Perintah jaringan dasar pada Windows dan Linux

BeHangat.Net Perintah jaringan dasar pada Windows dan Linux - Sobat pastinya sudah kenal kan sama yang namanya command prompt (cmd) pada Windows, atau terminal pada Linux. Keduanya bisa dikatakan mempunyai fungsi yang sama dan tampilan yang sama, sangat simple hanya kotak hitam dengan ruang yang bisa kita tulisi cuma dengan text.

tapi jangan salah Terminal yang terlihat simpel tersebut sebenarnya sangat powerfull loh kita bisa melakukan apa saja lewat situ, salah satunya kita dapat memantau jaringan kita, tentu saja sangat berguna untuk trouble shooting jaringan.
Cara Install Windows 10 dengan Mudah
Nah berikut ini adalah perintah jaringan dasar yang bisa kita pergunakan didalam command prompt atau terminal tersebut.

Perintah Jaringan Dasar :

1. ping

Digunakan untuk menguji koneksi jaringan kita sudah terhubung atau belum. Perintah ping mengirim ICMP echo packet ke tujuan. Paket tersebut akan bertanya ke tujuan. Jika tujuan di setting untuk dapat membalas maka paket itu akan dibalas. Dari balasan tersebut kita dapat mengetahui durasi lama nya paket sampai ke tujuan.

kita juga dapat melihat keterangan lain misalnya Request Time Out jika paket tidak sampai ketujuan berdasarkan waktu tertentu, atau Destination Host Unreachable Jika tujuan tidak dapat di jangkau. penulisannya adalah ping alamat_ip atau ping nama_domain.

2. tracert atau traceroute

tracert berfungsi selayaknya ping. mengirimkan paket ke tujuan, namun bedanya tracert sepanjang jalan meminta setiap router untuk membalas ketika dilewati. dengan tracert kita dapat dengan mudah mengetahui lewat jalur mana saja paket kita berjalan untuk sampai ke tujuan. Tracert juga memberikan informasi berapa lama paket data melewati masing masing hops untuk sampai ke host yang dituju. jika kita tidak dapat terkoneksi dengan server pada jaringan lokal misalnya, menjalankan tracert akan membantu menunjukan hop mana yang bermasalah.
penulisannya adalah tracert alamat_ip atau tracert nama_domain (pada linux di gunakan perintah traceroute.)



3. ipconfig atau ifconfig

memperlihatkan informasi konfigurasi yang berkaitan dengan jaringan, misalnya informasi host name , dns , maupun kartu jaringan pada komputer kita. Dapat juga digunakan menjadi ipconfig /all untuk melihat informasi yang lebih lengkap seperti mac address dll. biasanya juga di gunakan ipconfig /flushdns untuk merefresh konfigurasi DNS kita. pada linux digunakan perintah ifconfig.



Artikel Pilihan

4. netstat

netstat atau network statistic (statistik jaringan) netstat dapat menunjukkan koneksi apa yang sedang berjalan di komputer kita termasuk rute koneksi dan informasi lainnya. tulis saja netstat atau netstat sembarang-ketik untuk melihat command lanjutan netstat. Misalnya netstat -r untuk melihat tabel routing.




5. nslookup

berfungsi untuk menerjemahkan nama domain ke alamat ip atau sebaliknya. contoh penulisannya adalah nslookup nama_domain atau nslookup alamat_ip

Itulah artikel tentang Perintah jaringan dasar pada Windows dan Linux, Jika kalian masih ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.net sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Trimakasih dan selamat Mencoba *-*

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser