Mengenal Kode Dasar Pada HTML


Mengenal Kode Dasar Pada HTML
Semua Ada - Pada bahasa pemograman HTML (hypertext markup language) terdapat kode/script utama yang berfungsi untuk menjalankan script HTML lain. Tanpa kode dasar ini, halaman web tidak akan bisa terbentuk, sesuai dengan W3C. Dalam artian, pada setiap halaman web dengan HTML pasti terdapat kode-kode/script utama yang berfungsi sebagai pembuka, penjalan, dan penutup.

Nah pada postingan kali ini saya akan mengenalkan beberapa script utama pada html, seperti kode pembuka wajib pada dokumen HTML, kode penutup pada HTML, kode untuk memberikan fungsi pada text, kode yang bisa memberikan fungsi pada gambar, dll.

Berikut adalah sebagian dari kode-kode dasar HTML yang sangat sering digunakan. Untuk penulisan kode tersebut, harap memperhatikan deklarasi jenis dokumen (DTD) yang di gunakan. Terkadang, beberapa jenis tag HTML tidak didukung oleh suatu jenis dokumen. Selain itu, sangat penting memperhatikan penulisan tag HTML, utamanya tag akhir (Tag penutup) dalam dokumen XHTML Contoh sederhana penulisan tag HTML yang berbeda adalah penulisan baris baru.

Silahkan buka notepad dan ketikkan/copy kode HTML di bawah ini:
 <html>

<body> Contoh Teks </body>

</html> 
Save kode di atas dengan allfiles type dan berikan file dengan nama: contoh.html dan ubah encoding menjadi UTF-8, jangan lupa tentukan lokasi save:

Mengenal Kode Dasar Pada HTML

Bukalah file contoh.html tersebut dengan web browser (firefox, chrome, opera, ie, dll) dan lihat hasilnya pada web browser:

Mengenal Kode Dasar Pada HTML

Kemudian edit lagi dokumen contoh.html dengan notepada, kemudian tambahkan kode berikut, jika digabungkan dengan kode pertama sehingga menjadi seperti ini:
 
<html>

<head> 

<title> Contoh Web HTML </title>

</head>

<body> Contoh Teks </body>

</html> 
Save lagi dokumen anda dan lihat perubahannya di web browser:

Mengenal Kode Dasar Pada HTML

Sekarang edit lagi file htmlnya dan tambahkan lagi kode di bawah:
 <html> 

<head> 

<title> Contoh Web HTML </title>

</head>

<body>

<h1> Contoh Teks </h1> <br>

<h2>  Contoh Teks  </h2> <br>

<h3>  Contoh Teks </h3> <br>

<b> Teks </b>

<strong> Teks </strong>

<i>Teks </i> 

<small> Teks </small> 

</body> 

</html>
Save dan lihat perubahannya:

Mengenal Kode Dasar Pada HTML

Sudah mulai mengerti kah anda dengan fungsi dan kode tersebut? yap, kode <html> dan <body> adalah kode pembuka untuk halaman HTML (wajib) dan </html> dan </body> adalah penutupnya. Sedangkan kode yang lain berfungsi untuk memberikan fungsi seperti tampilan dan judul.
[Tutorial Yii 1] Membuat 1 form untuk data 2 tabel
Sepertinya cukup sekian artikel saya kali ini tentang kode dasar HTML, saya akan menjelaskan kode-kode HTML lain pada postingan berikutnya, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser