Tips Memilih Hosting Yang Baik

Behangat, Hosting adalah jenis layanan hosting internet yang memungkinan individu atau organisasi membuat sebuah web yang dapat diakses atau ditemukan melalui WWW (World Wide Web). Sejak tahun 1991, Internet hanya dibatasi untuk penggunaan penelitian, pendidikan, dan ilmu rekayasa, dan digunakan juga sebagai Email, Telnet, FTP (File Transfer Protocol), USENET dan digunakan juga sebagai jalur lalu lintas dalam internet tapi dalam waktu itu masih dalam jumlah kecil.

Kali ini Behangat akan membahas mengenai hosting dan beberapa tips cara memilih hosting dengan kriteria yang bisa dibilang baik.

Setiap orang pasti dalam bertransaksi menginginkan keuntungan, maupun itu pembeli atau pun penjual pasti menginginkan hal yang sama. Disini Behangat ingin memberikan tips penting bagi para hostinger mapun seller hosting, pastikan produk yang kalian beli atau yang kalian jual itu bermutu dan memuaskan pelanggan, jika pelanggan puas maka hati rasa lega tidak ada yang mengganjal. Berikut ada hal-hal penting yang harus diperhatikan saat bertransaksi yang berkaitan dengan Hosting.

=> Harga / Price

Semakin besar harga, maka semakin tinggi juga spesifikasi atau layanan server yang sobat gunakan. Berlaku sebaliknya, semakin murah harga hosting yang sobat beli, maka pelayanan server yang sobat terima sama dengan harga yang tertera sesuai paket yang sobat gunakan. Disarankan untuk menanyakan kepada kerabat atau pun kepada komunitas yang sobat ikuti. Atau bisa juga bertanya langsung dengan CS (Customer Service) yang online 24 jam atau pada jam tertentu.

=> Ukuran Transfer Data / Bandwith

Ukuran bitrate ini juga sangat berpengerauh bagi server sobat, apabila sobat membeli hosting dengan data 5 Gb setiap bulannya, jika memang kapasitas itu mencukupkan sobat untuk menjalankan web yang sobat buat dengan server itu dengan lancar maka tidak menjadi masalah, tapi apabila untuk layanan web download atau streaming semacamnya, jika data segitu mungkin tidak akan cukup, mungkin server sobat bisa down dan tidak dapat diakses oleh pengunjung setia sobat. Disarankan untuk membeli server sesuai dengan keperluan sobat masing-masing. Jika memang yang sobat gunakan itu over loot, biasanya setiap layanan hosting menyediakan untuk meng upgrade layanan yang sobat beli dan sobat gunakan.



=> Kapasitas Penyimpanan / Disk Space

Layaknya memori pada HP sobat masing-masing, jika terlalu banyak file yang tersimpan dalam memori sobat, maka akan full dan tidak dapat digunakan lagi untuk menyimpan sesuatu. Mungkin dengan cara menghapus file dalam penyimpanan sobat dapat memecahkan masalah, bagaimana jika file yang ada dalam penyimpanan sobat itu penting semua ? mungkin sobat akan berfikir berkali-kali untuk menghapus file tersebut. Begitu juga dengan penyimpanan pada hosting sobat, sobat dapat menambahkan kapasitas penyimpanan sobat sesuai kebutuhan sobat melalui web penyedia hosting yang sobat gunakan. Disarankan untuk memilih dengan tepat sesuai kegunaan dari hosting yang akan sobat beli.

=> Kualitas dan Kecepatan Server

Dalam job atau kehandalan sobat, maka sobat membutuhkan perangkat yang mendukung kebisaan sobat, layaknya Editing atau Filmaker, maka orang-orang tersebut akan mencari Laptop atau PC dengan spesifikasi yang bukan sekedar perangkat, mereka akan mencari spesifikasi yang melebih batas rekomendasi sebagai titik aman. Begitu juga dengan sobat, jika hosting yang sobat punya atau yang sobat beli dan akan digunakan untuk web streaming maka server yang sangat lambat adalah hal sangat menjengkelkan bagi pengunjung, bahkan sobat sendiri akan sangat terbuang waktunya dalam mengotak-atik web sobat sendiri. Maka carilah hosting dengan server yang menurut sobat sangat memuaskan dan sudah terbukti dengan testimoni. Biasanya setiap penyedia layanan hosting menyediakan versi trial untuk masa percobaan penggunanya sebelum membeli secara resmi melalui pembayaran yang akan diarahkan oleh penyedia layanan itu.

=> Support / Bantuan dari Pihak Penyedia Layanan

Saat terjadi masalah dengan hosting sobat, maka orang yang pertama akan sobat cari adalah "CS" atau Customer Service dari pihak penyedia layanan yang sobat gunakan. Bisanya dalam web tersedia sebuah laman yang dikhususkan untuk melaporkan mengenai masalah yang sobat alami dengan hosting sobat, sebaiknya penyedia layanan adalah yang mampu melayani masalah yang dialami oleh pengguna penyedia layanan itu sendiri, semakin banyak support dalam satu layanan maka semakin dinilai baik juga oleh customer.

Ada yang masih terbayang-bayang oleh pikiran sobat mengenai artikel diatas ? silakan tinggalkan pertanyaan sobat dalam komentar dibawah. Sekarang sudah banyak penyedia layanan hosting, baik itu komersial maupun pribadi. Semua terserah sobat ingin menggunakan layanan yang mana, mungkin bisa mengikuti langkah diatas agar benar-benar mendapatkan hasil yang sobat inginkan. Sekian dari Behangat bila ada kata-kata yang salah mohon dibenarkan. Semoga apa yang Behangat sampaikan pada artikel ini bermanfaat bagi kita

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser