Cara Mudah Riset Keywords Untuk Artikel Blog

Semua Ada - Sebagai seorang blogger, melakukan riset keywords (menentukan kata kunci) itu sangat penting, baik itu berupa penulisan artikel untuk pribadi, penulisan artikel untuk publik atau bahkan penulisan artikel untuk bisnis apalagi sebagai media pengiklanan internet marketing.

Mengapa melakukan riset keywords untuk artikel di blog/website itu penting? riset keywords ini bisa diibaratkan seperti anda menentukan tema atau topik untuk artikel anda, hanya saja riset keywords ini berupa kata knci yang akan mengarah kepada artikel yang anda buat, bagian terpentingnya adalah dengan riset keywords anda bisa membuat kata kunci yang mengarah kepada artikel anda. Jadi dalam dunia blogging hal yang paling utama adalah visitor blog, nah kata kunci inilah yang berguna membawa visitor ke blog anda.
Belajar SEO
Dengan penjelasan di atas mungkin anda sudah paham tentang keywords, sebelum kita belajar riset keywords, saya akan jelaskan lebih rinci dan memberikan contoh tentang riset keywords. Misalnya anda sudah meriset keywords dengan kata kunci " cara memasak nasi goreng " pada artikel anda, kemudian ada visitor mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari (seacrh engine) seperti google maka artikel anda akan muncul di halaman hasil pencarian, namun untuk sebuah kata kunci pasti terdapat artikel lain yang berhubungan dengan kata kunci tersebut, nah di sinilah tugas anda untuk mengoptimasi kata kunci tersebut agar paling tidaknya kata kunci (keywords) yang anda buat bisa masuk dalam 10 besar di urutan pencarian pada search engine. Berikut ini adalah tipe-tipe keywords atau kata kunci untuk artikel secara umum:


1. Kata Kunci Panjang (Long tail keywords)

Kata kunci panjang atau dalam bahasa inggrisnya long tail keywords adalah kata kunci yang lebih dari 3 kata, pada dasarnya jika anda mengetikkan judul artikel anda pada search engine seperti google biasanya artikel anda akan masuk dalam mesin pencari. Namun menurut saya kata kunci panjang ini cukup lemah pada sisi SEO karena kemungkinan visitor untuk mengetikkan kata kunci panjang cukup jarang di mesin pencari. Contoh kata kunci panjang/long tail keywords: "Cara membuat kue bolu dengan tepung terigu".

2. Kata Kunci Pendek (Short tail keywords)

Kata kunci pendek atau short tail keywords ini adalah kata kunci yang terdiri kurang dari 3 kata. Untuk optimasi dan membuat kata kunci pendek, artikel anda harus berkualitas dalam segi konten dan seo. Tidak diragukan lagi jika artikel anda sudah bisa dicari dengan kata kunci pendek pasti visitor (pengunjung) blog anda juga akan meningkat namun itu juga tergantung dari tema/konsep artikel anda. Contoh kata kunci pendek dan banyak dicari orang: "cara membuat bolu", "harga android murah", "cara memasak", "obat sakit perut", dll.

3. Kata Kunci Musiman

Kata kunci musiman ini biasanya ditepakan pada blog/website yang membagikan artikel mengenai berita atau kejadian terbaru. Sebagai contoh website detik, viva, newyorktime, soccerleague, dll. Contoh kata kunci musman: "score real madrid vs manchester city", "berita pengeboman 28 april", dll.

4. Kata Kunci Abadi (Immortal keywords)

Seperti anda sudah mengetahui maksud dari kata kunci ini, ya, kata kunci abadi adalah kata kunci yang tidak akan pernah hilang ditelan waktu. Dalam menulis artikel, immortal keyword lah yang saya sukai. Contoh keyword abadi: "obat sakit perut", "manfaat vitamin c", "sejarah perang dunia", dll.
Nah dari ke empat jenis keywords di atas, mana lah yang paling anda utamakan, nah jawabannya tergantung pilihan anda sendiri, namun saya sangat menyarankan menggunakan kata kunci pendek dan kata kunci abadi.

Cara Riset Keywords Dengan Google Adwords: Keywords Planner

Google Adwords adalah tools gratis yang diberikan oleh pihak Google kepada publisher, blogger, advertiser, dll untuk melakukan riset pasar. Agar bisa menggunakan fasilitas google adwords silahkan untuk mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda dan silahkan klik sign-in atau start now. Gambar di bawah adalah halaman utama google adwords:

Setelah itu silahkan masukkan alamat gmail anda, jangan lupa memasukkan alamat/url website atau blog anda juga, setelah itu klik continue. perhatikan pada gambar di bawah:


Kemudian anda akan di arahkan ke halaman review, isi saja step by stepnya sesuai dengan data-data anda, contoh lihat pada gambar di bawah:

Jika anda sudah mengisi semua dengan benar maka akun adwords anda sudah bisa dibuka, contoh lihat pada gambar di bawah:


Silahkan masuk pada halaman utama Google Adwords anda, kemudian pilih Tab Campaign atau Kampanye, kemudian pilih Keyword atau Kata Kunci, lihat pada gambar di bawah:


Sampai pada tahap di atas, anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan dengan niche blog anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih keywords yang ditampilkan di google adwors kwyword tools, silahkan pilih kata kunci (riset keywords) yang menurut anda bagus dan sesuai dengan isi artikel blog/web anda.

Cara Mencari Keywords Terbaik Dengan Keywords Tools

Yap, cara selanjutnya dalam meriset password adalah dengan keywords tools, saya sendiri juga menggunakan keywords tools karena lebih mudah untuk digunakan. Pada artikel ini saya menggunakan tools dari http://keywordtool.io. Dengan menggunakan fitur dari situs keywordtool ini kita bisa melihat keywords populer dan banyak dicari oleh visitor, silahkan buka situs keywordtool. Gambar di bawah adalah halaman utama keywordtool.io:


Silahkan masukkan kata kunci yang ingin anda lihat popularitasnya atau kata kunci yang banyak dicari, pada gambar di bawah saya menggunakan kata kunci komputer:


Lihatlah hasil pencarian keywords pada tab menu keywords, itulah kata kunci populer yang paling banyak dicari dan dapat anda gunakan untuk konsep dalam meriset keyword anda, dengan tools dari situs keywordtool.io ini anda juga bisa set pencarian kata kunci dalam bahasa apapun dalam dalam search engine negara lain, jadi sangat cocok untuk anda yang berburu visitor dari luar Indonesia.

Kesimpulan:
5 Niche Blog Yang WAJIB Dihindari
Meriset keywords atau kata kunci pada suatu artikel sangatlah penting untuk mendatangkan visitor, fokuslah pada riset kata kunci abadi atau kata kunci pendek karena 2 kata kunci ini sangat besar pengaruhnya pada visitor, namun kata kunci musiman dan kata kunci panjang tidak kalah penting juga sesuaikan dengan niche (tema konsep artikel) blog anda. Mungkin sekian saja artikel saya kali ini, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, salam sukses dan terima kasih.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser