Cara Mengoptimasi Artikel Blog Agar Seo Friendly

Semua Ada - Sepertinya pembahasan dan materi mengenai optimasi pada artikel blog sudah banyak beredar di internet, namun saya akan tetap membagikan artikel tentang optimasi artikel agar lebih seo friendly dengan versi saya sendiri yang tentunya mudah dimengerti dan dipahami.

Sebagai seorang blogger tugas kita sebenarnya bukan hanya tentang menulis artikel saja, namun bagaimana cara mengolah kata-kata dalam artikel, makna yang kita simpan di dalam tulisan sehingga dapat berguna bagi orang lain, yah walaupun sekarang blogger-blogger seperti itu sudah jarang ditemukan, berkembangnya teknologi menghasilkan tools baru yang membuat para blogger semakin malas membuat artikel yang berkualitas.

Sebagai contoh, munculnya teknik AGC (auto generated content) yang menyebabkan suatu blog/web yang menggunakannya dapat secara otomatis membuat konten dan keywordnya sendiri, dan tools-tools lain. Ada juga blogger yang kerjaannya hanya meng-copy paste isi artikel orang lain. Padahal membuat artikel sendiri itu tidak sesulit yang anda bayangkan, yang terpenting adalah anda tahu apa topik yang akan anda tulis.

Sebelum membahas tentang optimasi pada artikel, sebelum menulis sebuah artikel yang berkualitas, anda harus memperhatikan poin-poin berikut ini:

  • Tentukan konsep/topik pada artikel yang akan anda buat.
  • Tentukan judul yang akan anda buat.
  • Tentukan keywords (kata kunci untuk artikel anda)

Saya rasa hanya 3 poin utama di atas saja yang perlu anda perhatikan sebelum membuat artikel berkualitas, jika anda sudah menemukan topik/tema/konsep artikel pasti anda akan dengan mudah menenukan judul, untuk membuat keyword sendiri sebenarnya tidak sulit karena judul artikel arti itu juga bisa menjadi keyword namun akan lebih baik jika anda membuat short keyword untuk artikel anda. Berikut ini adalah cara optimasi pada artikel yang anda buat:

1. Tentukan keywords untuk artikel

Seperti yang sudah saya paparkan di atas tadi, penentuan keywords sangat penting untuk artikel karena akan mempermudah pengunjung untuk menemukan artikel anda. Paling tidaknya tentukan medium keyword dengan 4 kata, contoh: "cara optimasi artikel blog". Lalu jangan lupa menyisipkan keyword anda pada judul artikel sehingga menjadi " cara mengoptimasi artikel blog agar seo friendly ". Maka di dalam judul anda sudah terkandung keywords utama.

2. Buatlah artikel sesuai dengan topik, judul dan keywords

Sebenarnya poin terpenting dalam menentukan kualitas dan seo dari suatu artikel adalah isi artikelnya, jadi anda wajib mematuhi poin nomor 2 ini jika anda ingin membuat suatu artikel yang berkualitas. Oleh karena itu buatlah artikel paling tidaknya lebih dari 300 kata dan usahakan isi tulisan yang anda bahas sesuai dengan topik, judul dan keywords anda. Sisipkan juga keywords utama anda pada isi artikel agar memperkuat kualitas seonya.

3. Masukkan alt tag dan title tag pada gambar

Cara Mengoptimasi Artikel Blog Agar Seo Friendly
ALT & TITLE PADA GAMBAR
Pada cara nomor 3 ini terkadang suka diabaikan para blogger, padahal fungsinya cukup besar dalam menyumbang poin-poin seo pada artikel, dengan menambahkan alt dan title tag pada gambar akan memperkuat keywords pada artikel sehingga menjadikan artikel lebih berkualitas. Untuk menambahkan alt tag dan title tag pada gambar silahkan klik gambar yang sudah anda upload lalu klik properties dan masukkan alt dan title pada gambar anda, contoh lihat pada gambar di bawah:


4. Settingan pada permalink/url/tautan

Jangan perna remehkan fungsi alamat tautan yang menuju pada artikel anda, buatlah tautan yang berisi keywords yang sudah anda buat, contoh: http://behangat.blogspot.co.id/2016/12/5-niche-blog-yang-wajib-dihindari-kalau.html . Dengan menggunakan alamat tautan yang berhubungan dengan keywords akan memperkuat keywords anda.

5. Manfaatkan fungsi webmaster tools

Jangan abaikan poin nomor 5 ini, jika anda ingin artikel anda terindeks dalam waktu (-+)10menit anda harus submit url artikel anda pada submit url web master tools. Alamat submit url google webmaster tools adalah https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url . Jika anda sudah submit artikel anda di webmaster akan mempercepat proses indeks pada artikel baru anda.

Kesimpulan

Sebenarnya tidak susah untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas, anda hanya perlu tahu konsep dan poin pentingnya saja, yang paling utama adalah orisinalitas konten anda dalam arti dalam membuat artikel anda harus mengutarakan isi artikel sesuai dengan keinginan anda, walaupun anda menulis artikel berdasarkan referensi anda tetap harus menjaga orisinalitas konten anda sesuai dengan gaya penulisan anda sendiri. Mungkin sekian saja artikel saya tentang " Cara Mengoptimasi Artikel Blog Agar Seo Friendly " semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Hay Semuanya, Mau Tulisan kalian di Munculkan di Web ini, Jika Mau silahkan kunjungi atau Klik Link ini Guest Post Tentunya dengan Persyaratan yang Terpenuhi. Trimakasih ~ Admin

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser