku.org. dengan adanya Top Level Domain ini, blog kamu juga akan terkesan pro dimata pengunjung. Bagi kamu yang memang berniat memiliki blog dengan url TLD, saya rasa biaya bukan menjadi kendala karena harga TLD tidak sampai 200rb per tahun (untuk domain .com /.net)


KESIMPULAN

Dari segi Fitur, Wordpress lebih unggul. Sedangkan untuk Penggunaan blog yang tanpa dipusingkan tentang bahasa pemrograman, server dan hosting maka Blogger jauh lebih baik. Dalam hal Keamanan, Blogger lebih aman Dalam hal SEO, semua kembali pada siapa yang mengelola blog
Baca Juga
Dalam hal Biaya, Blogger hanya perlu biaya tambahan jika menggunakan TLD, sedangkan Wordpress memerlukan biaya untuk menggunakan TLD dan Hosting (sekaligus server) Untuk kamu yang masih awam sangat cocok jika ingin belajar ngeblog menggunakan Blogger, sedangkan untuk kamu yang sudah pro di dunia bahasa pemrograman blog maka Worpdress bisa menjadi pilihan yang terbaik

Nah, setelah kalian membaca ulasan diatas, jika disuruh memilih antara Blogger dan Wordpress kalian pilih yang mana? tentu jawabannya adalah relatif berdasarkan minat/selera maupun keterbiasaan. Namun meskipun begitu tetap saja kita harus menyesuaikan kecocokan antara niche yang kita pakai dengan platform yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai niche yang cocok dalam blog sesuai platform :

[1] Blogger

Blogger merupakan platform yang bisa kita gunakan untuk memiliki blog secara gratis, interface yang ditawarkan cukup friendly dan mudah untuk dipahami. Memiliki platform dari Blogger ini user bisa menciptakan beberapa blog dalam 1 akun, platform blogger sendiri berada dibawah naungan Google, tidak heran jika pada akhirnya banyak beberapa orang lebih memilih menggunakan layanan blogger karena memang blogger dikelola oleh perusahaan besar (Google). Selain itu keahlian dalam mengelola server tidak perlu dimiliki untuk membuat blog di blogger. Selain itu blogger juga jarang sekali mengalami gangguan. Nah, beberapa niche yang sering digunakan dalam platform Blogger diantaranya adalah :
  • Curhatan
  • Kegiatan Travel
  • Tips / Trik / Tutorial
  • Hiburan / Humor
  • Cerita / Cerpen / Puisi / Novel
  • Kuliner
  • Budidaya
  • Travel
  • Olahraga
  • Fashion
  • Lifestyle
  • Review
  • Gado-gado (tema campuran)
  • Dll.

[2] Wordpress

WordPress, adalah sebuah CMS yang merupakan sebuah script atau boleh dibilang software (yang dapat didownload gratis di wordpress.org) kegunaannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mempermudah pengelolaan konten, baik itu konten website maupun blog. Selain itu wordpress memiliki layanan pembuatan blog gratis di wordpress.com, berbeda dengan CMS dari wordpress.org yang harus memiliki hosting sendiri untuk menggunakannya, wordpress.com merupakan layanan pembuatan blog gratis tanpa harus memiliki hosting sendiri, namun dengan banyaknya keterbatasan seperti tidak boleh menggunakan javascript, tidak tersedia plugin, dll. Berikut adalah beberapa niche yang digunakan dalam platform Wordpress :

  • Tekno & Gadget 
  • Kesehatan 
  • Film 
  • Games 
  • Anime 
  • Iptek 
  • Otomotif
  • Ekonomi
  • Berita Nasional / Internasional 
  • Kecantikan 
  • Pendidikan 
  • Seks 
  • Download 
  • Jual Beli 
  • Dll.

Penting !! Dari beberapa pilihan niche diatas apakah boleh jika niche yang cocok untuk Blogger kita gunakan pada Wordpress (atau sebaliknya) ? Tentu saja boleh, dari niche-niche diatas tersebut, kamu bisa menempatkan niche di platform manapun (bebas). Namun, sejatinya seseorang yang memiliki jiwa nge-blog alangkah baiknya memanajemen niche mana yang sekiranya sesuai dengan platform. Apalagi jika kalian mengelola blog dengan tujuan untuk mendapatkan uang (dari Adsense), maka pemilihan niche dan platform bukanlah hal yang sepele. Gak mungkin kan kamu memakai niche curhatan lalu dipasang di Wordpress (apalagi sampai membeli hosting).
Itulah ulasan mengenai "Pilih Blogger atau Wordpress? Berdasarkan Niche yang Akan Dipakai", dari ulasan diatas diharapkan kamu memiliki gambaran mengenai bagaimana ke depannya blog yang akan kamu kelola, semuanya kembali pada pilihan kamu sendiri. Jangan sampai kamu menentukan niche dan platform berdasarkan tren, pilihlah yang sesuai dengan passion kamu agar blog kamu tidak terabaikan akibat salah dalam menentukan pilihan. Sekian wassalamu’alaikum


Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser