Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman

Semua Ada - Sudahkah anda mengikuti prosedur serta kebijakan dari google dalam pemasangan kode iklan adsense?

Perlu anda ketahui bahwa posisi dalam penempatan kode iklan, jumlah pemasangan kode iklan adsense, dll memiliki peraturan dan kebijakannya tersendiri.

Oleh karena itu kita sebagai advertiser adsense harus tahu dan harus mematuhi peraturan serta kebijakan google dalam pemasangan iklan google adsense.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan poin-poin utama yang penting dalam pemasangan iklan adsense serta sesuai dengan prosedur, peraturan dan kebijakan dari google adsense.

Pada awalnya pada saat saya pertama kali memasuki dunia advertiser adsense, saya juga bingung dalam pemasangan kode iklan. Dimanakah saya harus memasang iklan tersebut? Dimanakah tempat strategis untuk penempatan iklan tersebut? Berapakah jumlah iklan yang harus saya pasang?

Jika kalian mempunyai pertanyaan yang hampir sama dengan yang saya alami di atas semoga pada artikel kali ini pertanyaan anda akan terjawab.

Sebelum membahas batas maksimal iklan yang terpasang anda harus tau peraturan-peraturan penting dari google adsense yakni:

1. Hindari klik yang tidak disengajai

Pada peraturan pertama ini di sebutkan bahwa penayang tidak diizinkan untuk menganjurkan pengguna agar mengeklik iklan Google dengan cara apa pun. Ini mencakup menerapkan iklan dengan cara yang membuatnya mungkin salah dipahami sebagai konten situs lainnya, seperti menu, navigasi, atau tautan unduhan.

Hati-hati ketika menempatkan tautan, tombol putar, tombol unduh, tombol navigasi (misalnya, "Sebelumnya" atau "Berikutnya"), jendela game, pemutar video, menu tarik-turun, atau aplikasi di dekat iklan karena dapat menyebabkan klik tidak disengaja. Bahkan jika tata letak secara tidak sengaja menyebabkan klik tidak disengaja, penayang tetap dapat menerima pemberitahuan pelanggaran.

Contoh pelanggaran penempatan iklan sehingga membuat klik yang tidak di sengajai:

Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
Pada gambar di atas jika pengunjung blog anda mengklik menu pada menu naik turun bisa menyebabkan ketidak sengajaan klik pada iklan, hal ini melanggar peraturan google adsense. Oleh karena itu jangan simpan iklan di bawah navigasi atau tepat dibawah gambar agar tidak terjadi ketidaksengajaan klik.

2. Pemasangan atribut seperti bentuk rekomendasi/kompensasi/perintah pada iklan.

Poin nomor 2 ini juga sangat penting untuk diperhatikan, dalam penempatan iklan adsense anda dilarang untuk memberikan embel-embel pada iklan misalnya, memasang keterangan penganjuran di atas/bawah iklan atau pada judul widget iklan agar mengklik iklan tersebut, contoh: "Support kami dengan mengklik iklan di bawah", "Ungkapkan terima kasih anda dengan mengklik iklan di bawah ini".

Cara di atas adalah cara yang harus dihindari, agar akun adsense anda aman dari pelanggaran tos yang bisa menyebabkan akun suspend bahkan paling parah di BANNED.

3. Menjajarkan iklan dengan gambar.

Menjajarkan iklan dengan gambar adalah memasang iklan dengan menjajarkannya sesuai gambar. Contohnya adalah seperti gambar di bawah:

Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman

Jika anda memasang iklan seperti gambar di atas akan menyebabkan terjadi invalid click seperti pada poin nomor 1.

4. Jangan memasang iklan yang bisa menutup artikel.

Pemasangan iklan dengan ukuran besar seperti 300x250 dan di deretkan dapat menutup artikel, sehingga menyebabkan pengunjung membutuhkan waktu untuk menscrool dan membaca artikel. Hal ini di larang dalam kebijakan adsense. Contohnya lihat pada gambar dibawah:

Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
5. Menyamarkan atau menggabungkan iklan dengan gambar.

Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
Batas Maksimal Pemasangan Iklan Adsense Dalam Satu Halaman
Pada gambar di atas anda bisa lihat, iklan disamarkan dengan gambar sehingga pengunjung sulit membedakan mana iklan dan mana gambar. Jangan menempatkan iklan seperti gambar di atas.

6. Jarak antara iklan dengan game flash.

Jika website anda adalah website gaming online, perlu di perhatikan agar menempatkan iklan paling tidaknya 150px dari layout/tampilan game. Tujuannya agar tidak terjadi invalid click saat user memainkan game flash pada website anda.

7. Jangan menempatkan iklan dalam halaman (page) statis.

Contoh misalnya pada halaman login, halaman about us, contact us, dll. Intinya iklan hanya boleh di tempatkan pada halaman artikel bukan pada halaman statis.

8.Dilarang menempatkan iklan pada konten dinamis.

Penayang tidak diperboleh menempatkan iklan Google di laman atau situs yang fokus utamanya adalah konten dinamis (misalnya, chat langsung, pesan instan, komentar yang secara otomatis disegarkan, dsb.).

Batas maksimal penempatan/pemasangan iklan adsense dalam 1 halaman artikel.

Inilah yang anda tunggu-tunggu bukan? Pada kebijakan google adsense, setiap 1 halaman artikel, para advertiser adsense diperbolehkan memasang iklan seperti ketentuan berikut:
  • Maksimal tiga unit AdSense untuk konten ( Teks/image , Image , Teks , Rich Content )
  • Maksimal tiga unit tautan ( Adslink horizontal/vertical )
  • Maksimal dua kotak telusur ( Kotak penelurusan )
Penayang tidak boleh menempatkan lebih dari satu unit iklan "besar" per halaman. Google adsense menentukan unit iklan "besar" sebagai unit yang berukuran serupa dengan format 300x600. Misalnya, ini akan mencakup format 300x1050 dan 970x250, format regional 750x200 dan 580x400, serta setiap iklan berukuran khusus dengan dimensi yang sama.

Artinya setiap halaman dapat anda pasangkan maksimal 6 Iklan adsense (3 iklan berbentuk konten dan 3iklan berbentuk tautan) dan maksimal 2 kotak pencarian costum google. Namun khusus iklan berdimensi 300x600px (Iklan konten) hanya boleh dipasang 1 saja pada setiap halaman dan sisa iklan 2 konten nya terserah anda.

Contoh pemasangan iklan adsense yang benar dalam setiap halaman (3iklan konten, 3iklan tautan link, dan 2kotak telusur:
  1. Unit iklan kontent: Ukuran iklan 300x600px ( Teks/image ) pada sidebar kanan, Iklan 300x250px ( Teks/image ) pada atas postingan, dan iklan 468x60px ( Teks/image ) pada header halaman.
  2. Unit Iklan tautan link: Ukuran iklan 200x90px ( Ads link ) pada tengah postingan artikel, ukuran iklan 468x15px ( Ads link ) pada bawah postingan artikel, dan ukuran 200x90px ( Ads link ) pada sidebar widget.
  3. Costum kotak telusur di atas header.
  4. Jadi jumlah iklan di atas adalah 7 buah yakni: konten ( 300x600 , 300x250 dan 468x60 ), Ads tautan link ( 200x90 , 200x90 , dan 468x15 ) dan costum kotak telusur.
Note: Empat poin di atas adalah gambaran pemasangan kode iklan adsense, contohnya bisa anda lihat pada artikel-artikel di http://behangat.blogspot.co.id/ blog ini. Yang perlu anda perhatikan adalah harap bedakan antara iklan teks dengan iklan tautan. Iklan teks termasuk dalam kategori konten sama dengan iklan image maupun teks/image.

Itulah sekilas poin-poin penting dalam kebijakan google adsense, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menjawab pertanyaan anda tentang peraturan pemasangan iklan adsense. Gambar pada artikel ini sebagian diambil dari situs kebijakan google adsense, tentang peraturan kebijakan google adsense lengkap bisa anda baca di

  https://support.google.com/adsense/answer/1346295 .

Jika ada pertanyaan maupun saran silahkan berkomentar pada halaman ini. Demikianlah artikel tentang "batas maksimal pemasangan iklan adsense dalam satu halaman", terima kasih. Salam blogger.

Jika Kamu Punya Artikel, Puisi, Sesuatu Yang Ingin Kamu Upload, Maka Kamu Bisa Kirim Ke Alamat Email Di Bawah Ini:
Email : puisibehangat@gmail.com
Sertakan Judul Beserta Foto/Gambar

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser